Barang Koleksi Olahraga Termahal dalam Sejarah, Ada yang Sentuh 200 Milyar!

Dari kartu hingga jersey, apa saja memorabilia olahraga paling mahal sepanjang sejarah?

Barang Koleksi Olahraga Termahal dalam Sejarah, Ada yang Sentuh 200 Milyar! Ilustrasi Lelang. Photo by wavebreakmedia_micro from Freepik

Koleksi barang atau memorabilia merupakan barang-barang yang dapat dikoleksi. Umumnya, barang tersebut bernilai tinggi karena mempunyai makna sejarah terhadap pemilik aslinya.

Pecinta olahraga tentu sudah tidak asing lagi dengan memorabilia. Banyak barang-barang kepunyaan atlet terkenal yang akhirnya dilelang dan terjual dengan harga tinggi. Bahkan, barang-barang tersebut ada yang mencapai milyaran rupiah.

Berikut memorabilia olahraga yang paling mahal sepanjang sejarah, apa saja? 

1. Kartu Mickey Mantle

Ilustrasi Kartu Mickey Mantle. Photo from Sotheby
Ilustrasi Kartu Mickey Mantle. Photo from Sotheby

Bagi pecinta barang koleksi olahraga, khususnya cabang bisbol pasti tidak asing lagi dengan Mickey “Charles” Mantle. Ia adalah pemain bisbol legendaris asal Amerika Serikat yang aktif bermain di Major League Baseball (MLB) dari tahun 1951 hingga 1968. Pria yang dijuluki dengan sebutan "the Mick" dan "the Commerce Comet" ini berkarir sebagai pemain tengah (center fielder) tim New York Yankees.

Tahun 1952, perusahaan barang koleksi dan trading card bernama Topps mencetak kartu bisbol Hall of Fame Mickey Mantle. Kartu tersebut dinilai sangat berharga karena faktor kelangkaan dan makna sejarah yang terkandung dalam trading card tersebut. Pada Agustus 2022, kartu legendaris tersebut berhasil terjual dilelang dengan harga USD 12.6 juta, yang mana lebih dari dua kali lipat harga rekor sebelumnya.

Apabila dikalkulasikan menggunakan kurs terkini, maka harga trading card Mickey Mantle tersebut mencapai Rp204.3 milyar. Harga tersebut menjadikannya sebagai barang koleksi atau memorabilia olahraga paling mahal sepanjang sejarah.

2. Jersey Michael Jordan

Ilustrasi Jersey Michael Jordan. Photo from Sotheby
Ilustrasi Jersey Michael Jordan. Photo from Sotheby

Pecinta olahraga basket tidak mungkin asing dengan nama Michael Jordan. Ia disebut sebagai salah satu pemain basket asal Amerika Serikat yang paling legendaris, di mana ia bermain di lima belas musim pada National Basketball Association antara tahun 1984 dan 2003.

Michael Jordan juga menorehkan banyak prestasi saat berkiprah di dunia basket, seperti memenangkan enam kejuaraan NBA bersama Chicago Bulls, lima penghargaan MVP dan status sebagai salah satu defender terbaik dalam olahraga basket. Kini, pria dengan inisial ‘MJ’ tersebut menjadi seorang pebisnis.

Pada 1998, tim Michael Jordan Chicago Bulls memenangkan NBA setelah melawan Utah Jazz. Momen legendaris tersebut nampaknya menambah nilai dari jersey Michael Jordan yang dilelang oleh perusahaan Sotheby dalam acara “Invictus”. Di tahun 2022, jersey tersebut terjual di harga USD 10.1 juta. Dengan kurs terkini, angka tersebut sama dengan Rp163.8 miliar.

3. Jersey Diego Maradona

Ilustrasi Jersey Diego Maradona. Photo from Sotheby
Ilustrasi Jersey Diego Maradona. Photo from Sotheby

Argentina sempat memiliki salah satu atlet terbaiknya, Diego Maradona. Meski telah berpulang pada tahun 2020 lalu, Diego Maradona tetap dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola legendaris yang berasal dari Argentina.

Salah satu momen legendaris Diego Maradona, gol "The Hand of God" terjadi pada pertandingan perempat final Argentina lawan Inggris di Piala Dunia FIFA 1986. Kala itu, Diego Maradona menggunakan tangannya untuk mencetak gol. Kendati tidak terlihat oleh wasit, gol tersebut tetap dinyatakan ilegal menurut peraturan asosiasi sepak bola. Meski begitu, banyak pecinta sepak bola yang tidak bisa melupakan momen tersebut.

Sama seperti momen tersebut, jersey yang dikenakan Diego Maradona pada pertandingan itu juga menjadi memorabilia yang legendaris. Sotheby pada tahun 2022 melelang jersey Diego Maradona dan terjual dengan harga USD 9.3 juta. Apabila dihitung dengan kurs terkini, jersey ikonik tersebut terjual seharga Rp150.8 milyar.

4. Manifesto Olimpiade Pierre de Coubertin

Ilustrasi Manifesto Olimpiade. Photo from Sotheby
Ilustrasi Manifesto Olimpiade. Photo from Sotheby

Pierre de Coubertin dijuluki sebagai Bapak Olimpiade Modern. Pada tahun 1892, Coubertin menulis sebuah manuskrip setebal 14 halaman di mana Coubertin menuangkan pemikirannya terkait keinginan untuk menjadikan olimpiade sebagai kompetisi nasional. Menurutnya, olimpiade akan memberikan dampak positif untuk individu dan masyarakat. Dua tahun kemudian, Coubertin mendirikan Komite Olimpiade Internasional serta berhasil mewujudkan hasratnya dengan menggelar Olimpiade modern pertama di Athena pada 1896.

Sotheby kembali mendulang untung dari pelelangan manifesto Pierre de Coubertin. Manuskrip itu terjual seharga USD 8.8 juta pada tahun 2019 lalu, di mana apabila dikonversikan ke rupiah dengan kurs terkini, maka nilainya sama dengan Rp142.7 milyar.

5. Satu Set Jersey Lionel Messi

Ilustrasi Jersey Lionel Messi. Photo from Sotheby
Ilustrasi Jersey Lionel Messi. Photo from Sotheby

Selain Diego Maradona, Argentina punya pemain sepak bola kebanggaan lainnya, Lionel Messi.

Lionel Messi merupakan salah satu pemain penting ketika Piala Dunia 2022. Pertandingan yang digelar di Qatar itu menjadi momen berharga bagi Lionel Messi dan Argentina, sebab Messi menjadi kapten timnya pada pertandingan tersebut serta Argentina berhasil meraih gelar pertama sejak tim Maradona tahun 1986.

Banyak benda-benda yang menjadi saksi bisu pertandingan legendaris itu, termasuk enam kaus yang dikenakan Lionel Messi di paruh pertama pertandingan permainan grup, semifinal, dan final, mencetak empat gol saat Piala Dunia 2022. Oleh karenanya, satu set kaus ini terjual dengan harga fantastis. Pada 2023, Sotheby berhasil melelang kaus-kaus tersebut di harga USD 7.8 juta yang mana setara dengan Rp126.5 milyar dalam kurs terkini.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Lebih dari 100 Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal Dunia

Beberapa jemaah meninggal dunia akibat kondisi fisik yang tidak kuat menghadapi cuaca ekstrem dan aktivitas fisik yang intens.

10 Negara dengan Tingkat Operasi Plastik Tertinggi

Korea Selatan menjadi negara dengan tingkat operasi plastik tertinggi di dunia, mencerminkan kuatnya budaya K-beauty akhir-akhir ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X