95% Pengguna Internet Indonesia Bermain Video Games

Indonesia bersama Filipina dan Vietnam jadi top 3 negara dengan proporsi pengguna internet yang bermain video games tertinggi.

95% Pengguna Internet Indonesia Bermain Video Games Ilustrasi Gamers | AIRTM

Popularitas video games terus meningkat di dunia. Kehadiran sejumlah gim menarik membuat pasar video games terus berkembang. Laporan GWI dan Data Reportal mengungkapkan bahwa pada Kuartal IV 2023, 84,7% pengguna internet berusia 16-64 tahun adalah gamers. Nilai ini naik 4,7% dibanding Kuartal IV 2022.

Aktivitas yang semakin padat mendorong tingginya popularitas video games di berbagai belahan dunia. Video games dipandang sebagai sebuah hobi, aktivitas yang dapat membantu menghilangkan lelah setelah seharian bekerja. Untuk itu, tidak heran jika proporsi gamers di dunia terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kendati identik dengan anak muda, pertumbuhan pengguna video games ini juga turut dirasakan di kalangan lansia. Menurut GWI, 7 dari 10 pengguna internet berusia 55-64 tahun sering bermain video games. Rata-rata 30 menit per hari dihabiskan untuk bermain games menggunakan konsol permainan.

Demam video games tidak hanya dirasakan masyarakat global, tapi juga telah sampai di Indonesia. Asia Tenggara menjadi kawasan dengan gamers aktif yang cukup tinggi. Bersama Filipina dan Vietnam, Indonesia mendominasi daftar negara dengan proporsi gamers terbanyak di dunia.

Indonesia bersama Filipina dan Vietnam jadi top 3 negara dengan proporsi pengguna internet yang bermain video games tertinggi | GoodStats
Indonesia bersama Filipina dan Vietnam jadi top 3 negara dengan proporsi pengguna internet yang bermain video games tertinggi | GoodStats

Sebanyak 96,5% pengguna internet di Filipina berusia 16-64 tahun bermain video games secara rutin. Proporsi ini sedikit lebih tinggi dibanding Indonesia. Dengan 95,3% pengguna internetnya yang bermain video games, Indonesia duduk di peringkat kedua secara global. Tingginya angka ini menunjukkan masifnya pasar video games di tanah air, yang jika dimanfaatkan dengan tepat dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Di urutan ketiga, Vietnam menyusul dengan proporsi sebesar 94,7%, menunjukkan besarnya pengaruh negara ASEAN dalam pasar video games. 

Sebaliknya, negara dengan proporsi pengguna video games terendah dipegang oleh Jepang, dengan hanya 74,7% pengguna internetnya yang bermain games. China juga berada di jajaran terendah, dengan raihan 74,8%.

Video Games Terpopuler

Secara global, permainan menembak masih menjadi favorit masyarakat dunia. Format penuh ketegangan yang disajikan dari aksi heroik permainan menembak membuatnya banyak digemari oleh gamers di seluruh dunia.

Selain game menembang, game petualangan penuh aksi juga masuk daftar favorit, di urutan kedua secara keseluruhan. Mulai dari Assassin’s Creed Valhalla hingga Red Dead Redemption 2, games bertemakan petualangan tak pernah sepi pengguna. Game bertemakan olahraga berada di urutan ketiga secara keseluruhan. 

Sebaliknya, game teka-teki dan puzzle cenderung kurang diminati, terutama oleh generasi muda. Games tersebut malah banyak disukai oleh generasi tua.

Sejalan dengan itu, Roblox terpilih sebagai mobile games terpopuler di dunia dengan jumlah pengguna aktif bulanan tertinggi. Free Fire berada di urutan kedua, disusul Candy Crush Saga, Subway Surfers, dan Minecraft Pocket Edition.

Baca Juga: Hiburan Jadi Tujuan Utama Orang Indonesia Akses Internet

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Negara dengan Miliarder Wanita Terbanyak 2024

Amerika Serikat menjadi negara dengan miliarder wanita terbanyak, mencapai 98 orang di 2024. Alice Walton merupakan wanita terkaya di negara tersebut.

Adopsi Kripto Indonesia Ketiga Terbaik di Dunia

Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat adopsi kripto terbaik 2024, bertengger di posisi ketiga global dengan skor 0,68 poin.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook