Hasil Lengkap Tim-Tim ASEAN di Lanjutan Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia jadi yang paling sukses dengan torehan 6 poin. Myanmar, Thailand, dan Singapura masing-masing 1 poin, Malaysia, Vietnam, dan Filipina 0 poin.

Hasil Lengkap Tim-Tim ASEAN di Lanjutan Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Duel pemain di laga Timnas Indonesia vs Vietnam, di Stadion Mỹ Đình, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/03) | Aset AFC

Dari lanjutan Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia match day (MD) ke-3 dan ke-4, 7 tim wakil Asia Tenggara sebagian besar mendapat hasil yang kurang maksimal.

Hanya Indonesia yang sanggup meraih hasil sempurna 6 poin dari 2 laga. Sementara itu, Malaysia, Filipina, dan Vietnam nirpoin bahkan nirgol di MD kali ini.

Myanmar – Grup B

Wakil Asia Tenggara di Grup B, Myanmar memperoleh 1 poin pertamanya dari hasil imbang dengan Suriah di MD ke-3.

Namun, pil pahit harus mereka terima di MD ke-4 lantaran kalah dari lawan yang sama dengan skor mencolok 7-0.

Tim asuhan Michael Feichtenbeiner ini pun tetap bercokol di dasar klasemen sementara Grup B, selagi menatap 2 laga terakhir menghadapi Jepang (06/06) dan Korea Utara (11/06).

Thailand dan Singapura – Grup C

Hasil yang sama didapat oleh 2 wakil Asia Tenggara lainnya, Thailand dan Singapura yang sama-sama hanya mampu mengumpulkan 1 poin dari 2 laga terakhir di Grup C.

Thailand dan Singapura tampil cukup impresif di MD ke-3 dengan mampu menahan imbang Korea Selatan dan Tiongkok.

Tapi, penampilan baik kedua tim tampaknya tak berlanjut di MD ke-4 karena masing-masing menelan kekalahan dengan agregat 3 gol dari lawan yang sama.

Atas hasil ini, The War Elephants tergeser oleh Tiongkok ke peringkat 3 klasemen sementara Grup C dengan 4 poin, sementara The Lions tetap berada di posisi juru kunci dengan 1 poin.

Keduanya bakal berduel di laga terakhir Grup C. Thailand akan menjamu Singapura di Bangkok (11/06).

Malaysia – Grup D

Di Grup D, Malaysia antiklimaks karena menelan kekalahan beruntun atas Oman dengan skor identik 2-0.

Sebelumnya, Malaysia sempat jadi pemuncak klasemen Grup D setelah meraih hasil positif, 2 kemenangan dari 2 MD pertama melawan Kirgizstan dan Taiwan.

Kini posisinya tergusur 2 strip ke peringkat ke-3 klasemen sementara, dan masih berpeluang lolos ke ronde berikutnya.

Pasukan Harimau Malaya bakal kembali bersua dengan Kirgizstan (06/06) dan Taiwan (11/06) di 2 laga penutup Grup D.

Indonesia, Vietnam, dan Filipina – Grup F

Indonesia jadi tim Asia Tenggara dengan capaian terbaik di MD ke-3 dan ke-4 dengan torehan sempurna 6 poin sekaligus cleansheet alias tanpa kebobolan.

Ini didapat Tim Garuda dari 2 kemenangan atas wakil Asia Tenggara lainnya, Vietnam masing-masing dengan skor 1-0 dan 0-3.

Seusai laga duel Indonesia vs Vietnam yang tersaji di Stadion Mỹ Đình, Hanoi, Vietnam (26/03), Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyebut kalau kemenangan timnya ini diwarnai sedikit keberuntungan.

Namun, ia juga tetap memberikan apresiasi kepada pasukannya yang sudah menampilkan semangat juang di lapangan.

"Kemarin di konferensi pers jelang pertandingan, saya mengatakan bahwa semua statistik bisa berubah. Hari ini kami melakukannya. Namun, di pertandingan ini Indonesia sedikit beruntung. Para pemain saya juga berusaha keras dan sudah melakukan yang terbaik," kata Shin dikutip DetikSport via Bongdaplus.vn, Rabu (27/03).

Bagi Vietnam, ini memperpanjang rentetan kekalahan di Grup F setelah kalah melawan Irak di MD ke-2 November 2023 lalu.

Catatan nirpoin di MD kali ini juga didapat oleh Filipina yang kalah di 2 laga melawan Irak dengan skor 1-0 dan 0-5.

Berkat hasil ini, Timnas Indonesia merangsek naik dari dasar klasemen ke peringkat ke-2 klasemen sementara Grup F dengan 7 poin, menggeser Vietnam dan Filipina yang turun ke peringkat ke-3 dan ke-4 masing-masing dengan 3 dan 1 poin.

Di laga berikutnya, Timnas Indonesia akan melakoni 2 laga kandang melawan Irak (06/06) dan Filipina (11/06), lalu Vietnam akan menghadapi Filipina (06/06) dan Irak (11/06).

Penulis: Raka B. Lubis
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Timnas Sepakbola Indonesia Juara Skuad Termahal di ASEAN

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia menduduki peringkat teratas market value termahal di ASEAN. Hal ini tidak lepas dari maraknya kebijakan naturalisasi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X