5 Merek Laptop Pilihan Masyarakat Indonesia Tahun 2022

Rilisan teranyar Top Brand Index 2022 mengungkapkan peringkat berbagai merek terbaik pilihan konsumen Indonesia, salah satunya pada kategori laptop.

5 Merek Laptop Pilihan Masyarakat Indonesia Tahun 2022 Ilustrasi laptop | OlegRi/Shutterstock

Frontier Group telah merilis laporan teranyar Top Brand Index 2022 fase 1 dan 2. Survei ini melibatkan 8.500 responden yang terdiri dari 6.000 sampel random, 1.700 sampel booster, dan 800 sampel booster B2B untuk fase pertama.

Terdapat 3 parameter yang digunakan untuk mengukur suatu merek agar memperoleh predikat top brand. Ketiga parameter tersebut di antaranya ialah kesadaran akan merek (top of mind), penggunaan terakhir (last usage), dan niat membeli kembali (future intention).

Pengukuran 3 parameter ini nantinya akan menghasilkan Top Brand Index. Agar dapat dikategorikan sebagai top brand, sebuah merek perlu memenuhi 2 kriteria yakni memiliki Top Brand Index minimal 10 persen dan menurut hasil survei, merek tersebut menempati posisi 3 teratas dalam kategori produk.

Terdapat beberapa kategori produk yang diukur dalam Top Brand Index, salah satunya ialah laptop yang termasuk dalam kategori produk telekomunikasi atau IT. Berdasarkan laporan Top Brand Index, merek laptop manakah yang jadi pilihan masyarakat Indonesia pada tahun 2022?

5 merek laptop pilihan masyarakat Indonesia berdasarkan Top Brand Index tahun 2022 | Agaphier/GoodStats

1. Acer

Laptop Acer Aspire 3 A315-23 cu procesor AMD Ryzen™ 3 3250U, 15.6", Full  HD, 8GB, 256GB SSD, AMD RAdeon™ Graphics, No OS, Silver - eMAG.ro
Laptop Acer | emag.ro

Acer berhasil menempati peringkat pertama merek laptop pilihan masyarakat Indonesia pada tahun 2022. Adapun laptop Acer berhasil meraup skor Top Brand Index sebesar 27,1 persen.

Raihan ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya di mana Acer memperoleh skor Top Brand Index sebesar 26 persen, menempatkannya di posisi ke-2 di bawah laptop merek Asus pada tahun 2021.

Penghargaan ini menjadi yang ke-15 kalinya secara berturut-turut diperoleh oleh Acer. Acer telah menerima penghargaan top brand sejak tahun 2008.

“Penghargaan ini membuktikan bahwa Acer merupakan merek laptop terdepan yang telah sukses mempertahankan ekuitas mereknya,” tutur Handi Irawan D. selaku Chief Executive Officer (CEO) Frontier Consulting Group dikutip dari Warta Ekonomi.

Saat ini Acer telah meluncurkan sejumlah tipe produk laptop yang diperuntukkan mulai dari pelajar, pekerja kantoran, hingga gamers. Adapun tipe-tipe merek laptop Acer di antaranya ialah Aspire, Swift, Spin, ConceptD, hingga Predator.

2. Asus

Zenbook 14 UX425 (11th Gen Intel)|Laptopuri Pentru Acasă|ASUS România
Laptop Asus | asus.com

Posisi ke-2 diraih oleh merek laptop Asus yang menorehkan skor Top Brand Index sebesar 24,8 persen pada tahun 2022.

Sebelumnya, pada tahun 2021 Asus berhasil meraih peringkat pertama Top Brand Index untuk kategori laptop. Adapun raihan Top Brand Index untuk laptop merek Asus pada tahun 2021 mencapai 27,9 persen.

Asus juga menyediakan variasi produk laptop yang beragam sesuai dengan kebutuhan pengguna baik untuk kebutuhan produktivitas ringan sehari-hari hingga menjalankan software atau game berat. Beberapa tipe laptop Asus yang saat ini beredar di pasaran antara lain ialah Zenbook, Vivobook, ProArt Studiobook, Republic of Gamers (ROG), hingga TUF Gaming.

Di samping itu, Asus juga saat ini berfokus untuk mengembangkan lini produk laptop berukuran 15 inci yang dinilai memiliki kelebihan dalam meningkatkan produktivitas pengguna. Tak hanya itu saja, ASUS juga mulai memperkenalkan laptop dengan layar berteknologi OLED yang menghasilkan warna lebih akurat dibandingkan layar IPS.

3. Lenovo

IdeaPad Gaming 3i (15, Intel) | Lenovo India
Laptop Lenovo | lenovo.com

Sementara itu, Lenovo menempati posisi ke-3 merek laptop pilihan masyarakat Indonesia pada tahun 2022 versi Top Brand Index. Adapun skor Top Brand Index yang berhasil diraih oleh Lenovo ialah sebesar 10,3 persen.

Raihan ini berhasil membawa Lenovo pada predikat Top Brand mengikuti jejak Acer dan Asus. Beberapa tipe laptop Lenovo yang saat ini beredar pun memiliki beragam variasi sesuai kebutuhan pengguna seperti seri ThinkPad, IdeaPad, YOGA, hingga Legion.

4. Apple

Bun venit la informațiile esențiale despre MacBook Air - Apple Support (RO)
Macbook Air | support.apple.com

Apple dengan lini produk laptop yang diberi nama MacBook berhasil memperoleh posisi ke-4 Top Brand Index tahun 2022. Apple mencatatkan skor indeks sebesar 11 persen pada penilaian tahun ini.

Tidak seperti merek lainnya yang cenderung memiliki banyak tipe produk mulai dari komputasi harian hingga gaming, Apple menghadirkan 2 tipe laptop saja yakni MacBook Air dan MacBook Pro.

Secara singkat, MacBook Air memiliki desain tipis dan ringan dengan kekuatan yang besar. Sementara itu, MacBook Pro menawarkan beragam fitur profesional dengan performa super serta dilengkapi sistem termal canggih.

5. HP

HP Pavilion Laptop 14-dv0147nia | HP® Official Site
Laptop HP | hp.com

Posisi ke-5 merek laptop pilihan masyarakat Indonesia tahun 2022 berhasil diamankan oleh HP. Merek yang merupakan singkatan dari Hewlett-Packard ini meraih skor Top Brand Index sebesar 6 persen.

Adapun tipe-tipe laptop merek HP yang saat ini dirilis dan beredar di pasar antara lain mencakup seri Pavilion, ENVY, Spectre, OMEN, hingga VICTUS.

Merek laptop HP berhasil meraih popularitas lebih tinggi pada kalangan generasi Z. Hal tersebut dibuktikan dengan raihan Top Brand For Gen-Z Index sebesar 11,8 persen pada tahun 2022, menempatkannya di posisi ke-3 merek laptop pilihan generasi Z setelah Asus (26,5 persen) dan Acer (18,3 persen).

==

Mari menjadi bagian responden survei GoodStats mengenai "Prevelensi Liburan Masyarakat Indonesia" dengan mengisi link survei berikut.

https/LiburanSobatGoodstats

Hadiah saldo eMoney bagi responden terpilih

 

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Negara Tujuan Ekspor Perhiasan Terbesar Indonesia 2021
Artikel Selanjutnya Daftar Negara dengan Indeks Pasar Ritel Terbesar, Indonesia Peringkat Berapa?
Konten Terkait