GBK Sandang Julukan Stadion Terbaik di Dunia, Ada di Urutan Berapa?

Media The Sun beri skor 75,52 poin bagi Stadion Utama Gelora Bung Karno

GBK Sandang Julukan Stadion Terbaik di Dunia, Ada di Urutan Berapa? penampakansalah satu sisi Stadion Utama Gelora Bung Karno | Harismoyo/Shutterstock

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) disebut termasuk dalam barisan stadion terbaik di dunia. Media Inggris bernama the sun baru-baru ini mengeluarkan deretan 10 stadion terbaik di dunia.

Daftar peringkat ini diambil berdasarkan data Ticketgum dengan kriteria penilaiannya terdiri atas penilaian google, penggunaan tagar di instagram, kapasitas dan keterisian kursi, serta jumlah rata-rata gol yang dapat tercipta dalam stadion tersebut.

Daftar 10 stadion terbaik menurut the sun | Goodstats

Dari data serta kriteria di atas, terkantongi nama-nama yang masuk dalam jajaran stadion terbaik di dunia versi the sun, deretan stadion tersebut antara lain :

1. Mineirao

Potret stadion Mineirao dari sisi luar | EAFO/Shutterstock

Stadion yang terletak di Belo Horizonte, Minas Gerais, Brasil ini mulai dibangun pada tahun 1959. Stadion Mineirao ini mendapatkan nilai 4,7 berdasarkan penilaian google dan 83,4 menurut the sun.

Stadion yang dibuka pertama kali pada 5 September 1965 ini berdasarkan data dari laman estadiomineirao, memiliki kapasitas 61 ribu kursi dan berhasil menjadi tempat pertandingan bagi 6 laga Piala Dunia 2014 silam.

Selain menjadi arena tempur piala dunia 2014, Stadion Mineirao ini juga pernah dijadikan tempat bagi laga Piala Konfederasi FIFA 2013 serta Olimpiade Musim Panas tahun 2016.

Per 5 Juli 2023, tagar mineirao digunakan sebanyak 231 ribu, sedangkan tagar mineirão digunakan sebanyak 237 ribu di platform Instagram.

2. Celtic Park

Gambar stadion Celtic Park secara keseluruhan | 4kclips/Shutterstock

Berlokasi di Glasgow, Skotlandia stadion Celtic Park ini berhasil mengisi peringkat kedua dengan perolehan nilai 80,74.

Stadion yang berada dalam wilayah Inggris Raya ini memiliki kapasitas sebanyak 60 ribu kursi yang dibuka mulai pada 20 Agustus 1892 silam.

Stadion dengan perolehan 4,7 dari nilai google ini pernah direnovasi pada tahun 1994-1998 lalu yang menghabiskan biaya 40 juta euro.

Hingga artikel ini ditulis, sebanyak 73,5 ribu tagar terpakai di platform instagram untuk menandai stadion Celtic Park ini.

3. Wembley

Potret stadion Wembley secara panoramic | Erik Nuenighoff/Shutterstock

Stadion Wembley merupakan kandang resmi bagi tim nasional sepak bola Inggris dan berlokasi di London ini berhasil kantongi skor 79,45 poin.

Wembley sendiri mulai dibangun sejak 30 September 2002 lalu dan kemudian dibuka pertama kali pada 9 Maret 2007. Stadion dengan tinggi 133 meter ini memiliki skor 4,6 berdasarkan penilaian google.

Stadion yang memiliki kapasitas 90 ribu kursi ini menelan biaya pembangunan sebesar 798 juta poundsterling kala itu. Tak hanya berfungsi sebagai arena pertandingan olahraga sepak bola, stadion ini acap kali digunakan sebagai tempat konser bagi artis kenamaan dunia, mulai dari Queen hingga BTS.

Perolehan penggunaan tagar yang berhubungan dengan stadion Wembley ini bahkan sentuh angka ratusan hingga jutaan postingan di Instagram. Hal ini terlihat dari jumlah penggunaan 1,4 juta tagar #wembley dan #wembleystadium sebanyak 398 ribu postingan.

4. Metlife

Gambar salah satu sisi eksterior Stadion Metlife | NYCStock/Shutterstock

Metlife merupakan sebuah stadion yang terletak di negara bagian New Jersey, Amerika Serikat. Dikutip dari 2026 FIFA World Cup Bid Book, stadion ini mempunyai daya tampung 87.157 kursi dan berhasil meraih skor 79,03 menurut media the sun.

Stadion ini mulai dibangun sejak 5 September 2007 dengan biaya mencapai US$ 1,6 miliar kala itu. Setelah tiga tahun pengerjaan stadion rampung, pada 10 April 2010 lalu tepat menjadi hari pembukaan bagi stadion Metlife ini.

Metlife mendapatkan penilaian 4,5/5 dari ulasan google. Selain itu sebanyak 378 ribu postingan tercatat menggunakan #metlife, kemudian 285 ribu lainnya menggunakan #metlifestadium pada platform instagram.

