Avanza Kuasai Takhta Mobil Terlaris di Indonesia April 2023

Produk andalan Toyota tersebut mampu memikat ribuan konsumen di tanah air dengan mencatat angka penjualan yang tinggi (3.727 unit)

Avanza Kuasai Takhta Mobil Terlaris di Indonesia April 2023 Ilustrasi model avanza | Toyota

Penjualan mobil di tanah air tengah mengalami perlambatan signifikan selama April 2023 yang terdapat periode cuti dan libur Lebaran 2023.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun sudah merilis data penjualan wholesales alias distribusi mobil dari pabrik ke dealer untuk periode April 2023.

Di bulan ketiga 2023, penjualan secara nasional hanya mencatat angka 58.911 unit atau turun sekitar 42% dari bulan Maret yang mencatatkan penjualan 101.212 unit.

Jika dirinci lebih lanjut, penjualan mobil penumpang selama April 2023 hanya 45.670 unit, sementara kendaraan komersial seperti pikap, truk, dan bus hanya mencatatkan penjualan 13.241 unit.

Dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, kinerja penjualan mobil nasional juga turun sampai level 29% secara wholesales dan turun 16% secara retailsales.

Kondisi ini tentu wajar, mengingat selama April waktu operasional pabrik dan dealer lebih sedikit, mengingat pemerintah resmi menetapkan cuti bersama libur Lebaran 2023 dari 19-25 April.

10 mobil terlaris di Indonesia April 2023 | Angelia Gunawan/GoodStats

Berbicara mengenai mobil terlaris (tidak termasuk mobil niaga kecil), muncul satu nama yang mencuat, yakni Toyota Avanza. Produk andalan Toyota tersebut mampu memikat ribuan konsumen di tanah air dengan mencatat angka penjualan yang tinggi.

Mobil berpredikat 'sejuta umat' Avanza mampu terjual sebanyak 3.727 unit. Meskipun tinggi, angka ini sebenarnya relatif rendah jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Pasalnya, biasanya mobil terlaris selalu memiliki angka penjualan lebih dari 5.000 unit.

Untuk selanjutnya, di posisi kedua mobil terlaris Indonesia pada April 2023 dipegang oleh Toyota Innova dengan angka penjualan 3.645 unit.

Kemudian posisi tiga besar adalah mobil low cost green car (LCGC) Toyota Calya dengan penjualan 3.131 unit. Selanjutnya, masih ada mobil lainnya yang masuk dalam posisi lima besar seperti Daihatsu Sigra dan Toyota Agya.

Yang cukup menarik adalah jika dilihat dari data 10 besar. Pasalnya, dua mobil yang hitungannya cukup baru yakni Daihatsu Ayla dan Honda WR-V sama-sama masuk 10 besar, padahal usia kedua mobil tersebut masih di bawah 2 bulan.

Penulis: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Brand Perbankan Terkuat di Dunia, BCA di Urutan Pertama?

Bank Central Asia (BCA) mendapatkan penghargaan setelah menyandang predikat sebagai bank terkuat di dunia dengan Brand Strength Index mencapai 93,8.

5 Merek Minyak dan Gas dengan Nilai Tertinggi di Dunia

Minyak bumi dan gas merupakan sektor industri yang sangat penting bagi semua orang di dunia. Ini dia 5 perusahaan minyak bumi dengan nilai tertinggi di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X