5 Maskapai Penerbangan Pilihan Masyarakat Indonesia

Garuda Indonesia masih menjadi pilihan utama maskapai penerbangan oleh masyarakat Indonesia, menurut Top Brand Index 2022.

5 Maskapai Penerbangan Pilihan Masyarakat Indonesia Pesawat Garuda Indonesia | Shutterstock

Meski biaya transportasi melalui pesawat terbilang cukup mahal, Survei Preferensi Liburan Masyarakat Indonesia yang dilakukan GoodStats menunjukkan bahwa pesawat jadi pilihan kendaraan umum kedua dari responden untuk berlibur dengan persentase 27,7 persen.

Sementara itu, Top Brand Award, pionir indikator performa merek di Indonesia pun melakukan pemeringkatan terhadap maskapai penerbangan di Indonesia. Perlu diketahui, bahwa dalam menghasilkan pemeringkatan, Top Brand telah melakukan riset performa merek dan survei terhadap ribuan responden. Adapun ukuran dari performa merek yang dimaksud Top Brand didasarkan pada Mind Share, Market Share dan Commitment Share.

Berikut adalah lima maskapai penerbangan pilihan masyarakat Indonesia menurut hasil survei Top Brand Indeks 2022.

5 Maskapai Pilihan Masyarakat Indonesia 2022 | Zizi/Goodstats

1. Garuda Indonesia

Ilustrasi Penerbangan Garuda Indonesia | Shutterstock

Di posisi pertama, ada Garuda Indonesia, maskapai penerbangan milik negara di bawah Kementerian BUMN. Meski ada berbagai gejolak yang hadir di internal, faktanya Garuda masih menjadi top of mind bagi masyarakat Indonesia.

Hal ini diperkuat dengan hasil survei Top Brand Indeks 2022. Garuda bertengger pada posisi pertama sebagai maskapai pilihan masyarakat dengan indeks persentase 29,7 persen.

2. Citilink

Pesawat Citilink Lepas Landas | Shutterstock

Citilink merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia. Sebuah unit bisnis strategis yang sengaja dirancang untuk alternatif penerbangan dengan biaya rendah di Indonesia.

Dalam pemeringkatan Top Brand Indeks 2022, Citilink berhasil menempati posisi kedua, tepat di bawah induk perusahaannya dengan indeks persentase 23 persen.

3. Lion Air

Pesawat Lion Air | Shutterstock

Posisi berikutnya ditempati oleh Lion Air dengan perolehan indeks 10,1 persen. Berbeda dengan dua maskapai penerbangan sebelumnya, Lion Air merupakan maskapai penerbangan milik swasta terbesar di Indonesia.

Tarif tiket sempat mahal sebab kenaikan biaya avtur, kini Lion Air mengatur strategi dan berkomitmen untuk turut menstabilkan kembali harga tiket pesawat.

4. Air Asia

Ilustrasi Penerbangan Pesawat Air Asia | Shutterstock

Air Asia juga merupakan jenis maskapai penerbangan dengan tarif rendah. Perusahaan penerbangan swasta asal Malaysia ini berpusat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Telah berdiri sejak 1993, Air Asia cukup menarik minat masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan hasil top brand indeks Air Asia yang menduduki peringkat ke-4 dengan indeks persentase 9,7 persen.

5. Batik Air

Pesawat Batik Air | Shutterstock

Di posisi berikutnya, ditempati oleh Batik Air. Anak perusahaan Lion Air ini berhasil memeroleh peringkat ke-5 dengan indeks persentase sebesar 9 persen.

Informasi teranyar, Batik Air akan membuka jadwal penerbangan baru Bali-Labuan Bajo pergi pulang (PP) pada 1 September 2022. Tawaran harga tiketnya pun menarik, yakni mulai Rp 1,4 juta. Harga tersebut berlaku baik saat hari kerja maupun akhir pekan.

Penulis: Galih Ayu Palupi
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya BPS: Pengangguran di Indonesia Didominasi Lulusan SMK
Artikel Selanjutnya Citayam Fashion Week dan Pro Kontra Dibaliknya
Konten Terkait