Bukan Jakarta, Inilah Daftar Provinsi dengan Lowongan Pekerjaan Terbanyak

Meski lowongan pekerjaan terbanyak didominasi di Pulau Jawa, Provinsi DKI Jakarta masih kalah saing dengan daerah lainnya.

Bukan Jakarta, Inilah Daftar Provinsi dengan Lowongan Pekerjaan Terbanyak Ilustrasi Melamar Pekerjaan | Sora Shimazaki/Pexels

Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 mencatat jumlah lowongan kerja yang terdaftar di Indonesia ada sebanyak 507.799 yang tersebar di berbagai daerah. Dalam data tersebut juga disebutkan lowongan pekerjaan pada periode tersebut mayoritas berada di Pulau Jawa. Meski masyarakat sering beranggapan ibu kota DKI Jakarta menjadi tujuan yang tepat untuk merantau dan mencari pekerjaan, kini anggapan tersebut sudah tidak lagi berlaku.

Hal ini dibuktikan oleh data menurut BPS tahun 2021 mencatat provinsi Jawa Timur pada peringkat pertama sebagai provinsi dengan lowongan kerja terbanyak, mengalahkan DKI Jakarta.

Daftar provinsi dengan lowongan kerja terbanyak 2021 | GoodStats

Jawa Timur berada di peringkat tertinggi dibandingkan dengan daerah lainnya yakni berjumlah 105.782 lowongan. Kota-kota di Jawa Timur yang memiliki lowongan kerja terbanyak terdapat di Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik, Pasuruan, dan sekitarnya. Dengan pemenuhan tenaga kerja sebanyak 102.704.

Di peringkat 2 terdapat Jawa Tengah dengan jumlah 81.543 lowongan, disusul oleh Jawa Barat berjumlah 68.793 lowongan. Diperingkat lima besar terdapat Provinsi DKI Jakarta dan Bali dengan jumlah total masing-masing 43.181 dan 23.554 lowongan.

Tercatat jumlah pemenuhan tenaga kerja di tahun 2021 terbuka sebanyak 472.724 lowongan, baik untuk tenaga kerja laki-laki maupun perempuan. Grafik di atas bisa menjadi panduan rekomendasi daerah provinsi bagi para perantau yang ingin mencari kerja.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

WFA Jadi Sistem Kerja yang Paling Disukai Gen Z

Dalam laporan survei Jakpat terhadap 612 responden yang bekerja, ditemukan bahwa sebanyak 34% Gen Z di Indonesia lebih memilih bekerja secara WFA.

"Badarawuhi di Desa Penari" vs "Siksa Kubur", Mana yang Lebih Banyak Mendapatkan Penonton?

Perbedaan jumlah penonton antara kedua film ini mencerminkan variasi preferensi dan ekspektasi penonton terhadap genre horor yang beragam dan dinamis.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X