10 Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik, Berminat?

CEOworld 2021 menyebut terdapat 10 negara yang memiliki kualitas hidup terbaik. Lantas mana saja negara yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia?

10 Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik, Berminat? Pemandangan sungai di Finlandia | ArCaLu/Shutterstock

Memiliki kehidupan di negara dengan kualitas hidup terbaik merupakan impian banyak orang. Tinggal di lingkungan yang aman, bersih, minim polusi, serta adanya kemudahan akses fasilitas publik dalam hal pendidikan, kesehatan, transportasi, dan hiburan menjadi syarat menambah kenyamanan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Namun, dari sekian banyak negara, hanya ada 10 negara yang berhasil mendapat predikat memiliki kualitas hidup terbaik di dunia. Melansir data dari CEOworld, majalah bisnis dan teknologi asal Amerika Serikat menyebut, Finlandia sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia.

10 negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia 2021 I GoodStats

CEOworld menilai kualitas hidup dari 165 negara berdasarkan sepuluh indikator, yakni aksesibilitas, stabilitas ekonomi, keramahan, kondisi pasar tenaga kerja, dan tingkat kesetaraan pendapatan. Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi adalah kondisi netralitas dan stabilitas politik, keamanan, pengaruh budaya, sistem pendidikan dan kesehatan masyarakat yang berkembang dengan baik.

Finlandia berhasil menempatkan diri di peringkat pertama dengan capaian skor 99,06. Negara yang memiliki jumlah penduduk 5,5 juta jiwa ini dikenal memiliki sistem pendidikan yang sangat baik dan menjadi negara terbahagia di dunia. Hal ini dikarenakan Finlandia dikenal memiliki keamanan negara yang baik dengan tingkat kriminalitas yang rendah. Mengutip dari Helsinkitimer.fi, Finlandia memiliki cara hidup yang bebas dan santai, serta budaya masyarakat yang hangat dan fokus pada kerja sama bukan saling berkompetisi.

Denmark masuk dalam peringkat 2 sebagai negara terbaik untuk ditinggali dengan perolehan skor 98,13 poin. Negara ini dinilai memiliki stabilitas negara yang kuat, menjunjung tinggi persamaan hak warga negara, tingkat polusi yang rendah, lingkungan yang bersih, serta biaya hidup yang terjangkau.

Peringkat tiga besar kemudian diisi oleh Norwegia dengan perolehan skor 96,75 poin. Negara dengan jumlah populasi penduduk sekitar 5,3 juta jiwa ini terkenal akan pesona alamnya yang indah. Tidak hanya di mata wisatawan, Norwegia juga dikenal dengan kenyamanan fasilitas publik yang dikelola dengan baik. Tidak heran warga Norwegia memiliki angka harapan hidup yang tinggi, kesehatan yang terjamin, serta perlindungan dan rasa aman.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X