5 Negara Termudah untuk Dapatkan Kewarganegaraan di Eropa, Portugal Teratas

Portugal menjadi negara termudah untuk mendapatkan kewarnegaraan di wilayah Eropa dengan skor sebesar 8,5 poin.

5 Negara Termudah untuk Dapatkan Kewarganegaraan di Eropa, Portugal Teratas Ilustrasi seseorang mengajukan permohonan visa | Anna Stills/Shutterstock

Tiap negara memiliki asas kewarganegaraan bagi penduduk atau warganya sendiri. Kewarganegaraan dapat diperoleh dengan berbagai macam cara, baik dengan kelahiran maupun perkawinan. Namun, ada pula beberapa skenario di mana seseorang ingin mengganti kewarganegaraannya ke negara lain.

Selain berbagai peluang karir, sebagian negara-negara Eropa juga memiliki paspor terkuat di dunia. Persyaratan dan biaya untuk menjadi warga negara sangat bervariasi dari satu negara ke negara lain. Salah satu cara tercepat dan paling murah untuk mendapatkan kewarganegaraan di negara Eropa adalah melalui keturunan.

Selain itu, mereka yang bermigrasi ke negara Uni Eropa untuk bekerja atau melakukan bisnis, menikah dengan warga negara bersangkutan, telah menjalani perawatan medis yang ekstensif, atau memperoleh izin tinggal karena individu yang mandiri secara finansial merupakan syarat untuk naturalisasi.

Sementara itu, warga negara asing harus tinggal secara legal di negara bersangkuran untuk jangka waktu yang telah ditentukan, sekitar 3 hingga 5 tahun, tergantung negaranya, sebelum mengajukan permohonan kewarganegaraan melalui naturalisasi.

Daftar negara di wilayah Eropa termudah untuk dapatkan kewarnegaraan | Goodstats

Mengutip Insider Monkey, Portugal menjadi negara termudah untuk mendapatkan kewarnegaraan di Eropa. Selain Portugal, ada pula Malta, Swedia, Irlandia, dan Belgia. Adapun, sumber-sumber ini termasuk artikel dari majalah CEOWORLD, Global Residency & Citizenship Group, Global Citizenship Solution, VisaGuide.World, ASTONS, Fully-fundedScholarships, Nomad Capitalist, GoVisaFree, My Spain Visa, dan Sovspot. Berikut selengkapnya.

1. Portugal

Foto Coimbra University, Portugal | Hungry_Herbivore/Shutterstock

Portugal berada di tempat pertama dalam daftar negara-negara Eropa termudah untuk menjadi warga negara dengan skor 8,5 dan memiliki salah satu undang-undang kewarganegaraan yang paling cepat berkembang. Ini dikarenakan kriteria kewarganegaraannya yang mudah dan accesible.

Sementara, izin tinggal negara dapat diperoleh dengan belajar, bekerja, atau menikah dengan warga negara Portugis. Berdasarkan artikel Insider Monkey, mereka yang memiliki kemampuan bahasa Portugis dasar dan minimal lima tahun otorisasi tinggal diizinkan untuk menjadi warga negara. Namun, pemohon hanya perlu memegang izin tinggal dan tinggal di negara itu untuk sebagian besar periode ini tidak wajib.

2. Malta

Foto Desa Marsaxlokk, Malta | Patryk Kosmider/Shutterstock

Dengan program jalur cepat yang memberikan kewarganegaraan dalam waktu satu tahun dengan imbalan investasi setidaknya 750.000 Euro melalui program pemerintah, obligasi pemerintah, atau sumbangan kepada organisasi yang berwenang, Malta menawarkan proses aplikasi kewarganegaraan tercepat.

Di sisi lain, kewarganegaraan di negara lainnya dengan program investasi memerlukan investasi real estat sedikitnya 700.000 Euro dan memberikan kewarganegaraan dalam tiga tahun. Adapun, Malta menjadi negara kedua setelah Portugal dalam daftar negara-negara di Eropa yang memiliki akses termudah untuk mendapatkan kewarnegaraan dengan skor 5,6.

