Dari Kesehatan Hingga IPTEK, Ini Sederet Konten yang Paling Digemari Masyarakat 2023

Berdasarkan laporan APJII, konten kesehatan menjadi konten yang paling sering diakses oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2023.

Dari Kesehatan Hingga IPTEK, Ini Sederet Konten yang Paling Digemari Masyarakat 2023 Ilustrasi seseorang yang sedang mengakses konten di internet | rawpixel.com/Shutterstock

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, internet kini menjadi salah satu kebutuhan yang tak dapat terpisahkan dalam kegiatan manusia sehari-hari. Internet digunakan untuk mengakses beragam informasi dengan cepat dari seluruh belahan dunia.

Berdasarkan survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia pada periode tahun 2022-2023 meningkat sebanyak 2,67% dari periode sebelumnya. Tercatat, angkanya kini telah mencapai 215,63 juta orang.

APJII menyebut, angka pengguna internet di tanah air setara dengan 78,19% dari jumlah populasi nasional yang sebanyak 275,77 juta jiwa. Ini dilaporkan lebih tinggi sebesar 1,17% poin dibandingkan periode 2021-2022 yang mencapai 77,02%.

Berdasarkan wilayahnya, tingkat penetrasi internet di wilayah perkotaan lebih baik ketimbang wilayah pedesaan pada periode tahun 2022-2023. Diketahui, tingkat penetrasi wilayah perkotaan mencapai 87,55%, sedangkan tingkat penetrasi di pedesaan 79,79%.

Dalam laporannya, APJII juga memaparkan sejumlah preferensi konten yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat di internet. Tercatat, sebagian besar masyarakat menyukai konten kesehatan dengan persentase sebanyak 36,96% responden.

Deretan konten yang paling sering diakses oleh masyarakat Indonesia tahun 2023 di internet menurut survei APJII | Goodstats

Disusul oleh konten olahraga di peringkat kedua dengan proporsi 34,34% responden. Selanjutnya, ada pula konten infotainment/gosip dan konten ekobis (ekonomi, bisnis, dan keuangan) dengan persentase masing-masing sebesar 32,32% dan 28,98% responden.

Jika ditinjau berdasarkan gender, ternyata mayoritas responden laki-laki lebih menyukai konten berbau politik, sosial, hukum, dan HAM dibandingkan dengan perempuan. APJII mencatat, persentase responden laki-laki yang menyukai konten tersebut mencapai 33,94% responden. Sementara, persentase responden perempuan yang menyukai konten tersebut hanya 15,02%.

Adapun, kebanyakan responden perempuan terlihat lebih menyukai konten infotainment/gosip dengan persentase sebesar 49,48% menurut APJII. Disusul oleh konten pendidikan dan IPTEK dengan persentase sebanyak 19,93% responden.

Sementara itu, video online menjadi bentuk konten internet hiburan yang paling banyak diakses di tanah air dengan persentase mencapai 55,06% responden. Diikuti oleh konten musik online dan game online dengan persentase masing-masing sebanyak 48,29% dan 23,02% responden.

Lebih lanjut, data tersebut bersumber dari hasil survei yang telah dilakukan oleh APJII terhadap sebanyak 8.510 responden yang tersebar di Indonesia pada tanggal 10-27 Januari 2023. Responden paling banyak berjenis kelamin perempuan dengan total 4.506 orang.

Sementara, survei ini dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) 1,14% dan tingkat kepercayaan 95%.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Hanya Dua dari Tiga Penduduk Dunia Terkoneksi Internet

Terdapat 5,35 miliar pengguna internet di seluruh dunia, yang berarti masih ada 34% penduduk dunia yang belum terkoneksi internet.

Mencicil Pemerataan Internet untuk Indonesia Maju 2045

Pemerataan internet masih jadi persoalan, Indonesia terus ciptakan upaya untuk capai Indonesia Maju 2045.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook