Argentina vs. Prancis, Siapa yang Akan Jadi Juara Piala Dunia 2022?

Final Piala Dunia 2022 akan berlangsung 18 Desember 2022 mendatang. Bagaimana peluang Argentina dan Prancis menjadi juara?

Argentina vs. Prancis, Siapa yang Akan Jadi Juara Piala Dunia 2022? Trofi Piala Dunia 2022 | Yuki Iwamura/Getty Images

Euforia Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar masih berlangsung. Semi final terakhir antara Prancis dengan Maroko telah berlangsung pada 15 Desember 2022. Kemenangan Prancis pada semi final tersebut mengantarkan Les Bleus (sebutan untuk tim sepak bola nasional Prancis) untuk bertemu Argentina di babak final pada 18 Desember mendatang.

Pertandingan antara Argentina dengan Prancis pada babak final nanti menjadi pertemuan ke-4 dua tim ini dalam sejarah Piala Dunia. Sebelumnya, Prancis dan Argentina sudah pernah bertemu di tahun 1930, 1978, dan 2018.

Selain Piala Dunia FIFA, kedua tim juga pernah berkompetisi sebanyak delapan kali dalam laga persahabatan serta satu kali pada Brazil Independence Cup. Total, Argentina dan Prancis sudah pernah berlaga dengan satu sama lain sebanyak 12 kali. Babak final Piala Dunia 2022 nanti menandakan pertemuan mereka yang ke-13.

Sejarah Argentina dalam Piala Dunia FIFA

Argentina announces 26-man squad for 2022 FIFA World Cup
Timnas Argentina dalam Piala Dunia tahun 2022 | Khel Now

Piala Dunia FIFA pertama kali digelar pada 13 Juli 1930. Hingga tahun ini, kompetisi sepak bola internasional ini telah digelar sebanyak 22 kali. Dalam 22 kompetisi tersebut, Argentina sudah pernah berpartisipasi sebanyak 18 kali. Selain itu, tim yang berasal dari Amerika Selatan ini sudah pernah menjuarai Piala Dunia sebanyak dua kali di tahun 1978 dan 1986.

Pada pertandingan tahun 1978, Argentina menang di babak final melawan Belanda dengan skor 3-1. Sementara itu, pada tahun 1986 Argentina berhasil mengungguli Jerman Barat dengan skor 3-2.

Secara historis, Argentina memiliki torehan prestasi yang cukup gemilang pada gelaran pertandingan sepak bola empat tahunan ini. Selain pernah meraih gelar champion lebih dari satu kali, tim ini juga pernah menjadi runner up sebanyak 3 kali, serta pernah lolos ke babak perempat final sebanyak 4 kali.

Sejarah Prancis dalam Piala Dunia FIFA

How the French Football Team Can Support Human Rights | Human Rights Watch
Timnas Prancis dalam Piala Dunia tahun 2022 | Human Rights Watch

Prancis pun tidak kalah berprestasi dari Argentina dalam Piala Dunia. Tim yang berasal dari Eropa ini telah mengikuti 16 dari 22 kompetisi sejak tahun 1930. Sama halnya dengan Argentina, Les Bleus pun sukses memenangkan Piala Dunia sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 1998 dan 2018.

Dalam kejayaannya di tahun 1998, Prancis menang melawan Brazil dengan skor bersih 3-0. Bintang pertandingan dari Prancis kala itu ialah Zinedine Zidane. Sementara pada tahun 2018, Kroasia ditaklukan oleh Les Bleus dengan skor 4-2.

Selain dua kali berjaya menempati posisi pertama dalam dua pertandingan, Prancis juga pernah menduduki peringkat ke-3 Piala Dunia pada tahun 1958 dan 1986. Tim ini pun sempat berhasil lolos ke babak perempat final Piala Dunia di tahun 1958 dan 2014.

Perjalanan Singkat Kedua Tim di Piala Dunia 2022

Argentina vs France: World Cup final combined XI
Prancis vs Argentina dalam Piala Dunia tahun 2022 | 90min

Babak perempat final 2 yang berlangsung pada 10 Desember lalu mempertemukan Argentina dengan Belanda. Kedua tim mencetak gol imbang 2-2, namun Argentina berhasil unggul dari Belanda pada tendangan penalti dengan skor 4-3.

Selanjutnya pada babak semi final pada 14 Desember, Argentina dipertemukan dengan Kroasia. Pada laga ini, Argentina berjaya dengan skor 3-0. Satu skor dicetak oleh Lionel Messi, sementara dua gol sisanya dicetak oleh Julian Alvarez.

Sementara itu, pada babak perempat final 11 Desember lalu Prancis bertemu dengan Inggris. Les Bleus berhasil lolos ke semi final dengan skor 2-1, di mana skor tersebut masing-masing dicetak oleh Aurélien Tchouaméni dan Olivier Giroud.

Head to Head Argentina vs Prancis

Dari 12 sejarah pertandingan Argentina melawan Prancis, Argentina unggul dengan enam kemenangan. Sedangkan Prancis hanya pernah menundukkan Argentina sebanyak tiga kali. Tiga pertandingan sisanya, pertarungan Prancis dan Argentina berakhir dengan skor imbang.

Head to Head Argentina vs Prancis dalam 12 sejarah pertandingan Piala Dunia | GoodStats

Pada Piala Dunia ke-21 yang diselenggarakan pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 lalu, Prancis menaklukkan Argentina dengan skor 4-2 di babak 16 besar. Pada kemenangan Les Bleus tersebut, dua gol berhasil dicetak oleh Kylian Mbappe. Satu gol oleh Benjamin Pavard, dan Antoine Griezmann berhasil membobol gawang satu kali pada penalti.

Pertemuan Argentina dan Prancis yang ke-13 pada babak final Piala Dunia yang akan datang, Argentina dan Prancis sama-sama memiliki peluang untuk meraih gelar champion Piala Dunia FIFA ke-3 dalam sejarahnya. Menurutmu, tim mana yang akan menjuarai pertandingan sepak bola paling bergengsi ini?

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Jelang Olimpiade Paris 2024, Ini Cabor dengan Dana Dukungan Terbesar

Setiap rupiah yang dialokasikan memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk mental juara dan memupuk rasa bangga sebagai wakil negara.

Menanti Debut Timnas Indonesia di Piala Dunia FIFA U17, Ini Daftar Tuan Rumah Hingga Tim Tersukses

Timnas U17 Indonesia akan lakoni laga debut di Piala Dunia U17 hadapi Timnas U17 Ekuador, tim di Grup A dengan catatan penampilan Piala Dunia U17 terbanyak

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X