Daftar Skuad Timnas Sepak Bola Indonesia di SEA Games 2023, Persija Sumbang Pemain Terbanyak

Persija menjadi klub yang menyumbang pemain terbanyak untuk Timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2023, yakni 4 pemain

Daftar Skuad Timnas Sepak Bola Indonesia di SEA Games 2023, Persija Sumbang Pemain Terbanyak Jajaran pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja | PSSI

Timnas sepak bola Indonesia di ajang SEA Games 2023 berhasil merebut tiga poin atas Filipina pada laga perdana fase Grup A Sabtu (29/4) sore waktu Kamboja. Garuda Muda berhasil menang cukup meyakinkan dengan skor 3-0 atas Filipina lewat gol Marselino Ferdinan di babak pertama dan dua gol tambahan oleh Irfan Jauhari dan Fajar Faturrahman di penghujung laga.

Tiga poin yang diraih ini cukup membantu Timnas Indonesia untuk dapat lolos ke babak semifinal sebelum anak asuhan Indra Sjafri tersebut menatap tiga laga berikutnya. Ketiga laga tersebut antara lain melawan Myanmar pada Kamis (4/5), Timor Leste pada Minggu (7/5), dan tuan rumah Kamboja pada Rabu (10/3).

Timnas Indonesia setidaknya harus menempati posisi dua besar agar dapat lolos ke babak semifinal karena hanya masing-masing dua tim terbaik di babak grup yang akan mendapatkan tiket semifinal. Bicara mengenai target, pelatih kepala Indra Sjafri berharap timnas dapat meraih emas pada ajang kali ini.

"Memang kita sudah 32 tahun tidak memperoleh medali emas dan ini menjadi misi kami," kata Indra Sjafri saat konferensi pers jelang laga melawan Filipina Jumat (28/4) lalu dilansir Berita Satu.

Bicara mengenai komposisi pemain, skuad Timnas Indonesia pada ajang SEA Games kali ini dapat dikatakan sebagai skuad yang bertabur bintang. Total terdapat 20 pemain dengan komposisi 18 pemain asal klub Liga 1 dan 2 sisanya berasal dari klub Jepang dan Belgia akan membela Timnas Garuda pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Persija menjadi klub yang menyumbang pemain terbanyak untuk Timnas U-22 Indonesia yakni 4 pemain, antara lain Ilham Rio Fahmi, Witan Sulaeman, Rizky Ridho Ramadhani, dan Muhammad Ferarri. Borneo FC dan PSIS Semarang sama-sama menyumbang tiga pemain.

Ketiga pemain Borneo FC yang dipanggil timnas tersebut antara lain Muhammad Fajar Fathurrahman, Komang Teguh Trisnanda, dan Muhammad Taufany Muslihuddin. Sementara itu, tiga pemain PSIS Semarang yang dipanggil antara lain Mohammad Haykal Alhafiz, Muhammad Adi Satryo, dan Alfreanda Dewangga.

Skuad Timnas Indonesia di SEA Games 2023 menurut klub | GoodStats

Satu klub lain yang menyumbang lebih dari satu pemain antara lain PSM Makassar, yakni Ramadhan Sananta dan Ananda Raehan Alif. Sementara itu, dua pemain yang berkarier di luar klub Indonesia adalah Marselino Ferdinan (KMSK Deinze, Belgia) dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang).

Setelah skuad diumumkan pada Jumat (21/4) lalu, Garuda Muda langsung bertolak ke Phnom Penh, Kamboja pada Selasa (25/4) siang. Daftar lengkap skuad Timnas Indonesia di SEA Games 2023 dapat diakses lebih lanjut pada situs PSSI.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Qatar "Back to Back" Juara! Ini Rangkuman Hasil Piala Asia 2023

Qatar berhasil mempertahankan gelar juaranya di Piala Asia 2023. Kali ini, kesuksesan tak hanya mereka catatkan sebagai peserta, tapi juga sebagai tuan rumah.

Simak Data Jelang Piala Asia AFC U-23 2024, Timnas Bermain Melawan Siapa?

Masuk Grup A, Timnas Indonesia dipastikan bakal bertanding melawan tim tuan rumah, Qatar sejak penyisihan grup.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook