5 Dokter Spesialis Paling Langka di Indonesia

Dokter spesialis merupakan dokter dengan keahlian khusus di bidangnya untuk menangani penyakit-penyakit berat.

5 Dokter Spesialis Paling Langka di Indonesia Ilustrasi Dokter | Dokument by Alodkoter

Dokter spesialis merupakan dokter yang memiliki fokus praktik lebih terbatas dan khusus dalam bidang tertentu, seperti bedah, kardiologi, atau onkologi.

Dokter sepesialis ini memiliki pengetahuan mendalam di bidangnya, sehingga penyakit-penyakit yang terbilang berat membutuhkan analisa dan perawatan oleh dokter sepesialis.

Jumlah dokter spesialis lebih sedikit di bandingkan dengan dokter umum karena untuk mendapatkan gelar dokter spesialis harus menempuh pendidikan lagi setelah selesai pendidikan menjadi dokter umum.

Membicarakan dokter sepesialis, ternyata ada 5 dokter spesialis terlangka di Indonesia.

1. Odontologi Forensik

Dokter Spesialis odontologi forensik merupakan dokter ahli gigi yang telah menempuh pendidikan tambahan dalam bidang forensik gigi.

Dokter spesialis ini bertugas untuk membantu identifikasi korban atau tersangak dalam investigasi kriminal atau kasus medis tertentu, seperti bencana alam atau kecelakaan.

Tugas mereka meliputi pemeriksaan gigi, rekaman gigi, dan analisis forensik untuk memberikan bukti medis yang penting dalam proses hukum.

Jumlah dokter sepesialis odontologi forensik terbilang sangat sedikit jumlahnya di Indonesia yaitu mencapai 19 orang saja pada tahun 2024.

2. Kedokteran Kelautan

Kedokteran kelautan merupakan dokter yang bertugas untuk merawat kesehatan para pelaut, baikd di kapal, di pelabuhan, atau dalam lingkungan maritim lainnya.

Mereka memiliki pengetahuan khusus tentang kondisi medis yang sering terjadi di laut, seperti penyakit laut, cedera, dan masalah kesehatan terkait lingkungan maritim.

Kedokteran kelautan merupakan dokter spesialis dengan jumlah sedikit di Indonesia yaitu mencapai 27 orang saja.

3. Parasitologi Klinik

Dokter spesialis parasitologi klinik merupakan dokter yang berfokus pada diagnosis, pengobatan, dan penelitian penyakit yang di sebabkan oleh parasit.

Dokter tersebut memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai jenis parasit, siklus hidup mereka, gejala, dan penularannya. Tugas dokter parasitologi untuk mendiagnosis infeksi parasit, memberikan saran penyegahan, serta meberikan pengobatan kepada pasien yang telah terkena parasit.

Dokter parasitologi termasuk dokter spesilasi dengan jumlah sedikit di Indonesia yaitu 49 orang.

4. Emergency Medicine

Dokter spesialis emergency medicine adalah profesional medis yang terlatih khusus dalam merawat pasien dengan kondisi medis akut dan darurat.

Mereka bekerja di departemen gawat darurat rumah sakit dan memiliki pengetahuan serta keterampilan untuk menangani berbagai kondis mendesak seperti serangan jantung, stroke, dan lainnya.

Dokter spesiais ini bertugas untuk meliputi penilaian cepat, stabilisasi pasien, dan meberikan perawatan darurat.

Dokter spesialis Emergency Medicine termasuk dokter spesialis dengan jumlah sedikit di Indonesia yaitu mencapai 68 orang.

5. Kedokteran Nuklir

Dokter spesialis kedokteran nuklir merupakan dokter yang menggunakan bahan radioaktif dan teknologi nuklir untuk mendiagnosa dan merawat berbagai kondisi medis.

Dokter tersebut menggunakan teknik pencitraan seperti PET (Positron Emission Tomography) dan SPECT (Single Photon Emission Computed Tomography) untuk mendeteksi penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan gangguan neurologis.

Dokter spesialis kedokteran nuklir termasuk ke dalam dokter spesialis dengan jumlah sedikit yaitu mencapai 72 orang.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Denmark, Negara dengan Indeks Kinerja Perubahan Iklim Tertinggi di Dunia

Denmark dinobatkan menjadi negara dengan indeks kinerja perubahan iklim tertinggi dengan skor 75,59 pada tahun 2023.

5 Kereta Tercepat di Asia Tenggara, Whoosh Peringkat Pertama?

Whoosh kereta cepat milik Indonesia menempati posisi pertama sebagai kereta tercepat di Asia Tenggara dengan jarak tempuh mencapai 350km/jam.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X