5 Negara Asia Tenggara dengan Paspor Terkuat

Singapura menjadi negara Asia Tenggara dengan paspor terkuat dan memiliki akses bebas visa di 194 negara.

5 Negara Asia Tenggara dengan Paspor Terkuat Paspor negara Singapura terkuat di Asia Tenggara | Dokument by Reborn Project Media

Paspor merupakan syarat penting saat akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Kekuatan paspor di setiap negara berbeda-beda, tergantung pada seberapa banyak akses bebas visa di luar negeri yang dimilikinya.

Di Asia Tenggara, kekuatan paspor bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti hubungan diplomatik, kebijakan imigrasi, dan perjanjian visa antar negara.

Beberapa negara di Asia Tenggara memiliki paspor yang cukup kuat, memberikan akses bebas visa ke sejumlah besar negara.

Menurut laporan Henley and Partners, Singapuran menjadi negara dengan paspor terkuat di Asia Tenggara di banding dengan negara tetangga lainnya. Singapura memiliki akses bebas visa di 194 negara.

Alasan Singapura memiliki paspor kuat karena stabilitas politiknya yang tinggi, ekonomi maju, dan reputasinya sebagai pusat keuangan dan bisnis global.

Singapura juga memiliki hubungan diplomatik yang luas dan kebijakan imigrasi yang teratur sehingga membuat paspor negara ini memberikan akses bebas visa atau visa on arivval ke sejumlah negara di dunia.

Selanjutnya negara dengan paspor terkuat di Asia Tenggara yaitu Malaysia dengan akses bebas visa di 182 negara. Sama dengan Singapura, Malaysia memiliki stabilitas politik yang tinggi, ekonomi berkembang, dan hubungan politik yang baik dengan banyak negara di dunia.

Malaysia juga memiliki kebijakan imigrasi yang teratur dan negara dengan tujuan wisata yang populer sehingga membuat negara ini memiliki paspor yang kuat.

Posisi ketiga ada negara Brunei Darussalam dengan akses bebas visa di 168 negara. Brunei memiliki paspor kuat karena negara ini memiliki ekonomi yang stabil berkat sumber daya alam yang banyak, stabilitas politik yang tinggi, dan kebijakan luar negeri yang proaktif.

Brunei memiliki hubungan yang baik dengan berbagai negara di dunia sehingga memungkinkan negara ini memiliki akses bebas visa ke sejumlah negara di dunia. Populasi yang kecil juga dapat mempermudah administrasi dan pemantauan warga negaranya.

Posisi keempat yaitu negara Timor Leste dengan akses bebas visa ke 96 negara. Timor Leste memiliki paspor kuat karena baru merdeka dan menerapkan kebijakan imigrasi yang terbuka. Kehadiran berbagai perjanjian internasional serta hubungan diplomatik membantu meningkatkan kekuatan paspor negara ini.

Posisi kelima yaitu negara Thailand dengan akses bebas visa ke 82 negara. Thailand memiliki stabiltas politik relatif tinggi, ekonomi yang berkembang pesat, dengan sektor pariwisata yang besar.

Thailand memiliki destinasi wisata yang populer dan tidak sedikit wisatawan dari berbagai negara datang ke Thailand. Thailand juga memiliki hubungan diplomatik yang luas sehingga memungkinkan negara ini memiliki bebas visa ke negara-negara di dunia.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Denmark, Negara dengan Indeks Kinerja Perubahan Iklim Tertinggi di Dunia

Denmark dinobatkan menjadi negara dengan indeks kinerja perubahan iklim tertinggi dengan skor 75,59 pada tahun 2023.

5 Kereta Tercepat di Asia Tenggara, Whoosh Peringkat Pertama?

Whoosh kereta cepat milik Indonesia menempati posisi pertama sebagai kereta tercepat di Asia Tenggara dengan jarak tempuh mencapai 350km/jam.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X