5 Kota Tertua di Indonesia, Ada yang Berdiri Sejak Abad ke-7

Sebagai negara yang beragam dan kaya akan sejarah, Indonesia memiliki kota-kota tertua yang sudah ada sejak tahun masehi.

5 Kota Tertua di Indonesia, Ada yang Berdiri Sejak Abad ke-7 Ilustrasi Indonesia Tempo Dulu. Sumber: Portal Informasi Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan beragam sejarah dan budaya yang melengkapinya. Dari Sabang sampai Merauke, terdapat berbagai daerah dengan keunikannya masing-masing. Sejak merdeka tahuun 1945 lalu, tentu telah banyak peruabahan dari segi budaya maupun letak geografis.

Perluasan provinsi, hingga kemunculan kota-kota baru di Indonesia merupakan dampak dari perkembangan yang dialami semenjak kemerdekaan telah berlangsung. Sejak tahun 1945, DKI Jakarta dikenal sebagai Ibukota Indonesia. Namun, hal tersebut tidak menjadikan Kota Jakarta sebagai kota tertua di Indonesia.

Bila kita telusuri kembali sejarahnya, kota tertua di Indonesia ada di Pulau Sumatera. Dalam buku yang berjudul “Asal-usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doeloe” karya Zaenuddin HM, berikut lima kota tertua di Indonesia.

1. Palembang (682 Masehi)

Sumber: ASIK Bapedda Litbang Kota Palembang

Seperti yang tertulis pada Prasasti Kedukan Bukit, Palembang berdiri sejak abad ke-7, tahun 682 Masehi. Bila ditinjau dari topografinya, Palembang merupakan kota yang dikeliling oleh air. Air tersebut bersumber dari air hujan, rawa, dan sungai. Maka dari itu, menurut bahasa Melayu, Palembang, lembang, atau lembeng adalah genangan air.

2. Salatiga (750 Masehi)

Sumber: Website Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Berdasarkan sumber dari Prasasti Plumpungan, Salatiga sudah berdiri sejak tahun 750 Masehi. Salatiga merupakan kota yang strategis, karena letaknya yang diapit oleh dua kota besar lainnya, yaitu Semarang dan Solo. Pada zaman Belanda dahulu, Kota Salatiga ini disebut sebagai kota terindah di Jawa Tengah, sehingga akan banyak ditemukan banyak rumah peninggalan Belanda serta adanya tempat wisata alam yang indah.

3. Kediri (879 Masehi)

Sumber: Website Resmi Pemerintah Kota Kediri

Dalam Prasasti Kwak yang berasal dari daerah Kuwak, tertulis bahwa Kediri adalah kota yang telah ada sejak tahun 879 Masehi. Sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, tentu adat istiadat dan budayanya pun terbilang cukup kental. Kediri memiliki ritualnya tersendiri bila memperingati hari jadi kota. Setiap tahunya, diadakan ritual adat yang Bernama Manusuk Sima. Prosesi ritual adat ini adalah napak tilas sebuah peristiwa 1.141 tahun yang lalu mengenai sejarah dari berdirinya Kediri.

4. Magelang (907 Masehi)

Sumber: Visit Magelang

Berdiri tahun 907 Masehi, sejarah Kota Magelang berasal dari desa perdikan Mantyasih, yang sekarang lebih dikenal dengan Kampung Meteseh di Kelurahan Magelang. Bila kita ingin menelusuri kembang sejarah dari Magelang, sumber prasasti yang dapat menjadi rujukan adalah Prasasti Poh, Prasasti Gilikan, dan Prasati Mantyasih.

5. Banda Aceh (1205 Masehi)

Sumber: Indonesia Travel

Banda Aceh telah berdiri sejak 1205 Masehi lalu. Kota yang sekarang sudah berusia 818 tahun ini dibangun oleh Sultan Johan Syah. Kota Banda Aceh merupakan kota Islam tertua di Asia Tenggara, sehingga kota ini memiliki peran atau andil yang sangat penting dalam penyebaran agama Islam ke seluruh Indonesia. Pada saat masa jayanya, kota ini dikenal sebagai kota regional utama yang dikenal sebagai pusat pendidikan Islam. Sehingga, banyak pelajar dari berbagai belahan dunia khusunya Timur Tengah dan India sebagai tempat menimba ilmu.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ketimpangan Gender Indonesia Makin Tipis, Kesetaraan di Depan Mata

Apakah kesetaraan gender di Indonesia dapat dicapai dalam waktu dekat?

Pengangguran Indonesia Turun 0,79 Juta Penduduk

Jumlah pengangguran di Indonesia menurun perlahan, bersamaan dengan meningkatnya pekerja dengan tamatan pendidikan diploma dan sarjana.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X