Australia Jadi Pilihan Utama Orang Indonesia Menempuh Pendidikan

Pendidikan adalah investasi terbaik, sehingga banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk sekolah di luar negeri. Negara apa saja yang jadi pilihan?

Australia Jadi Pilihan Utama Orang Indonesia Menempuh Pendidikan Ilustrasi Australia. Photo by Joey Csunyo from Unsplash

Pendidikan adalah hak asasi yang harus dapat dirasakan oleh semua orang. Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (HAM) yang disahkan oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) telah mengatur hal tersebut dan menjadikan pendidikan sebagai salah satu hak untuk seluruh manusia di muka bumi, terlepas dari negara atau ras manapun.

Melihat kesungguhan organisasi dunia dalam mengatur pendidikan menunjukkan bahwa pendidikan adalah hal yang penting. Saking pentingnya pendidikan, banyak orang yang menginginkan pendidikan terbaik untuk dirinya dan juga orang tersayang. Salah satu yang jadi pilihan adalah bersekolah di luar negeri.

Lantas, negara mana saja yang jadi pilihan orang Indonesia untuk menempuh pendidikan?

Australia, Amerika, dan Eropa Tetap Digemari untuk Lanjutkan Pendidikan

Ilustrasi Bendera Amerika. Photo by Aaron Burden from Unsplash
Ilustrasi Bendera Amerika. Photo by Aaron Burden from Unsplash

Goodstats baru saja mengeluarkan survei pada Februari 2024 lalu. Bertajuk “Destination Country Abroad”, Goodstats mencoba untuk mengetahui negara-negara pilihan masyarakat Indonesia dalam berbagai aspek, seperti pendidikan, bekerja hingga wisata.

Survei tersebut dilakukan terhadap 1.012 panel responden GoodStats yang memilih negara pilihannya masing-masing secara online.

Berdasarkan survei tersebut, Australia masih menjadi magnet bagi masyarakat Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri. Survei menunjukkan terdapat 42% responden yang memilih Negeri Kangguru itu untuk lanjutkan pendidikan.

Australia sendiri salah satu negara yang mempunyai kampus terbaik di dunia. Sebut saja University of Melbourne, University of New South Wales (UNSW Sydney), University of Sydney atau Australian National University (ANU). Berdasarkan QS World University Rankings, keempat universitas ternama Australia itu berada di peringkat 50 universitas terbaik di dunia.

Amerika Serikat berada di posisi kedua dalam kategori negara pilihan orang Indonesia untuk lanjutkan pendidikan. Berdasarkan survei, sebanyak 40% responden memilih Negeri Paman Sam ini untuk belajar.

Hal ini terbilang cukup wajar, sebab Amerika Serikat memiliki sejumlah universitas prestisius yang menyediakan pendidikan terbaik. Salah satu yang jadi incaran adalah universitas ‘Ivy League’. Istilah tersebut digunakan untuk delapan perguruan tinggi elit di Amerika Serikat yang terkenal dengan keunggulan akademiknya. Delapan universitas Ivy League adalah Harvard University, Yale University, Princeton University, Columbia University, Brown University, Cornell University, Dartmouth College dan University of Pennsylvania.

Selain Australia dan Amerika Serikat, negara-negara Eropa lain juga mengambil hati masyarakat Indonesia dalam hal pendidikan. Survei Goodstats menunjukkan bahwa Inggris, Belanda dan Jerman juga jadi jejeran negara yang terpilih untuk lanjutkan pendidikan.

Inggris dengan universitas ternamanya seperti Oxford, Cambridge dan University College London (UCL) berada di urutan ketiga dengan perolehan 37% suara.

Belanda berada di urutan kelima dengan hasil 22%. Negeri Kincir Angin ini menawarkan pendidikan berkualitas dengan universitas prestisius seperti University of Amsterdam, Leiden University dan University of Groningen.

Sementara itu, Jerman menyusul di peringkat keenam. Sebanyak 17% responden ingin mengenyam pendidikan di negara ini, di mana Jerman merupakan salah satu negara terbaik untuk mempelajari bidang industri dan teknik.

Menempuh Pendidikan, Negara Asia Tidak Kalah Diminati!

Ilustrasi Singapura. Photo by Jisun Han from Unsplash
Ilustrasi Singapura. Photo by Jisun Han from Unsplash

Negara Eropa, Amerika dan Australia memang kerap jadi pilihan utama untuk menempuh pendidikan. Namun tidak hanya itu, beberapa negara Asia juga dapat menjadi pertimbangan.

Survei Goodstats memaparkan bahwa terdapat lima negara Asia yang diminati masyarakat Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Lima negara Asia tersebut adalah Singapura, Jepang, Malaysia dan Mesir.

Singapura menjadi negara Asia yang paling diminati orang Indonesia dalam hal pendidikan. Berada di urutan keempat, Negeri Singa ini bahkan mengalahkan Belanda dan Jerman dengan persentase sebesar 23%.

Jepang turut membuktikan kualitas pendidikannya sehingga menjadi negara Asia kedua yang diminati orang Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Negeri Sakura ini menggaet 13% dari responden survei.

Malaysia, China dan Mesir masing-masing berada di urutan kedelapan, sembilan dan sepuluh. Terdapat 9% responden yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di Negeri Jiran, Malaysia. China juga menjadi pilihan 6% responden untuk mengenyam pendidikan. Di peringkat terakhir, Mesir yang terkenal dengan pendidikan Islam dan sejarahnya turut menggaet hati 5% responden untuk bersekolah di sana.

Sementara itu, 5% responden Survei Goodstats memilih negara lain untuk menempuh pendidikan.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ribuan Tenaga Honorer Gagal Diangkat Menjadi ASN PPPK Tahun 2024

2,3 juta honorer diproyeksikan akan diangkat menjadi PPPK, namun hanya 1,7 juta orang yang terdata BKN dan formasi untuk PPPK hanya sebanyak 1,01 juta orang.

9,9 Juta Anak Muda di Indonesia Menganggur, Paling Banyak Lulusan SMA

Berdasarkan tingkat pendidikan, anak muda yang tergolong NEET paling banyak merupakan lulusan sekolah menengah atas (SMA) yaitu sebanyak 3,57 juta orang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X