Daftar Stadion yang Digunakan Pada Piala Dunia Wanita FIFA 2023

Terdapat total 10 buah stadion yang digunakan pada Piala Dunia Wanita FIFA 2023 kali ini, 4 di antaranya berada di Selandia Baru dan sisanya di Australia

Daftar Stadion yang Digunakan Pada Piala Dunia Wanita FIFA 2023 Ilustrasi Piala Dunia Wanita FIFA 2023 | Fahad Tariq/Shutterstock

Ajang pertandingan sepak bola wanita internasional, Piala Dunia Wanita FIFA 2023, baru saja dimulai pada tanggal 20 Juli 2023 lalu dengan pertandingan pembuka antara Selandia Baru denga Norwegia di stadion Eden Park Auckland. Pagelaran Piala Dunia Wanita kali ini bisa dibilang spesial karena untuk pertama kalinya, terdapat 2 negara yang akan menjadi tuan rumah pertandingan internasional tersebut, yakni Australia dan Selandia Baru.

Tidak hanya itu, terdapat total 32 buah tim dari seluruh dunia yang saling bersaing memperebutkan gelar juara pada pertandingan Piala Dunia Wanita FIFA 2023, berbeda dengan Piala Dunia Wanita sebelumnya yang hanya meloloskan 24 tim saja. Untuk pertama kalinya, Piala Dunia Wanita mengikuti format dari Piala Dunia Pria.

Pertandingan final Piala Dunia Wanita FIFA 2023 ini rencananya akan diadakan pada tanggal 20 Agustus mendatang di Sydney Olympic Stadium (Stadium Australia). Juara bertahan dari tahun 2015 dan 2019, Amerika Serikat, digadang-gadang akan kembali meraih kemenangan di tahun ini. Apabila berhasil, maka ini akan jadi kali kelima tim sepak bola wanita nasional Amerika Serikat berhasil meraih gelar juara di Piala Dunia.

Salah satu hal yang menyita perhatian publik dari pagelaran Piala Dunia ini adalah masalah stadion. Mengingat besarnya euforia publik terhadap pertandingan sepak bola internasional ini, tuan rumah Australia dan Selandia Baru tentu hanya menggunakan stadion-stadion terbaik untuk menjadi saksi bisu lahirnya juara.

Terdapat total 10 buah stadion yang digunakan dalam pertandingan Piala Dunia kali ini. 4 terletak di Selandia Baru dan 6 sisanya berada di Australia. Stadion dengan kapasitas terbesar terletak di Sydney, yakni Stadium Australia, dengan total kapasitas sebanyak 83.500. Di stadion ini pulalah akan digelar pertandingan final. Semula, pertandingan final rencananya akan dilaksanakan di Sydney Football Stadium dengan kapasitas 42.512 penonton. Namun karena antusiasme publik yang begitu tinggi, lokasi pertandingan final kemudian diubah pada Januari 2023.

Eden Park, stadion yang berlokasi di Auckland, Selandia Baru, terpilih untuk menjadi stadion pembuka pertandingan Piala Dunia Wanita FIFA 2023 kali ini. Di atas lapangan hijau tersebut, Selandia Baru berhasil menang atas Norwegia dengan skor 1-0. Meski begitu, sayangnya, Selandia Baru harus menerima kenyataan pahit atas kekalahannya di group stages setelah seri melawan Swiss 0-0. Hal ini membuatnya menjadi satu-satunya tuan rumah dalam sejarah Piala Dunia Wanita yang tersingkirkan di babak group stages.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Akhirnya! Ranking FIFA Indonesia Nomor Tiga ASEAN

Indonesia sukses akhiri rekor 20 tahun tak pernah menang di kandang Vietnam. Indonesia sukses melesat lampaui ranking Malaysia dan Filipina.

Hasil Lengkap Tim-Tim ASEAN di Lanjutan Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia jadi yang paling sukses dengan torehan 6 poin. Myanmar, Thailand, dan Singapura masing-masing 1 poin, Malaysia, Vietnam, dan Filipina 0 poin.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X