Indonesia Tempati Peringkat 4 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia

Sampai saat ini China dan India masih menempati peringkat atas sebagai negara penghasil beras terbesar di dunia, produksinya selalu diatas 100 juta ton/tahun

Indonesia Tempati Peringkat 4 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia Ilustrasi ladang padi © Qupas/Shutterstock

Beras merupakan satu pangan yang paling banyak dikonsumsi di dunia, terutama di Kawasan Asia. Sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, China, India dan Indonesia membutuhkan stok beras lebih banyak dibandingkan negara lain. Maka tak jarang negara – negara tersebut harus melakukan impor beras guna memenuhi kebutuhan domestiknya.

Sampai saat ini China dan India masih menempati peringkat atas sebagai negara penghasil beras terbesar di dunia, produksinya selalu diatas 100 juta ton/tahun. Area pertanian yang luas serta tanah yang subur menjadi faktor yang membuat produksinya selalu tinggi. Posisi selanjutnya diisi oleh Bangladesh, Indonesia dan beberapa negara ASEAN seperti Vietnam, Thailand, Myanmar, Filipina dan Kamboja.

Sementara konsumsi beras global mengalami sedikit peningkatan selama beberapa tahun terakhir. Sebagai contoh, pada 2022, lebih dari 500 juta metrik ton beras dikonsumsi diseluruh dunia. Merujuk dari data yang dirilis oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) berikut daftar lengkap Negara Penghasil Beras Terbanyak 2022.

Negara penghasil beras terbesar 2022 | Fauziah/GoodStats

1. China

Beras merupakan makanan pokok paling penting di Cina, negara dengan populasi penduduk sebanyak 1,4 miliar jiwa ini berhasil memproduksi sebesar 145,9 juta ton pada 2022.

2. India

Negara penghasil beras kedua ditempati oleh India, Negara dengan mayoritas penduduk Hindu ini memproduksi beras sebesar 132 juta ton pada 2022.

3. Bangladesh

Negara yang beribukota Dhakka ini memproduksi sekitar 36,3 juta ton beras, menurut berbagai sumber meskipun memiliki populasi dibawah Indonesia (164 juta jiwa), namun tingkat konsumsi negara ini ternayata lebih tinggi dari Indonesia, sehingga Impor beras menjadi program rutin pemerintah Bangladesh dalam menjaga ketahanan pangan.

4. Indonesia

Pada 2022, Indonesia adalah produsen beras tebesar keempat di dunia juga merupakan salah satu konsumen beras terbesar di dunia. total produksi pada 2022 mencapai 34 juta ton.

5. Vietnam

Vienam menempati urutan kelima sebagai negara penghasil beras terbesar di dunia, pada 2022 produksinya mencapai 27 juta ton. Dengan populasi penduduk yang masih di bawah 100 juta membuat tingkat konsumsi beras di Vietnam lebih rendah dari tingkat produksinya, sehingga lebih leluasa dalam melakukan kebijakan ekspor.

Produksi Beras Indonesia

Sejak dulu Indonesia sudah terkenal sebagai negara penghasil beras terkemuka, bersama Vietnam dan Thailand Indonesia disebut sebagai “Lumbung Padi” karena selalu mencatatkan total produksi yang tinggi.

Merujuk data USDA pada 2022, Indonesia memproduksi beras sebesar 34 juta. ton Kendati total produksinya tinggi, namun pemerintah masih melakukan impor dengan alasan untuk menjaga ketersediaan stok beras.

Daerah penghasil beras terbesar di Indonesia berada di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan. Keempat wilayah tersebut memilki luas panen lebih dari 1 juta hektar dengan masing - masing produksi lebih dari 5 juta ton beras.

 

 

Penulis: Iip M Aditiya
Editor: Editor

Konten Terkait

5 Negara Produsen Kakao Terbesar di Dunia

Berdasarkan Food and Agriculture Organization (FAO), berikut negara yang memproduksi kakao terbanyak.

Beras dan Sejumlah Bahan Pangan Ini Alami Kenaikan Harga

Beberapa bahan pokok alami kenaikan harga di Februari lalu. Beras jadi salah satunya yang mendapat sorotan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X