Inilah 5 Negara Terbaik untuk Habiskan Masa Tua

Negara berikut berhasil jadi yang terbaik untuk habiskan masa tua berdasarkan indikator kesehatan, kualitas hidup, kesejahteraan hingga finansial.

Inilah 5 Negara Terbaik untuk Habiskan Masa Tua Ilustrasi Masa Pensiun. Photo by Lifestylememory from Freepik

Pada tahun 2050, diperkirakan satu per tiga dari populasi dunia berumur 65 tahun ke atas.

Fakta tersebut menjadi salah satu alasan untuk menyiapkan masa tua atau pensiun. Banyak hal yang harus diperhatikan ketika sudah berumur senja.

Natixis, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan kekayaan telah merilis laporan berisi daftar negara-negara terbaik untuk menghabiskan masa tua (Global Retirement Index atau GRI). Indikator yang jadi penilaian adalah bagaimana negara tersebut mengelola fasilitas kesehatan, kualitas hidup, kesejahteraan materi hingga keuangan untuk masa pensiun.

1. Norwegia

Ilustrasi Norwegia. Photo by wirestock from Freepik
Ilustrasi Norwegia. Photo by wirestock from Freepik

Norwegia menempati peringkat pertama sebagai negara terbaik untuk pensiun. Berdasarkan Natixis, Negara Skandinavia ini memperoleh skor 83% di tahun 2023. Skor ini terbilang naik dibandingkan dengan skor Norwegia tahun lalu, yaitu 81%. Kendati skor naik, namun peringkat Norwegia masih berada di urutan pertama sebagai negara terbaik untuk habiskan masa tua.

Kedua faktor yang mempengaruhi peringkat Norwegia adalah tingginya skor untuk indikator bidang kesehatan dan kesejahteraan materi. Di tahun 2023, Norwegia mendapatkan skor 92% untuk sub indeks kesehatan, di mana skor ini lebih besar dibanding tahun lalu, yaitu 91% di tahun 2022.

Sementara itu untuk sub indeks kesejahteraan materi, Norwegia mengalami kenaikan skor yang cukup signifikan hanya dalam periode satu tahun saja. Di tahun 2022, skor Norwegia pada kategori kesejahteraan materi ada di angka 79%, sedangkan skor di tahun 2023 sebesar 84%. Hal ini menunjukkan bahwa Norwegia terus memperbaiki kualitas kesejahteraan masyarakatnya dari tahun ke tahun.

2. Swiss

Ilustrasi Swiss. Photo by wirestock from Freepik
Ilustrasi Swiss. Photo by wirestock from Freepik

Negara Alpen ini masuk sebagai negara terbaik untuk pensiun dengan peringkat kedua. Pada 2023, Swiss memperoleh skor 82%, yang mana skor ini bertambah dua persen poin dibandingkan skor tahun 2022 yaitu di angka 80%. Kendati demikian, sejatinya skor tersebut mengalami penurunan apabila melihat skor Swiss satu dekade ke belakang, yakni 84% di tahun 2013.

Swiss unggul di kategori sub indeks finansial. Berdasarkan Natixis, Swiss menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan ekosistem finansial terbaik untuk masa pensiun. Swiss terus membuktikan keunggulannya pada kategori ini, terlihat dari skor dan peringkat Swiss yang terus naik dari tahun ke tahun.

Pada 2013, skor Swiss dalam kategori finansial adalah 70% dengan peringkat keempat. Satu dekade kemudian, Swiss berada di posisi pertama dalam sub indeks finansial dengan perolehan skor 75%.

3. Islandia

Ilustrasi Islandia. Photo by tawatchai07 from Freepik
Ilustrasi Islandia. Photo by tawatchai07 from Freepik

Islandia memegang posisi ketiga pada daftar ini. Di tahun 2023, anggota dari negara Nordik ini mendapatkan skor sebesar 81%. Apabila melihat sepuluh tahun ke belakang, skor GRI Irlandia mengalami kenaikan yang cukup tinggi, yaitu 76% di tahun 2013.

Islandia mempunyai skor yand bagus dalam kategori kesejahteraan materi, kesehatan dan kualitas hidup. Untuk kategori kesejahteraan materi, Islandia unggul di posisi ketiga dengan skor 83% pada tahun 2023. Kendati demikian, skor tersebut turun sebanyak dua persen poin apabila dibandingkan dengan skor satu dekade ke belakang, yaitu 85% di tahun 2013.

Pada kategori kesehatan, Islandia menduduki posisi keempat dengan skor 88%. Sementara itu untuk kategori kualitas hidup, Islandia bersanding dengan negara-negara Nordik lainnya dengan skor 87% sehingga mendapatkan posisi kelima.

4. Irlandia

Ilustrasi Irlandia. Photo by Jason Murphy from Unsplash
Ilustrasi Irlandia. Photo by Jason Murphy from Unsplash

Di peringkat keempat adalah Irlandia dengan skor GRI 2023 sebesar 80%. Irlandia membuktikan untuk terus memperbaiki kualitas negaranya sehingga nyaman sebagai tempat untuk menghabiskan masa tua. Sebab pada satu dekade ke belakang, skor Islandia berada di angka 70%, sehingga apabila dihitung, Islandia berhasil meningkatkan sepuluh persen poin selama satu dekade saja.

Irlandia cukup bagus dalam menangani masalah keuangan pensiun di negaranya. Fakta ini terukur dalam sub indeks ‘finance in retirement’, di mana Irlandia berhasil menduduki posisi keenam dengan skor 73% pada tahun 2023.

Sementara itu pada tahun 2013, skor finansial Irlandia adalah 60% dengan peringkat ke-25, serta skor 70% dengan peringkat ketujuh pada tahun 2022.

5. Luksemburg

Ilustrasi Luksemburg. Photo by Cedric Letsch from Unsplash
Ilustrasi Luksemburg. Photo by Cedric Letsch from Unsplash

Negara Eropa yang tidak memiliki laut ini menduduki peringkat kelima dalam kategori negara terbaik untuk menghabiskan masa pensiun. Luksemburg mengalami fluktuasi skor dari tahun ke tahun. Dapat dilihat pada tahun 2013, Luksemburg memperoleh skor 81%. Angka ini turun pada 2022, di mana Luksemburg mendapatkan skor 75%. Namun satu tahun setelahnya, skor ini kembali naik di angka 79%.

Luksemburg paling piawai dalam memperhatikan kesehatan masyarakatnya. Berdasarkan Natixis, Luksemburg berada di peringkat ketiga dalam kategori kesehatan. Hal ini bisa dilihat dari skor sub indeks kesehatan Luksemburg di tahun 2023, yaitu sebesar 89%.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Di Belakang Brasil, Indonesia Miliki Ragam Hayati Terbesar Kedua di Dunia

Indonesia menjadi rumah bagi beragam jenis tumbuhan dan hewan, negara mana saja yang miliki anugerah serupa?

Taylor Swift Menjadi Miliarder, dari Mana Saja Sumber Kekayaannya?

Kesuksesan finansial seorang penyanyi tidak hanya berasal dari penjualan rekaman atau konser, tetapi juga dari strategi bisnis yang cerdas.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X