Inilah 5 Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai merupakan sumber manfaat bagi kehidupan. Tersebar di beberapa wilayah, berikut daftar lima sungai terpanjang di dunia.

Inilah 5 Sungai Terpanjang di Dunia Ilustrasi Sungai. Sumber: Freepik

Sungai merupakan aliran air berbentuk memanjang yang mengalir dari hulu ke hilir. Sesuai dengan sifat air, arah aliran sungai bermula dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Dimulai dari gunung atau dataran tinggi, dah berakhir di danau atau lautan. Manfaat utama dari sungai yang berdampak terhadap kehidupan tentu sebagai sumber air. Masih banyak orang yang memanfaatkan air dari sungai untuk mencuci, bahkan beberapa sungai digunakan sebagai sumber mata air untuk minum. Sungai juga berperan penting dalam aspek lainnya, seperti pembangkut listrik tenaga air sebagai energi terbarukan, hingga sebagai salah satu sumber irigasi utama.

Di Indonesia, banyak sungai dengan berbagai ukuran yang dapat mempermudah kehidupan karena manfaatnya. Dilansir dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam situsnya, belum ada data yang tepat dan akurat mengenai jumlah danau dan sungai di Indonesia. Namun, tercatat bahwa sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Sungai yang berada di Kalimantan Barat ini berukuran sepanjang 1.143 kilometer.

Bagaimana dengan sungai terpanjang di dunia? Dilansir dari World Atlas, berikut daftar lima sungai terpanjang di dunia.

Urutan Sungai Terpanjang di Dunia.
  1. Sungai Nil (6.650 km)

Sumber: National Geographic Society

Sungai yang mengalir melalui sebagian besar benua Afrika serta beberapa negara ini menduduki peringkat pertama sebagai sungai terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 6.650 kilometer. Dengan panjangnya tersebut, Sungai Nil dapat menghidupi kurang lebih 40% populasi dari penduduk Kenya, sebagai sumber air utama dan transportasi.

  1. Sungai Amazon (6.400 km)

Sumber: Popular Mechanics

Sungai Amazon adalah sungai yang memiliki volume debit terbesar di dunia. Menduduki peringkat kedua, Sungai Amzon memiliki panjang sekitar 6.400 kilometer. Di sekitar sungai ini terdapat daerah hutan hujan Aamazon yang sangat kaya akan keanekaragaman hayatinya.

  1. Sungai Yangtze (6.300 km)

Sumber: Global Times

Sungai yang terletak di China ini menduduki peringkat ketiga dengan panjang sekitar 6.300 kilometer. Menjadi sungai yang terpanjang juga di Asia, sungai ini merupakan perbatasan tidak resmi antara China Utara dan China Selatan. Sungai ini juga dahulunya digunakan sebagai sumber air minum, transportasi, hingga irigasi di masa perang.

  1. Sungai Mississippi (6.270 km)

Sumber: American Rivers

Sungai ini terletak di Amerika Serikat bagian selatan. Sungai Missouri dan Mississippi merupakan dua sungai terpanjang di AS, yang lebih dikenal dan dianggap sebagai satu sungai besar. Dengan panjang sekitar 6.270 kilometer, sungai ini menempati posisi keempat sebagai sungai terpanjang di dunia.

  1. Sungai Yenisei (5.500 km)

Sumber: iStock

Di peringkat kelima ada Sungai Yenisei yang memiliki panjang 5.500 kilometer. Sungai yang tidak terlalu dalam ini mengalir ke Danau Baikal, danau terdalam dan tertua di dunia. Namun, sistem Sungai Yanisei ini diyakini telah terpapar kontaminasi akibat dari pelepasan radioaktif dari fasilitas pembuat bom rahasia.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Inilah 7 Negara dengan Kualitas Work-Life Balance Terbaik, Ada Tujuanmu?

Selandia Baru hingga Belanda menempati posisi teratas negara dengan kualitas work-life balance terbaik menurut Remote Technology.

Cina Jadi Negara dengan Perluasan Kawasan Reforestasi Hutan Terbesar di Dunia

Cina masuk dalam daftar pertumbuhan kawasan hutan terbesar, Indonesia justru masuk dalam daftar penurunan terbesar di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X