5 Program KPR Pilihan Masyarakat Indonesia 2022

Saat ini, KPR masih menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang ingin membeli hunian pribadi. Program KPR mana yang jadi pilihan utama?.

5 Program KPR Pilihan Masyarakat Indonesia 2022 Ilustrasi cicilan KPR | 89stocker/Shutterstock

Survei dari Bank Indonesia (BI) mengungkapkan bahwa kredit pemilikan rumah (KPR) masih menjadi pilihahan utama masyarakat Indonesia untuk memiliki unit hunian atau properti residensial.

Pada kuartal I (Q1) tahun 2022, sebesar 69,54 persen responden membeli unit hunian melalui fasilitas KPR yang disediakan oleh perbankan. Adapun survei ini dilakukan terhadap pengembang proyek perumahan yang terletak di 18 kota seluruh Indonesia.

Mengutip dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), KPR adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah. Saat ini terdapat 2 jenis KPR yang beredar di tanah air yakni KPR subsidi serta non subsidi.

Berbicara mengenai program KPR pilihan masyarakat Indonesia, survei Top Brand Index (TBI) merangkum 5 program KPR yang menjadi primadona pada tahun 2022. Program KPR dari bank mana sajakah yang berhasil masuk?

5 program KPR pilihan masyarakat Indonesia tahun 2022 | GoodStats

1. BTN

Bank BTN Sahabat Keluarga Indonesia
Logo BTN | btn.co.id

Peringkat pertama diraih oleh program KPR dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) atau yang akrab dikenal dengan BTN. Adapun program KPR BTN meraih skor TBI sebesar 28,90 persen pada tahun 2022.

Di antara bank yang memiliki program KPR terpopuler, BTN mencatatkan jumlah program KPR terbanyak dengan total sebanyak 9 program. Adapun variasi program KPR BTN di antaranya yakni KPR BP2BT, KPR BTN Subsidi, KPR BTN Mikro, KPR BTN Platinum, KPR BTN Gaess, Kredit Pemilikan Apartemen, Kredit Agunan Rumah (KAR) BTN, Kredit Ringan BTN, dan Kredit Bangun Rumah.

Di samping itu, KPR BTN juga berhasil mencatatkan jumlah pencarian terbanyak di Google dengan total 6.700 pencarian sepanjang tahun 2021 hingga Q1 tahun 2022.

2. KPR BCA

BCA - Lokasi BCA
Logo BCA | bca.co.id

Posisi ke-2 diraih oleh KPR PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dengan raihan sebesar 17,60 persen skor TBI pada tahun 2022.

BCA sendiri menyediakan 4 program KPR yang terdiri dari program KPR, Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), KPR Xtra, serta KPR Refinancing. Pada Q1 tahun 2022, BCA berhasil mencatatkan nilai aset sebesar Rp1.255,44 triliun yang berada di posisi ke-3.

Program KPR BCA juga menjadi program KPR yang paling banyak dicari ke-2 di Indonesia berdasarkan penelusuran Google. Adapun jumlah pencarian KPR BCA di Google mencapai angka 6.500 terhitung sejak tahun 2021 hingga Q1 tahun 2022.

3. BNI Griya

Bank Negara Indonesia - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo BNI | Wikimedia Commons

BNI Griya dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menempati posisi ke-3 program KPR pilihan masyarakat Indonesia pada tahun 2022. Adapun BNI Griya berhasil meraih skor TBI sebesar 12,60 persen.

BNI Griya merupakan fasilitas pembiayaan konsumtif yang dapat digunakan untuk tujuan pembelian salah satunya ialah rumah tinggal.

BNI Griya memiliki sejumlah keunggulan di antaranya seperti jangka waktu hingga 25 tahun, maksimal kredit 20 miliar, dapat mengajukan kredit secara online melalui eform BNI Griya, serta bebas memilih lokasi properti idaman.

Total BNI menawarkan 7 program KPR yang dapat dipilih oleh konsumen sesuai dengan kebutuhan dan profil masing-masing.

4. KPR BRI

Buka Rekening BRI | PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk.
Logo BRI | bri.co.id

Berikutnya, program KPR dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berada di posisi ke-4 dengan raihan skor TBI sebesar 9,90 persen pada tahun 2022.

KPR BRI merupakan salah satu yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. KPR BRI menempati posisi ke-3 program KPR dengan jumlah pencarian terbanyak di Google setelah BTN dan BCA. Adapun raihannya mencapai 4.800 pencarian.

BRI memiliki 2 jenis program KPR yakni KPR BRI serta KPR Sejahtera FLPP BRI. Di samping itu, BRI juga mencatatkan nilai aset tertinggi ke-2 yakni sejumlah Rp1.650,28 triliun pada Q1 tahun 2022.

5. KPR Mandiri

Brand Guideline Mandiri
Logo Bank Mandiri | bankmandiri.co.id

Posisi ke-5 program KPR pilihan masyarakat Indonesia tahun 2022 diraih oleh KPR dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. KPR Mandiri memperoleh skor TBI sebesar 9,10 persen.

Bank Mandiri menawarkan 7 program KPR di antaranya yakni Mandiri KPR Duo, Mandiri KPR Angsuran Berjenjang, Mandiri KPR Flexible, Mandiri KPR Take Over, Mandiri KPR Top Up, Mandiri KPR Milenial, dan KPR Mandiri Syariah.

KPR Mandiri menempati posisi ke-4 program KPR yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia berdasarkan hasil penelusuran Google pada tahun 2021 hingga Q1 tahun 2022. Hasilnya, KPR Mandiri mencatatkan 3.500 pencarian di Google sepanjang periode tersebut.

Di sisi lain, Bank Mandiri juga berhasil mencatatkan nilai aset terbesar di antara bank lainnya yang memiliki program KPR. Pada Q1 tahun 2022, Bank Mandiri terhitung memiliki aset senilai Rp1.734,08 triliun.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Mengukur Provinsi Paling Gaptek di Indonesia
Artikel Selanjutnya Prosesor Komputer dengan Skor Multi-Core Tertinggi di Tahun 2022 Versi Geekbench
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook