5 Jenis Kopi Favorit di Indonesia, Lebih Banyak Kopi Manis?

Mulai dari olahan kopi pahit hingga olahan kopi manis, berikut jenis-jenis kopi favorit masyarakat Indonesia.

5 Jenis Kopi Favorit di Indonesia, Lebih Banyak Kopi Manis? Ilustrasi Kopi. Photo by onlyyouqj from Freepik

Kopi adalah minuman yang digemari di Indonesia. Selain dapat diminum untuk menghilangkan rasa kantuk, kopi juga dinikmati karena rasanya yang nikmat dan aromanya yang kaya.

Baru-baru ini, Goodstats mengadakan survei terkait pola konsumsi kopi orang Indonesia di tahun 2024. Tidak hanya menanyakan terkait pola konsumsi, Goodstats turut bertanya terkait jenis kopi yang paling diminati masyarakat Indonesia ketika menyambangi kedai kopi.

Berikut hasil dari lima jenis kopi favorit masyarakat Indonesia di tahun 2024.

1. Cappuccino

Ilustrasi Cappuccino. Photo by freestockcenter from Freepik
Ilustrasi Cappuccino. Photo by freestockcenter from Freepik

Cappuccino merupakan olahan kopi yang cenderung manis. Jenis kopi ini terdiri dari espresso, busa dari susu (milk foam) dan susu steamed (steamed milk).

Berdasarkan survei Goodstats, sebanyak 25% memilih cappuccino sebagai jenis kopi favoritnya. Hasil tersebut lantas menjadikan cappuccino sebagai juara pertama bagi penikmat kopi di Indonesia.

Berbicara tentang cappucciono, jenis kopi ini rupanya memiliki variasi selain susu. Di beberapa belahan negara, terdapat olahan cappuccino yang menggunakan krim sebagai pengganti susu. Bagi orang yang tidak bisa minum susu diary, maka cappuccino dapat diolah bersama susu nabati (non-dairy milk).

Selain olahan susu, cappuccino juga punya banyak varian berdasarkan rempahnya. Di Amerika Serikat, cappuccino diberi rempah kayu manis, sedangkan di Eropa dan Australasia lebih suka menggunakan bubuk cokelat sebagai tambahan cappuccino.

2. Americano

Ilustrasi Americano. Photo by mdjaff from Freepik
Ilustrasi Americano. Photo by mdjaff from Freepik

Kopi americano menjadi favorit kedua bagi pecinta kopi di Indonesia. Pasalnya berdasarkan hasil survei Goodstats, americano menjadi pilihan utama 23% responden pada kategori jenis kopi favorit di coffee shop.

Americano sendiri dapat dikategorikan sebagai olahan kopi yang ‘pahit’. Usut punya usut, rupanya americano adalah olahan kopi dari campuran espresso dan air saja. Maka tidak heran apabila rasanya yang cenderung pahit karena tidak ditambahkan condiment susu dan krim.

Meski rasanya cenderung pahit, nyatanya americano masih jadi jenis kopi favorit di Indonesia maupun mancanegara. Di Korea Selatan misalnya, americano jadi salah satu pilihan kopi ketika mengunjungi coffee shop. Rupanya proses pembuatan yang cepat dan harganya yang cenderung lebih murah menjadikan americano pilihan utama masyarakat Negeri Ginseng tersebut.

3. Caffe Latte

Ilustrasi Latte. Photo by jannoon028 from Freepik
Ilustrasi Latte. Photo by jannoon028 from Freepik

Caffe latte berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai jenis kopi yang paling disukai masyarakat Indonesia, terbukti dari 17% responden survei Goodstats yang berpendapat demikian.

Caffee latte merupakan olahan kopi yang terdiri dari espresso, susu panas dan busa dari susu. Sekilas, proporsi tersebut sama dengan kopi jenis cappuccino. Namun rupanya, rasio susu pada caffe latte lebih banyak dibandingkan cappuccino. Sehingga, rasa caffe latte lebih ‘milky’ ketimbang cappuccino.

Berdasarkan laman Nescafe, caffe latte sendiri berasal dari bahasa Italia. Caffe artinya “kopi” dan latte berarti “susu”. Sehingga secara harfiah, caffe latte berarti kopi susu.

4. Espresso

Ilustrasi Espresso. Photo by zirconicusso from Freepik
Ilustrasi Espresso. Photo by zirconicusso from Freepik

Espresso adalah jenis kopi favorit keempat bagi masyarakat Indonesia, di mana varian ini berhasil memperoleh suara dari 14% responden Goodstats.

Espresso adalah kopi yang paling utama digunakan sebagai minuman kopi lain. Pasalnya, banyak olahan kopi lain yang menggunakan espresso sebagai campuran.

Jenis kopi ini dihasilkan dari metode penyeduhan kopi dengan air yang hampir mendidih dan biji kopi yang digiling halus. Dari situ akan didapatkan olahan espresso yang kental dengan rasa dan aroma yang kaya.

5. Moccacino

Ilustrasi Moccacino. Photo by Freepik
Ilustrasi Moccacino. Photo by Freepik

Moccacino juga menjadi jenis kopi favorit masyarakat Indonesia. Berdasarkan survei Goodstats, olahan kopi ini memperoleh suara sebesar 11% dari responden survei.

Di beberapa tempat, moccacino punya nama lain yaitu caffe mocha. Olahan kopi ini disebut lebih condong punya rasa seperti coklat dan umumnya lebih sering disajikan di gelas ketimbang mug.

Rasa coklat yang kaya di moccacino rupanya berasal dari perasa cokelat yang dicampurkan ke dalam racikan kopi ini, di mana biasanya moccacino terdiri dari espresso, susu panas dan bubuk kakao atau gula. Beberapa ada yang menggunakan sirup coklat dengan rasa coklat yang pahit (dark chocolate) maupun coklat yang sudah dicampur susu (milk chocolate).

Rupanya, asal nama moccacino diambil dari salah satu kota di Yaman, yaitu Mokha. Pada zaman barter kopi, Mokha merupakan salah satu pusat pertukaran kopi terbesar, hingga menjadi salah satu nama jenis kopi.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Street Food Paling Enak Sedunia, Makanan Indonesia Mendominasi!

Enak dan murah, berikut jajanan jalanan terenak di dunia versi Taste Atlas.

Air Mineral Kemasan Favorit Orang Indonesia Saat Berbuka Puasa di 2024

Survei "Pola Perilaku Masyarakat Saat Ramadan & IdulFitri 2" mengungkap brand air mineral favorit saat berbuka puasa. Kira-kira mana yang paling banyak dipilih?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X