5. Estadio Olimpico Universitario

Gambar salah satu pintu masuk menuju Estadio Olimpico Universitario | Kiev.Victor/Shutterstock

Estadio Olimpico Universitario ini adalah salah satu stadion yang terletak di negara Meksiko. Pada 7 Agustus 1950, stadion Estadio Olimpico Universitario pertama kali didirikan dan 2 tahun berselang, atau tepatnya 20 November 1952 stadion ini kemudian mulai dibuka untuk berkegiatan.

Mengacu pada data transfermarkt, stadion yang dilengkapi dengan fasilitas 62.700 kursi ini rupanya pernah bertugas sebagai salah satu lokasi diadakannya Piala Dunia tahun 1986.

Menurut media the sun, stadion ini berhasil amankan posisi kelia dengan skor 78.85 dan 4,7 menurut penilaian google. Sementara itu, pada platform Instagram tercatat sebanyak 18,2 ribu postingan.

6. Old Trafford

Gambar Stadion Old Trafford dengan tulisan Manchester United pada salah satu sisi kursinya | Nook Thitipat/Shutterstock

Old Trafford berlokasi di Kota Manchester, Inggris. Stadion Old Trafford pertama kali dibangun pada 1910 dan hingga saat ini mengalami 6 kali renovasi.

Stadion yang menjadi markas besar bagi klub Manchester United ini memiliki kapasitas 74.310 kursi dan memiliki 4,6/5 dari skor penilaian google.

Hingga saat ini, sebanyak 1,3 juta postingan telah menggunakan tagar oldtrafford dan 55,5 ribu postingan dengan tagar oldtraffordstadium di Instagram.

7. Estadio Azteca

Potert Aerial panoramic dari Estadio Azteca di Meksiko | Aberu.Go/Shutterstock

Sama seperti stadion sebelumnya, Estadio Azteca juga berlokasi di Meksiko. Stadion yang dibangun pada 1961 ini berhasil dibuka untuk umum pada 29 Mei 1966 setelah lima tahun pembangunan.

Dilansir dari 2026 FIFA World Cup Bid Book, Estadio Azteca ini memiliki kapasitas 87.523 ribu kursi. Estadio Azteca ini mengantongi nilai 75,82 dan skor 4,5 berdasarkan penilaian google.

Dua tahun berselang, stadion ini bahkan menjadi tempat laga final sepak bola Olimpiade 1968. Selain itu, stadion ini juga menjadi saksi bagi Pele cs saat berhasil membuat Brasil meraih predikat juara Piala Dunia tahun 1970 dengan skor 4-1 mengalahkan Italia.

8. Gelora Bung Karno

Penampakan Stadion Utama Gelora Bung Karno dari sisi atas secara menyeluruh | wibisono.ari/Shutterstock

Stadion yang berlokasi di DKI Jakarta ini turut ambil bagian menjadi salah satu stadion terbaik versi media the sun dengan skor 75.52.

Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan skor 4,8 penilaian google ini memiliki kapasitas 77.193 kursi.

Penggunaan tagar GBK pada media sosial Instagram menorehkan hasil 445 ribu postingan. Kendati demikian mengutip media bisnis.com, Stadion GBK memiliki kelemahan dari segi keterisian kursi yang hanya mencapai 51,38% saja.

Meski begitu, Stadion GBK menjadi satu-satunya nama dari Asia yang masuk dalam daftar jajaran stadion terbaik versi media the sun.

9. Santiago Bernabéu

Pemandangan dari salah satu sudut Stadion Santiago Bernabéu di Spanyol | chettarin/Shutterstock

Stadion Santiago Bernabéu merupakan kandang klub Real Madrid sekaligus markas yang diperuntukkan bagi tim nasional Spanyol. Media the sun memberi skor bagi stadion ini sebesar 71.91 poin.

Nama stadion ini diambil dari salah satu tokoh legendaris Santiago Bernabéu yang wafat pada 2 Juni 1978 silam. Sebelumnya stadion ini bernama Nuevo Chamartin, namun pada 9 Desember 1947, namanya diresmikan berubah menjadi stadion Santiago Bernabéu.

Stadion yang menyediakan 81.044 kursi memiliki skor 4,6/5 dari penilaian google. Sejauh ini terdapat 673 ribu postingan yang telah menggunakan tagar santiagobernabeu.

10. Gillette

Panorama Stadion Gillette saat super bowl champs | Joshep Sohm/Shutterstock

Stadion yang bertempat di Massachusetts ini mengisi posisi terakhir dalam daftar 10 stadion terbaik di dunia menurut the sun dengan skor 70.82 poin.

Stadion Gillette ini mulai dibangun pada 24 Maret 2000 dengan menelan biaya sebesar US$ 325 juta pada waktu itu.

Gillette sendiri memiliki skor penilaian 4,6/5 dari ulasan google. Dilansir dari laman STEKOM Semarang, stadion ini tercatat mempunyai 68.756 kursi dan telah disematkan dalam 11,9 ribu postingan di Instagram.

 

 

 

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X