7 Merek Kosmetik Lokal Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022

Di tengah surutnya ekonomi saat pandemi Covid-19, berbagai merek kosmetik lokal justru kian eksis serta mampu menyaingi merek luar negeri di pasar tanah air.

7 Merek Kosmetik Lokal Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022 Ilustrasi kosmetik | Netrun78/Shutterstock

Pasar kosmetik Indonesia semakin ramai dengan hadirnya berbagai merek kosmetik buatan lokal yang kian eksis di tanah air. Di tengah ekonomi negara yang merosot akibat pandemi Covid-19, industri komestik khususnya merek lokal dapat bertahan bahkan terus berkembang dengan meluncurkan berbagai lini produk baru.

Dapat dikatakan, kualitas yang dimiliki berbagai merek kosmetik lokal setara dengan merek-merek buatan luar negeri. Sejumlah di antaranya berhasil viral dan memperoleh banyak perhatian pecinta kosmetik di Indonesia.

Beberapa hal yang menarik perhatian masyarakat Indonesia terhadap merek kosmetik lokal antara lain seperti kualitas, inovasi, harga, serta packaging yang menarik. Survei yang dilakukan oleh Populix membeberkan daftar merek kosmetik lokal yang paling banyak digunakan pada tahun 2022 ini.

7 merek kosmetik lokal paling banyak digunakan di Indonesia tahun 2022 | GoodStats

1. Wardah

New Wardah Exclusive Series: Produk & Formula Makeup Kekinian Terbaru! -  Semua Halaman - CewekBanget
Kosmetik Wardah | cewekbanget.grid.id

Peringkat pertama berhasil diraih oleh merek kosmetik lokal Wardah. Sebesar 48 persen responden dalam survei mengungkapkan bahwa mereka menggunakan merek kosmetik Wardah pada tahun 2022.

Merek kosmetik Wardah diproduksi oleh salah satu perusahaan manufaktur kosmetik terbesar di Indonesia yakni PT Paragon Technology and Innovation. Diluncurkan sejak tahun 1995, merek kosmetik besutan Nurhayati Subakat ini merupakan pelopor merek kosmetik halal di Indonesia.

Produk-produk Wardah menerapkan filosofi Halal Green Beauty di mana di dalamnya terkandung 5 prinsip yakni halal, natural, alcohol free, local & global expert, serta cruelty free.

Lini produk kosmetik Wardah sangat beragam dan bervariasi, salah satunya yang terkenal ialah produk kecantikan bibir baik lipcream, lipstick, dan sebagainya. Selain itu Wardah juga memiliki produk kosmetik lainnya seperti foundation, bedak, cushion, dan masih banyak lagi.

2. Emina

Review--Emina Creamatte Lip Cream - Woop.id
Kosmetik Emina | woop.id

Posisi ke-2 diraih oleh merek kosmetik lokal Emina dengan raihan sebesar 40 persen responden.

Merek kosmetik Emina sendiri berada di bawah naungan PT Paragon Technology and Innovation yang juga merupakan produsen kosmetik Wardah. Segmentasi pasar dari Emina sendiri cenderung menyasar ke kalangan remaja.

Beragam pilihan produk dengan kemasan dan warna yang kekinian serta harga yang terjangkau menjadi beberapa alasan Emina begitu digandrungi para remaja. Tidak hanya remaja, bahkan tidak sedikit orang dewasa yang gemar menggunakan produk Emina.

Emina juga memiliki beragam variasi produk yang terus berkembang dalam kurun beberapa tahun terakhir, seperti BB cream, lip cream, primer, cushion, bedak, dan sebagainya.

3. Make Over

Home | Make Over
Kosmetik Make Over | makeoverforall.com

Lagi-lagi merek besutan PT Paragon Technology and Innovation berhasil menguasai klasemen atas. Merek kosmetik lokal Make Over menempati posisi ke-3 dengan total raihan sebesar 22 persen responden.