3. Swedia

Foto pemandangan Kota Stockholm, Swedia | Oleksiy Mark/Shutterstock

Swedia mengeluarkan izin tinggal bagi siapa saja yang ingin tinggal di sana lebih dari tiga bulan untuk tujuan bekerja, belajar, atau menetap bersama keluarga. Tanpa batasan bahasa dan hanya persyaratan tinggal 5 tahun, Swedia memiliki beberapa undang-undang kewarganegaraan paling lunak di seluruh Eropa. Ini menempatkan Swedia pada posisi ketiga dengan skor 5 poin.

Dari perspektif ekonomi, Swedia adalah salah satu negara paling maju di Eropa. Hal tersebut dapat menjadi magnet untuk menarik pengunjung dari seluruh dunia yang datang untuk bekerja atau memulai bisnis di negara ini.

Sementara itu, visa investor Swedia menjadi lebih menarik, karena ekonomi negara itu pulih setelah pandemi Covid-19. Ini membutuhkan 100.000 Euro dan pemohon harus memindahkan bisnis mereka ke Swedia atau mendirikan satu di sana.

4. Irlandia

Potret pemandangan di Kota Dublin, Irlandia | Mardugada Verde/Shutterstock

Tercatat, sebanyak 3.500 pelamar dari 130 negara telah menjadi warga negara Irlandia pada tahun 2022 lalu. Selain sektor teknologi, sektor kesehatan dan ritel Irlandia juga menarik sejumlah besar pekerja asing terampil.

Irlandia menjadi negara keempat dalam daftar negara dengan kemudahan akses kewarnegaraan di Eropa dan mendapatkan skor 3,8 poin. Permohonan tempat tinggal di Irlandia biasanya dapat diperoleh dengan cepat, dalam waktu sekitar dua bulan, dan kewarganegaraan dapat diperoleh setelah lima tahun jika semua persyaratan dilengkapi.

Kemudian, pemohon tidak perlu memenuhi persyaratan bahasa apa pun, dan negara tersebut secara khusus menyambut individu yang dapat memberikan bukti keturunan Irlandia mereka. Sementara, investor harus menginvestasikan uangnya minimal satu juta euro selama tiga tahun agar memenuhi syarat kewarnegaraan dengan investasi. Selain itu, kandidat juga harus menunjukkan kekayaan bersih minimal dua juta Euro.

5. Belgia

Potret pemandangan di sepanjang kanal di Bruges, Belgia | Botond Horvard/Shutterstock

Hampir 220.000 ekspatriat terdaftar tinggal di Belgia, menurut kantor berita Belgia. Komunitas asing di Brussels menyumbang hingga 20% dari PDB Wilayah Ibu Kota Brussel. Profesional sangat diminati di sejumlah sektor di Belgia, termasuk real estat, teknik, kesehatan masyarakat, pendidikan, layanan sosial, dan teknologi informasi.

Kebijakan imigrasi Belgia tergolong cukup mudah. Seorang pelamar harus secara konsisten tinggal dan bekerja di Belgia setidaknya selama lima tahun untuk menjadi warga negara. Ini menjadikan Belgia menduduki peringkat kelima dalam daftar dengan skor sebesar 3,8 poin.

Agar memenuhi syarat untuk mengajukan kewarganegaraan Belgia, pemohon harus tinggal di negara itu selama minimal lima tahun. Syarat selanjutnya ialah pemohon harus menunjukkan partisipasi ekonomi dengan pajak dan kontribusi jaminan sosial, dan dapat berbicara setidaknya satu dari bahasa nasional negara seperti Belanda, Jerman, atau Prancis.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Daftar Negara dengan Konsumsi Energi Hydropower Terbesar di Dunia

Merujuk laporan Energy Institute (EI), China menjadi negara dengan konsumsi energi listrik dari tenaga air terbesar di dunia pada 2022

Perusahaan Media Besar di Dunia Lakukan PHK Massal, Ini Daftarnya

Berbagai media terkenal di dunia telah melakukan PHK besar-besaran terhadap karyawannya per April 2023 karena resesi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook