Daftar Platform AI yang Paling Sering Digunakan di Indonesia, ChatGPT Teratas

Menurut laporan Populix, ChatGPT menjadi platform AI yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2023.

Daftar Platform AI yang Paling Sering Digunakan di Indonesia, ChatGPT Teratas Ilustrasi aplikasi ChatGPT | Iryna Imago/Shutterstock

Artificial Intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan berkembang sangat cepat dan berkontribusi terhadap perubahan aspek kehidupan manusia. Saking maraknya teknologi ini, World Economic Forum (WEF) bahkan memprediksi bahwa akan ada sekitar 83 juta pekerjaan yang hilang akibat AI.

Platform riset Populix melaporkan, hampir separuh (45%) pengguna internet di Indonesia yang terdiri dari pekerja dan pengusaha mengaku telah menggunakan aplikasi AI. Alasannya, karena penggunaan aplikasi AI tersebut dinilai dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas dalam bekerja.

Lebih lanjut, ChatGPT menjadi platform AI yang paling sering digunakan dengan persentase sebesar 52% responden. Platform tersebut merupakan chatbot berbasis AI yang sangat populer di dunia, yang dirancang untuk memahami dan menghasilkan teks dalam bahasa Inggris.

Daftar platform AI yang paling sering digunakan di Indonesia | Goodstats

Disusul oleh platform Copy.ai di peringkat kedua dengan persentase mencapai 29% responden. Berikutnya, ada juga Luminar AI dan Oracle dengan persentase masing-masing sebesar 18% dan 15% responden.

Diikuti oleh platform Dall-e dan Lalal.ai yang sama-sama digunakan oleh sebanyak 12% responden. Kemudian, 11% responden lainnya memilih Outmatch sebagai platform AI yang paling sering mereka gunakan.

Sebagian besar responden (75%) beralasan bahwa platform AI banyak digunakan karena terdapat alat pendukung untuk bekerja. Sementara, 53% lainnya menilai bahwa platform AI memiliki banyak template untuk mendukung pekerjaan.

Selain itu, ada juga responden yang beranggapan bahwa platform AI sangat membantu untuk mencari ide yang mencapai 44% responden. Lalu, 26% responden lainnya beralasan karena penggunaan platform-platform tersebut diwajibkan oleh pihak kantor, kampus, institusi, dan lain-lain.

"Kehadiran platform AI juga membantu karyawan dalam meningkatkan kreativitas. Selain itu, masyarakat juga dapat dengan mudah untuk mengikuti berbagai pelatihan,” tutur Co-Founder dan CEO Populix Timothy Astandu dikutip dari Bisnis Tekno pada Selasa, (20/6/2023).

Adapun, Populix melakukan survei terhadap sebanyak 530 pekerja dan pengusaha di Indonesia pada periode April 2023. Dari jumlah tersebut, responden yang mengaku telah menggunakan platform AI mencapai 238 orang.

Selain platform AI, Populix juga melakukan survei terhadap platform yang sering digunakan untuk menunjang pekerjaan. Hasilnya, Zoom meeting menempati peringkat pertama dengan persentase mencapai 77% responden.

Ada pula platform lainnya seperti Google Workspace (54%), Microsoft Teams (30%), dan Skype (24%). Di sisi lain, Zoom dilaporkan juga menjadi platform yang banyak digunakan oleh perusahaan, yaitu sebanyak 68%.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Editor

Konten Terkait

Best Seller Handphone Sepanjang Masa, Nokia Jadul Kalahkan Iphone?

Handphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Apa saja model handphone yang capai penjualan tertinggi sepanjang masa?

Daya Saing Digital Indonesia 2023 Naik Peringkat, Kalahkan India

Laporan IMD WDCR menunjukkan, daya saing digital Indonesia terus mengalami pertumbuhan tiap tahunnya. Pada 2023, Indonesia menempati posisi ke-45 di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook