Ada yang Hampir Setengah Abad, Siapa Saja Presiden Paling Lama Menjabat?

Beberapa pemimpin telah menjadi orang nomor satu di negaranya dalam kurun puluhan tahun, apakah termasuk pemimpin Indonesia?

Ada yang Hampir Setengah Abad, Siapa Saja Presiden Paling Lama Menjabat? Potret Fidel Castro | Prensa Latina/Reuters

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan pengumuman hasil Pemilu 2024 selesai paling lambat pada 20 Maret 2024. HIngga Senin (18/3), masih tersisa suara dari lima provinsi yang belum dihitung. Sementara itu, hanya suara dari PPLN Kuala Lumpur yang belum masuk rekapitulasi nasional.

Dilansir dari bisnis.com, hasil sementara real count Pilpres 2024 menempatkan Paslon 02 Prabowo-Gibran pada posisi pertama dengan perolehan suara 58,82%. Posisi kedua diduduki oleh Paslon 01 Anies-Muhaimin dengan perolehan suara 24,49% dan disusul Paslon 03 Ganjar-Mahfud dengan perolehan suara 16,68%.

Setelah dua periode, Presiden Joko Widodo akan mengakhiri jabatannya sebagai presiden. Hal ini didasari Pasal 7 UUD NRI 1945 yang berbunyi, “Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan”. 

Sementara itu di negara lain, beberapa pemimpin negara dapat menjabat dalam waktu yang jauh lebih lama. Kondisi ini sempat terjadi di Indonesia, ketika Presiden pertama RI, Soekarno memimpin Indonesia selama 21 tahun. 

Meski undang-undang tersebut sudah ada, pada 1963 MPRS menyatakan ketetapan Nomor III/MPRS/1963 tentang Pengangkatan Pemimpin Besar Revolusi Indonesia Bung Karno Menjadi Presiden Seumur Hidup. 

Dari catatan kompas.com, Soekarno diberhentikan pada 22 Juni 1966 melalui Sidang Umum ke-IV MPRS. Sebelumnya, Soeharto mulai mengambil alih kepemimpinan nasional setelah keluarnya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar). 

Masa jabatan Presiden Soeharto jauh lebih lama, sejak 1966 hingga 1998, atau selama 32 tahun. Akan tetapi, Soeharto baru secara penuh menjadi presiden saat ditetapkan pada 27 Maret 1968 melalui Musyawarah Pleno XIII Sidang Umum ke-V MPRS.

Masa kepemimpinan hingga puluhan tahun ini juga terjadi di beberapa negara, seperti di Kuba, Taiwan, dan Korea Utara.

Fidel Castro hampir memimpin Kuba selama setengah abad.
Fidel Castro hampir memimpin Kuba selama setengah abad.

Beberapa di antara para pemimpin negara tersebut, mengakhiri puluhan tahun kepemimpinannya setelah meninggal dunia, seperti yang terjadi pada Fidel Castro, Chiang Kai-shek, Kim Il-Sung, Enver Hoxha, Muammar Khadafi, dan Omar Bongo Ondimba.

Hingga saat ini, Teodoro Obiang masih memimpin Guinea Khatulistiwa dan digadang-gadang akan menjadi presiden terlama di dunia. 

Di Indonesia, masa jabatan presiden cukup beragam. Ada yang menyentuh puluhan tahun seperti Soekarno dan Soeharto, ada pula yang memimpin dalam waktu singkat.

Masa jabatan dua periode baru diterapkan pada masa kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo.

Masa jabatan dua periode baru diterapkan pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo.

B.J. Habibie memimpin Indonesia hanya dalam kurun waktu 1 tahun 5 bulan, setelah Soeharto turun pada 1998. Meskipun dalam waktu singkat, Habibie dapat mengatasi krisis Indonesia kala itu.

Penulis: Ajeng Dwita Ayuningtyas
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Terowongan Bawah Laut Terpanjang di Dunia, Ada yang Hubungkan Antar Negara!

Infrastruktur yang mumpuni dapat menopang perekonomian negara, salah satunya adalah pembangunan terowongan bawah laut.

7 Primata dengan Populasi Terbanyak, Dari Indonesia Mendominasi!

Dari owa kalawat hingga bonobo, berikut jenis primata dengan populasi terbanyak di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X