Make Over sendiri merupakan sister brand dari Wardah dan Emina yang lebih berfokus pada segmentasi pasar profesional dengan lini produk yang lebih beragam terutama dari segi warna. Make Over diluncurkan pada tahun 2010 dan terus berinovasi hingga saat ini meluncurkan rangkaian produk seperti lipcream, foundation, bedak, eyeshadow, dan lain-lain.

4. Somethinc

Dikenal Nggak Pernah Tidur, Somethinc Kembali Mengeluarkan 18 Produk Makeup  Terbaru di Akhir Tahun 2021, Super Lengkap!
Kosmetik Somethinc | beautynesia.id

Beralih ke Somethinc yang berhasil menduduki posisi ke-4 merek kosmetik lokal paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Adapun merek Somethinc digunakan oleh total 19 persen responden. Somethinc sendiri didirikan pada tahun 2019 oleh Irene Ursula.

Somethinc awalnya dikenal dengan produk skincare serumnya yang beragam, kemudian merek lokal satu ini terus berinovasi merambah produk kosmetik. Beberapa produk kosmetik milik Somethinc antara lain seperti cushion, bedak, highlighter, eyeshadow, dan masih banyak lagi.

5. Purbasari

3 Produk Make Up Purbasari Ini Oke Banget untuk Percantik Tampilanmu Setiap  Hari! Cobain Yuk!
Kosmetik Purbasari | beautynesia.id

Posisi ke-5 diraih oleh merek Purbasari dengan total 15 persen responden menggunakan kosmetik merek tersebut. Berada di bawah naungan PT Gloria Origita Cosmetics, Purbasari telah hadir di tanah air sejak tahun 1993.

Awalnya lebih dikenal dengan produk lulur, Purbasari memperoleh popularitas yang cukup tinggi setelah merilis produk lipstick matte. Selain itu, Purbasari juga meluncurkan berbagai produk kosmetik lainnya seperti lip cream hingga foundation.

6. Y.O.U Cosmetic

Brand Kosmetik Lokal Y.O.U Rilis Makeup Modern Glam yang Long Lasting
Kosmetik Y.O.U | wolipop.detik.com

Y.O.U Cosmetic berada di posisi ke-6 dengan total raihan sebesar 14 persen pada tahun 2022. Merek kosmetik lokal satu ini memulai debutnya pada tahun 2018.

Merek kosmetik milih HEBE Beauty Group ini menghadirkan solusi kosmetik yang tahan lama dengan slogannya “Long-lasting Beauty”. Y.O.U Cosmetic hadir dengan beberapa variasi produk seperti foundation, bedak, blush on, lip cream, lipstick, dan sebagainya.

7. Dear Me Beauty

SOCO by Sociolla
Kosmetik Dear Me Beauty | soco.id

Adapun merek kosmetik lokal Dear Me Beauty berhasil menyabet posisi ke-7 daftar merek kosmetik lokal paling banyak digunakan di Indonesia. Dear Me Beauty menorehkan raihan sebesar 11 persen responden pada tahun 2022.

Dear Me Beauty berdiri sejak tahun 2017. Awalnya merek kosmetik lokal satu ini memproduksi matte liquid lipstick yang kala itu sedang tenar di masyarakat. Dear Me Beauty pun terus berinovasi dan melakukan rebranding. Sejumlah produk kosmetik lainnya yang diproduksi antara lain foundation, bedak, lip tint, lip matte, lip gloss, eyeshadow, dan sebagainya.

Selain ketujuh merek di atas, masih banyak lagi merek kosmetik lokal yang meraih atensi serta popularitas yang cukup tinggi di kalangan masyarakat Indonesia seperti Sariayu, Luxcrime, Mustika Ratu, Esqa, BLP Beauty, Mineral Botanica, Goban, Rollover Reaction, Secondate, dan masih banyak lagi.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Pernah Viral, Ini Kuliner Populer di Indonesia Tahun 2021
Artikel Selanjutnya 9 Alasan Perempuan Lebih Memilih Produk Kosmetik Lokal Daripada Luar Negeri
Konten Terkait