Didominasi Sinema Lawas, Ini Sederet Film Horor Paling Cuan Sepanjang Sejarah!

Melansir Visual Capitalist yang menghimpun data dari The Numbers, The Exorcist dinobatkan menjadi film horor terlaris sepanjang masa

Didominasi Sinema Lawas, Ini Sederet Film Horor Paling Cuan Sepanjang Sejarah! Ilustrasi film bergenre horor | Freepik

Sejak dulu, horor menjadi genre film yang selalu mempunyai tempat khusus di hati penikmat film. Sejumlah film horor bahkan sangat sukses hingga memiliki penggemarnya sendiri, bahkan menjadi franchise besar dengan banyak judul yang selalu dinanti-nantikan kehadirannya.

Banyak orang yang menonton film genre ini karena penasaran dengan ketegangannya atau sekadar mencari hiburan. Inilah yang membuat genre satu ini menjadi tontonan menarik dan sering dieksplorasi oleh para penikmat film. Terlebih seiring berjalannya waktu, genre horor kini sudah banyak berkembang dan telah memunculkan sub-genre baru, seperti film horor supernatural.

Melansir Visual Capitalist, situs web data perfilman The Numbers telah merangkum daftar film horor terlaris sepanjang masa. Adapun untuk membandingkan pendapatan dari periode waktu yang berbeda, perhitungan dilakukan dengan mengkonversi pendapatan menggunakan kalkulator inflasi CPI, alat yang dikembangkan oleh Ian Webster.

Simak daftar selengkapnya berikut ini.

1. The Exorcist

The Exorcist (1973) | IMDb

Dirilis pada tahun 1973, The Exorcist merupakan salah satu film klasik terbaik karya sutradara William Friedkin. Film ini sempat menuai banyak kritik dan kontroversi dari berbagai kalangan. Meski begitu, film ini menjadi film horor pertama yang dinominasikan untuk penghargaan Oscar.

Menjadi film horor terlaris di dunia sepanjang masa, pendapatan box office The Exorcist mencapai US$428,8 juta atau sekitar US$2,8 miliar jika disesuaikan dengan inflasi. Film ini mengisahkan seorang gadis cilik bernama Regan yang dirasuki iblis, yang konon diambil dari kisah nyata. 

Singkat cerita, kondisi Regan bertambah buruk seiring dengan perubahan suara dan sifatnya yang menjadi lebih agresif. Saat keadaan putrinya semakin memburuk, sang ibu, Chris akhirnya memanggil pendeta untuk melakukan pengusiran roh yang berada di dalam tubuh putrinya.

2. Jaws

Jaws (1975) | Britannica

Meraih rating 8,1 di situs web penyedia informasi mengenai perfilman, IMDb, Jaws berada di posisi kedua sebagai film horor terlaris sepanjang masa. Melansir Visual Capitalist, pendapatan box office film ini mencapai US$482,9 juta atau jika dikalkulasikan berdasarkan inflasi kurang lebih sekitar US$2,62 miliar.

Adapun, film garapan sutradara kondang Steven Spielberg ini menceritakan mengenai teror hiu ganas yang menyerang sebuah pulau, bernama Pulau Amity yang selalu dipenuhi oleh wisatawan. Akibat teror serangan hiu tersebut, korban terus bertambah dan membuat sejumlah ahli, peneliti, hingga tentara berbondong-bondong berupaya menangkapnya.

3. Jaws 2

Jaws 2 | Universal Pictures/Everett Collection via Remind Magazine

Jaws 2 merupakan sebuah film horor thriller garapan Jeannot Szwarc yang ditulis oleh Carl Gottlieb. Dirilis tahun 1978, film ini merupakan sekuel dari Jaws garapan Steven Spielberg (1975) dan menjadi karya kedua dalam franchise Jaws.

Menempati posisi ketiga dalam daftar film horor terlaris sepanjang masa, pendapatan box office film ini secara global mencapai US$208,9 juta atau setara US$937,6 juta setelah inflasi. 

Film ini menceritakan situasi Pulau Amity yang berada dalam ketenangan setelah teror hiu pembunuh. Setelah hiu dimusnahkan, Pulau Amity mulai membuka hotel di Holiday Inn. Namun, ketegangan kembali muncul tatkala serangkaian insiden-insiden misterius mulai terjadi, yang meyakinkan kepala polisi Martin Brody bahwa ada hiu pembunuh berkeliaran di sekitar pulau.

4. IT

IT (2017) | IMDb

Film garapan sutradara ternama, Andy Muschietti satu ini menempati peringkat keempat dalam daftar film horor dengan pendapatan paling besar sepanjang masa. Melansir Visual Capitalist, film yang dirilis pada tahun 2017 ini memiliki pendapatan sebesar US$701 juta atau sekitar US$836,9 juta jika dikonversikan setelah inflasi.

Memiliki rating 7,3 di situs IMDb, IT berkisah mengenai petualangan sejumlah anak anggota “Losers Club” di sebuah kota kecil bernama Derry. Film dibuka dengan tragedi hilangnya Georgie, adik dari salah satu anggota Losers Club. Jauh sebelumnya, ternyata terdapat puluhan anak yang dinyatakan hilang secara misterius. Pada akhirnya, mereka mengetahui fakta bahwa tragedi hilangnya anak-anak di Derry didalangi oleh sesosok badut jahat bernama Pennywise.

5. Alien

Alien (1979) | IMDb

Mengusung genre fiksi ilmiah dan horor, Alien merupakan film garapan sutradara asal Inggris, Ridely Scott yang dirilis pada tahun 1979. Film ini mendapatkan rating 8,5 di situs IMDb dan menempati posisi kelima dalam daftar film horor terlaris di dunia. Pendapatan global box office film ini tercatat mencapai US$184,6 juta atau setara dengan US$744,2 juta setelah inflasi.

Hebatnya, film pertama yang menampilkan sosok alien ikonik, Xenomorph ini berhasil menyabet Oscar pada Academy Awards 1980 untuk kategori Best Effect. Adapun, film ini mengisahkan kru kapal luar angkasa Nostromo yang harus menghadapi makhluk mengerikan setelah tidak sengaja terbawa ke kapal. 

6. The Silence of the Lambs

The Silence of the Lambs (1991) | Orion Pictures

Film The Silence of the Lambs merupakan salah satu film horor tersukses sepanjang masa yang berhasil meraih berbagai penghargaan Oscar pada tahun 1992. Film karya sutradara Jonathan Demme yang dirilis pada 1991 ini berhasil mencatatkan pendapatan box office sebesar US$275,7 juta atau senilai US4592,4 juta jika dikonversikan setelah inflasi.

Mendapatkan rating 8,6 di situs IMDb, film ini menceritakan seorang siswa top di akademi pelatihan FBI, Clarice yang harus menerima bantuan dari seorang psikiater sekaligus pembunuh keji yang berada di balik jeruji besi, Hannibal untuk mengungkap aksi seorang pembunuh berantai yang sedang buron.

7. Hannibal

Hannibal (2001) | IMDb

Merupakan sekuel dari The Silence of the Lambs, film ini merupakan film garapan Ridley Scott yang dirilis pada tahun 2001 silam. Film ini memiliki pendapatan sebesar US$ 350,1 juta atau sekitar US$578,5 juta setelah inflasi. 

Hannibal menceritakan situasi setelah sepuluh tahun sejak Dr. Hannibal Lecter, sang pembunuh kejam yang melarikan diri dari penjara. Memanfaatkan banyak koneksinya sehingga mampu meminta perlindungan agar ia bisa dengan leluasa melakukan kejahatan, Hannibal kembali menjadi buronan.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X