Jawa Tengah Jadi Provinsi dengan Jumlah Pahlawan Nasional Terbanyak

Merujuk pada Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (K2KRS), Jawa Tengah jadi provinsi dengan jumlah pahlawan terbanyak.

Jawa Tengah Jadi Provinsi dengan Jumlah Pahlawan Nasional Terbanyak Foto pahlawan Bung Tomo | Wikimedia

Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional setiap tahunnya. Momen spesial ini tentu menjadi hal yang membanggakan bagi masyarakat Indonesia.

Kementerian Sosial (Kemensos) RI sendiri rutin menerbitkan pedoman peringatan Hari Pahlawan Nasional setiap tahun, termasuk tema dan logo, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional.

Dilansir dari situs resmi Kemensos, tema besar Hari Pahlawan Nasional 2023 adalah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". Tema ini diusung agar para generasi sekarang dapat memaknai semangat para pahlawan dalam konteks hari ini dan masa depan.

Lebih lanjut, makna filosofi dari logo yang diusung menurut penjelasan dari Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan 2023, yaitu Matahari sebagai lambang penerangan; Saling Merangkul sebagai simbol pahlawan yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri; Anyaman Bambu sebagai lambang tradisi bangsa Indonesia yang juga seringkali dijadikan sebagai lambang usaha rakyat; Elemen Grafis - Anyaman yang menggambarkan betapa pentingnya usaha bersama untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan yang juga representasi dari semangat perjuangan para pahlawan Indonesia dalam mempersatukan bangsa dan melawan penjajah.

Masih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional, Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (K2KRS) Kementerian Sosial (Kemensos) juga sempat merilis daftar nama para pahlawan nasional di mana per tahun 2022, Indonesia memiliki 200 pahlawan dengan 185 diantaranya merupakan laki-laki dan 15 perempuan.

Provinsi dengan jumlah pahlawan nasional terbanyak | Goodstats

Merujuk pada sumber yang sama, menurut provinsinya, pahlawan nasional paling banyak berasal dari Jawa Tengah dengan jumlah 32 orang pahlawan.  Diantaranya, yaitu Jenderal Gatot Soebroto, Cipto Mangunkusumo, Jenderal Soedirman, hingga RA Kartini.

Diikuti oleh provinsi Jawa Timur yang menempati urutan kedua dengan jumlah 28 orang pahlawan dan disusul oleh provinsi Yogyakarta di urutan ketiga yang memiliki 24 orang pahlawan nasional.

Adapun 5 tokoh yang berhasil dinobatkan sebagai pahlawan nasional terbaru adalah dr Soeharto KGPAA Paku Alam VIII, dr. R Rubini Natawisastra, Salahuddin bin Talabuddin, dan Ahmad Sanusi.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

7 Gempa Terbesar yang Pernah Terjadi di Indonesia

Indonesia sangat rentan terhadap gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di Zona Gempa Pasifik.

Penduduk Indonesia yang Mengeluh Sakit Terus Menurun dalam 5 Tahun Terakhir

Sebanyak 26,27% penduduk Indonesia mempunyai keluhan kesehatan dalam sebulan terakhir pada 2023. Angka ini telah turun sebesar 6,09% dalam 5 tahun terakhir.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X