5 Klub Premier League Paling Boros di Bursa Transfer Musim Dingin 22/23, Chelsea Teratas

Bahkan, The Blues jadi klub dengan pengeluaran terbanyak di dunia untuk belanja pemain paling boros pada periode kali ini.

5 Klub Premier League Paling Boros di Bursa Transfer Musim Dingin 22/23, Chelsea Teratas Skuad Chelsea di musim ini | WorldFootball.Net

Salah satu liga sepak bola paling kompetitif di dunia, Premier League atau Liga Inggris telah mencapai paruh musim 22/23 Januari ini. Selain itu, bursa transfer musim dingin juga telah ditutup pada Selasa (31/1).

Periode ini dimanfaatkan oleh tiap klub Liga Inggris dengan “berbelanja” pemain agar timnya masing-masing dapat bertahan, bahkan meningkatkan performanya hingga akhir musim nanti. Salah satu yang menjadi sorotan adalah Liverpool dan Chelsea, sebab kedua tim tersebut kini sedang berusaha keras untuk kembali bercokol ke posisi papan atas.

Liverpool sendiri telah mendatangkan dua amunisi barunya pada transfer musim dingin kali ini. Ialah penyerang Cody Gakpo dan bek tengah Rhys Williams yang per Akhir Januari kemarin telah berseragam The Reds.

Chelsea sendiri menjadi klub yang "jor-joran" dalam menggaet pemain untuk meningkatkan performa timnya. Bahkan, The Blues telah mendatangkan total sembilan pemain pada periode kali ini untuk membantu timnya menanjak dari posisi 10 besar yang kini tengah didudukinya.

Berbagai macam strategi yang berbeda juga dilakukan oleh kumpulan tim berjuluk Big 6 di Liga Inggris pada periode transfer musim dingin kali ini. Lalu, siapa sajakah lima klub yang paling boros dalam "belanja" pemain pada periode musim dingin kali ini?

5 klub Liga Inggris dengan pengeluaran terbanyak di bursa transfer musim dingin 22/23 | GoodStats

1. Chelsea FC = 329,5 juta Euro

Skuad Chelsea pada musim 2021/2022 lalu | Sipa USA/PA Images

Klub yang bermarkas di Stamford Bridge ini menjadi tim yang paling habis-habisan menguras kantongnya untuk belanja pemain pada periode kali ini. Bahkan, The Blues jadi klub dengan pengeluaran terbanyak di dunia untuk belanja pemain paling boros pada periode kali ini.

Dengan dana sebesar 329,5 juta Euro atau sekitar Rp5,3 triliun, Chelsea berhasil mendatangkan sembilan pemain, antara lain Enzo Fernandez, Mykhaylo Mudryk, B. Badiashile, Noni Madueke, Malo Gusto, Andrey Santos, David Fofana, Joao Felix, dan Gabriel Slonina. Meskipun begitu, Chelsea juga berhasil mendapat 11,3 juta Euro dari hasil penjualan salah satu gelandang andalannya, Jorginho ke Arsenal.

2. Southampton FC = 63,3 juta Euro

Skuad Southampton di musim ini | Matt Watson (Southampton FC)/Getty Images

Meskipun bukan klub Big 6, Southampton menjadi klub terboros kedua pada periode transfer kali ini. Menghabiskan total 63,25 juta Euro atau sekitar Rp1 triliun, klub yang saat ini dimanajeri oleh Nathan Jones ini berhasil mendapatkan total tujuh pemain.

Mendatangkan Kamaldeen Sulemana dari klub Prancis Rennes menjadi pembelian termahal yang dilakukan Southampton kali ini. Selain itu, Southampton juga berhasil memboyong Paul Onuachu, Carlos Alcaraz, Mislav Orsic, James Bree, serta meminjam Jan Bednarek dan Dan N'Lundulu yang langsung dipinjamkan lagi ke klub Divisi 1 Inggris, Bolton.

Hingga Sabtu (4/2), Southampton tengah menduduki posisi juru kunci dengan torehan poin 15 atau sama dengan koleksi poin Everton. Southampton baru empat kali menang dan tiga kali imbang, serta menelan 13 kali kekalahan.

3. Arsenal FC = 60,3 juta Euro

Penggawa Arsenal pada musim 2021/2022 lalu | Pain In The Arsenal

Transfer dengan pengeluaran terbanyak ketiga dilakukan oleh pemuncak klasemen sementara hingga Sabtu (4/2), Arsenal FC. Klub yang bermarkas di Emirates Stadium ini telah merogoh kocek sebesar 60,3 juta Euro atau sekitar Rp985 miliar.

Dari dana tersebut, Klub London Merah tersebut berhasil mendapatkan Jakub Kiwor dari klub Italia, Spezia; Leandro Trossard dari Brighton; dan Jorginho dari Chelsea. Meskipun begitu, Arsenal juga kehilangan tiga pemainnya karena harus dipinjam ke beberapa klub antara lain Albert Lokonga ke Crystal Palace, Marquinhos ke Norwich, dan Cedric Soares ke Fulham.

AFC Bournemouth = 56,2 juta Euro

Penggawa Bournemouth di musim ini | WorldFootball.Net

Klub yang saat ini juga tengah duduk di papan bawah, Bournemouth masuk ke tim keempat dengan pengeluaran transfer terbanyak pada periode kali ini. Klub berjuluk The Cherries tersebut telah merogoh kocek sebanyak 56,2 juta Euro atau sekitar Rp918 miliar.

Dengan pengeluaran tersebut, klub yang tengah diasuh oleh Gary O'Neil tersebut berhasil mendapatkan 7 pemain, antara lain Ilya Zabarnyi, Dango Ouattara, Antoine Semenyo, Matias Vina, Darren Randolph, Hamed Traore, dan Gavin Kilkenny. Namun, Bournemouth juga harus meminjamkan tujuh pemainnya, seperti Emiliano Marcondes, Ben Pearson, dan S. Dembele.

5. Newcastle United = 49,4 juta Euro

Para penggawa Newcastle United bersama sang keluarga | Sports Mole

Klub berjuluk The Magpies ini telah merogoh kocek sebanyak 49,35 juta Euro atau sekitar Rp806 miliar pada periode bursa transfer kali ini. Dengan dana tersebut, Newcastle berhasil mendatangkan lima pemain antara lain Anthony Gordon dari Everton, Harrison Ashby dari West Ham U21, Garang Kuol dari Central Coast, serta meminjam M. Dubravka dari Manchester United dan Matty Longstaff dari Colchester United.

Namun, klub yang bermarkas di St. James Park ini harus meminjamkan empat pemainnya ke klub lain, seperti Jonjo Shelvey dan Chris Wood ke Nottingham Forest dan Karl Darlow ke Hull City.

Saat ini, Newcastle United tengah menduduki posisi tiga besar klasemen sementara dengan koleksi poin sebanyak 39 atau sama dengan Manchester United. Newcastle berhasil menang sebanyak 10 kali, imbang 9 kali, dan baru menelan satu kekalahan.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Resmi! Indonesia Duduki Peringkat 5 Besar Asia dalam Ranking Futsal Wanita

Indonesia berada di peringkat 5 Asia dan 14 dunia dalam ranking futsal wanita versi FIFA 2024.

Indonesia Bidik Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027, UEA dan Arab Saudi Beri Dukungan

Indonesia akan ikut bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2027. Dari 24 edisi, sudah ada 21 negara yang menjadi tuan rumah turnamen ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X