2 kali Taklukan Curacau, Ranking Indonesia Naik 3 Tingkat

Indonesia yang sebelumnya berada di posisi 156 kini berpotensi naik ke posisi 152 dunia.

2 kali Taklukan Curacau, Ranking Indonesia Naik 3 Tingkat Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi laga kedua lawan Curacao di FIFA Matchday | Antara

Pasukan garuda kembali sukses menaklukan Curacao 2-1 di pertandingan kedua FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Kab. Bogor, Selasa (27/9). Gol-gol Indonesia dicetak oleh Dimas Drajad (3') dan Dendy Sulistyawan (87'). Sementara, gol Curacao dibukukan oleh Jeremy Antonisse (47'). Kemenangan ini membuat ranking Indonesia di peringkat FIFA berpotensi naik.

Pada pertemuan pertama, Indonesia juga menang atas Curacao dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 24 September lalu. Indonesia menang dengan skor 3-2.

Dua kemenangan tersebut membuat Indonesia melesat di ranking FIFA. Menurut pantauan GoodStats, Indonesia yang sebelumnya berada di posisi 156 kini berpotensi naik ke posisi 152 dunia dengan 1033.90 poin (+14,71).

Menariknya, 152 merupakan ranking tertinggi yang ditempati Indonesia sejak 2012 kala sepak bola Indonesia sedang carut marut akibat dualisme dan sanksi FIFA.

Secara ranking FIFA di Asia Tenggara, timnas Indonesia masih di bawah Vietnam (97), yang masih merajai kawasan, Thailand (111), Filipina (134), dan Malaysia (148).

Terlepas dari peringkat FIFA, catatan positif dari dua pertandingan Indonesia vs Curacao selain kemenangan adalah permainan Garuda yang menarik. Skuad asuhan Shin Tae-yong berani bermain dengan menekan garis tinggi dan bangkit saat tertinggal karena gol cepat.

Selain itu, tidak banyak bola-bola panjang (long ball) dari belakang ke depan. Sebagai gantinya, Shin memamerkan permainan umpan-umpan pendek yang dibangun dari kiper hingga berhasil masuk ke area pertahanan lawan.

Kemenangan ini menambah rentetan hasil manis timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-Yong.

Penulis: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Daftar Harga Pemain Timnas Indonesia Versi Transfermarkt, Thom Haye Termahal

Menurut perhitungan laman Transfermarkt, nilai pasar terbaru Thom Haye mencapai Rp52,14 miliar, tertinggi di skuad Timnas Indonesia saat ini.

Jelang Indonesia vs Vietnam, Cek Poin FIFA Terkini Indonesia

Jika menang kandang dan tandang, Indonesia dapat bertengger di peringkat empat Asia Tenggara. 26 pemain diturunkan, dua sedang proses naturalisasi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X