All England 2023: China & Korsel Dapat 2 Gelar, All Indonesian Final di Ganda Putra

2 gelar masing-masing dibawa pulang oleh China dan Korea Selatan, sementara satu nomor terakhir pada Ganda Putra direbut oleh Indonesia

All England 2023: China & Korsel Dapat 2 Gelar, All Indonesian Final di Ganda Putra Podium ganda putra pada All England 2023 yang diisi oleh para atlet Indonesia | PBSI

Salah satu kejuaraan bulu tangkis tertua dan paling prestisius di dunia, All England Open Badminton Championship atau yang akrab disebut All England 2023 baru saja rampung Minggu (19/3) kemarin. All England tahun ini telah diselenggarakan sejak Selasa (14/3) lalu di Arena Utilita Birmingham, Inggris.

All England tahun ini merupakan turnamen keenam seri Tur Dunia BWF 2023. Hasilnya, dua gelar masing-masing dibawa pulang oleh China (tunggal putra dan ganda campuran) dan Korea Selatan (tunggal putri dan ganda putri), sementara satu nomor terakhir pada ganda putra direbut oleh Indonesia.

Pertandingan babak final dimulai dengan laga pada nomor ganda putri yang dilakoni oleh "All South Korean Final" antara Kim So Yeong/Kong Hee Yong melawan Bak Ha Na/Lee So Hee. Hasilnya, Kim/Kong menang mudah dua gim langsung dengan skor 21-5 dan 21-12 dalam durasi 43 menit.

Ganda campuran menjadi laga kedua pada babak final kali ini. Pasangan unggulan pertama asal China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong berhasil mengandaskan wakil Korea Selatan Seo Seung Jae/Chae Yu Jung dengan skor akhir 21-16, 16-21, dan 21-12 dalam waktu 1 jam 4 menit.

Pertandingan terlama pada babak final jatuh pada laga tunggal putri antara wakil Korea Selatan An Se Young melawan wakil China Chen Yu Fei. An Se Young berhasil menang tiga gim dengan skor 21-17, 10-21, dan 21-19 dalam waktu 1 jam 15 menit.

"All Indonesian Final" terjadi pada nomor ganda putra. Unggulan pertama dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil menang atas seniornya Mohammaf Ahsan/Hendra Setiawan dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 21-14. Sayangnya, laga ini diakhiri dengan kondisi Mohammad Ahsan yang cedera.

"Pertama-tama mengucap syukur alhamdulillah bisa bermain dengan lancar dan tanpa cedera. Perasannya luar biasa senang tapi di satu sisi kami sedih juga karena di poin-poin akhir bang Ahsan sempat cedera. Semoga bang Ahsan segera pulih dan bisa kembali berkompetisi nantinya," kata Rian dilansir situs resmi PBSI (20/3).

Hasil All England 2023 | GoodStats

Tunggal putra menjadi sajian terakhir pada babak final All England 2023. Wakil China Li Shi Feng berhasil mengandaskan rekan senegaranya Shi Yu Qi dengan skor akhir 26-24 dan 21-5. Masing-masing pemenang berhak mendapatkan 12.000 poin BWF dan uang hadiah senilai 87.500 dolar AS untuk nomor tunggal dan 92.500 dolar AS untuk nomor ganda.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Open 2024 Berakhir, Bagaimana Performa Indonesia?

Sempat menyabet dua gelar juara pada Indonesia Open 2018, kini Indonesia bahkan tak meloloskan satupun atletnya ke babak final di gelaran 2024.

Koleksi Gelar Thomas dan Uber Cup: China dan RI Paling Banyak

Indonesia memiliki koleksi Piala Thomas terbanyak yaitu 14 gelar juara, sedangkan China memiliki koleksi Piala Uber terbanyak yaitu 16 gelar juara.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X