Daftar Negara dengan Produksi Energi Angin Terbesar di Dunia

Mengutip data dari Insider Monkey, China menjadi negara dengan produksi tenaga angin terbesar mencapai hampir 329 Gigawatt pada tahun 2021.

Daftar Negara dengan Produksi Energi Angin Terbesar di Dunia Ilustrasi turbin angin | Vladimka production/Shutterstock

Apa pun yang bergerak memiliki energi kinetik. Para ilmuwan serta insinyur menggunakan energi kinetik angin untuk menghasilkan listrik. Energi angin atau tenaga angin dibuat menggunakan turbin angin, perangkat yang menyalurkan kekuatan angin untuk menghasilkan listrik.

Jumlah total energi angin yang diproduksi pada tahun 2021 tumbuh 17% dari tahun 2020 karena negara-negara di seluruh dunia terus meningkatkan kapasitas angin untuk menurunkan emisi karbon mereka.

5 negara yang memiliki energi angin terbesar di dunia pada tahun 2021 | Goodstats

Menurut IEA (International Energy Agency), China bertanggung jawab atas hampir 70% dari total pertumbuhan pembangkit listrik tenaga angin pada tahun 2021 dan Amerika Serikat bertanggung jawab atas 14% dari pertumbuhan tersebut.

Dalam hal pertumbuhan energi angin, 22% dari total pertumbuhan kapasitas angin pada tahun 2021 berada di lepas pantai dan sisanya berada di darat. Meskipun angin lepas pantai seringkali lebih mahal untuk dibangun, angin lepas pantai dapat mengakses daerah di mana ada lebih banyak angin daripada di lokasi darat.

Lalu, negara mana saja yang memproduksi energi angin terbesar di dunia? Selengkapnya, berikut daftar negara berdasarkan data pada tahun 2021 menurut data dari Insider Monkey.

China

China menempati peringkat pertama dalam daftar, mengingat kapasitas turbin angina yang terpasang tahun pada 2021 hampir menyentuh 329 GW (gigawatt). China merupakan negara dengan populasi penduduk terbesar dan ekeonominya menempati urutan kedua di dunia, oleh karena itu tidak mengherankan jika negara itu memiliki kebutuhan energi yang sangat besar.

Selain menjadi pemimpin dalam hal kapasitas angin darat, China adalah pemimpin dalam angin lepas pantai. Menurut data dari Administrasi Energi Nasional negara itu, China memiliki sekitar 26 GW angin lepas pantai terpasang, dibandingkan kapasitas lepas pantai terpasang global sebesar 54 GW. Pada tahun 2021 saja, China telah memproduksi hampir 17 GW kapasitas angin lepas pantai.

Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah penghasil generator energi angin terbesar kedua di dunia dengan kapasitas turbin angin terpasang sebesar 132,7 GW pada tahun 2021. Berkat kebijakan pemerintah yang mendukung dan biaya angin yang lebih rendah, kapasitas angin Amerika Serikat telah tumbuh dengan tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun sebesar 11,3% dari 2011 hingga 2021.

Angka pertumbuhan ini mencapai 12,1% pada tahun 2021. Sebagai hasil dari konstruksi baru-baru ini, energi angin di negara tersebut telah menghasilkan lebih dari 9% listrik secara nasional termasuk lebih dari 50% di wilayah Iowa dan South Dakota.

Jerman

Jerman adalah pengadopsi utama energi angin mengingat kapasitas turbin angin terpasang tahun 2021 hampir mencapai 64 GW. Mengingat ekonominya yang besar, pemerintah Jerman memiliki sumber daya untuk meningkatkan pembangkit anginnya secara substansial.

Selain itu, pemerintah Jerman juga memiliki kebijakan untuk mencapai 100% listriknya dari sumber terbarukan pada tahun 2035. Untuk melakukannya, sebuah makalah pemerintah menguraikan rencana untuk berpotensi meningkatkan kapasitas energi angin menjadi 110 GW di darat dan 30 GW di angin lepas pantai.

India

India menempati peringkat keempat dalam daftar dengan total kapasitas turbin angin lebih dari 40 GW. Mengingat perekonominya yang berkembang, permintaan listrik di India telah tumbuh secara substansial dalam beberapa dekade terakhir dengan turbin angin yang membantu memenuhi beberapa kebutuhan energi negara itu.

Spanyol

Angin merupakan salah satu sumber pembangkit listrik terbesar di Spanyol, dengan total kapasitas turbin angin di negara itu mencapai 27,5 GW pada tahun 2021. Spanyol menempati peringkat kelima dalam daftar negara yang menghasilkan energi angin terbanyak di dunia.

Dengan kapasitas tersebut, angin menyumbang lebih dari 23% dari kebutuhan listrik negara. Dalam hal pembangkit anginnya, Spanyol memiliki sekitar 1.000 ladang angin yang secara kolektif memiliki lebih dari 20.000 turbin angin.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Taylor Swift Menjadi Miliarder, dari Mana Saja Sumber Kekayaannya?

Kesuksesan finansial seorang penyanyi tidak hanya berasal dari penjualan rekaman atau konser, tetapi juga dari strategi bisnis yang cerdas.

Tiga Tantangan Utama yang Dihadapi ASEAN pada tahun 2024

Pengangguran dan resesi ekonomi, perubahan iklim dan cuaca ekstrem, serta ketegangan ekonomi di negara besar jadi tantangan utama yang dihadapi negara ASEAN.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X