10 Sungai Terpanjang di Dunia, dari Nil hingga Amur

Aliran air sungai tentu tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Dari sekian banyak sungai yang ada, terdapat 10 sungai terpanjang di dunia, apa saja?.

10 Sungai Terpanjang di Dunia, dari Nil hingga Amur Sungai Nil | leshiy985/Shutterstock

Sungai atau yang disebut juga dengan bengawan merupakan aliran air di permukaan besar dan memanjang yang mengalir menuju samudra, laut, danau, atau sungai lainnya. Kehadiran sungai tentu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia seperti menampung pasokan air, sumber pangan, hingga berguna untuk menjadi sumber energi listrik alternatif.

Dari sekian banyak sungai yang ada, laporan data Safaris Africana menyebut, sungai Nil di Afrika Timur menjadi sungai paling panjang pertama dari 10 sungai terpanjang lainnya.

10 sungai terpanjang di dunia 2022 I GoodStats

1. Sungai Nil

Sungai Nil dinobatkan menjadi sungai terpanjang di dunia. Berlokasi di benua Afrika, sungai ini memiliki panjang hingga 6.650 km. Sungai Nil tidak ada yang tahu pasti dengan luas sungai Nil. Sebab, dan melewati 11 negara, yakni Mesir, Ethiopia, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Eritrea, Sudan, dan Sudan Selatan. Alirannya menjadi sumber air utama bagi dua negara, yakni di Sudan dan Mesir.

Sungai ini memiliki 2 cabang utama yaitu Nil Biru dan Nil Putih. Nil Putih merupakan anak sungai karena di dalamnya terdapat kandungan sedimen tanah liat yang menjadikannya berwarna sedikit putih keabu-abuan. Sementara itu, Nil Biru juga merupakan anak sungai yang mengalir dari Ethiopia. Berbeda dengan sebelumnya, Sungai Nil Biru tidak mengandung tanah liat, sehingga dapat dimanfaatkan dan dikonsumsi. Dua anak sungai tersebut bertemu di Khartoum, Sudan, lalu kemudian mengalir ke utara melewati Mesir sampai ke laut Mediterania.

Tidak hanya menjadi sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil banyak menyimpan berbagai kisah yang hingga mendunia seperti halnya menjadi saksi sejarah pada zaman peradaban Mesir pada sekitar 500 tahun lalu. Sungai Nil juga dikenal dengan berbagai tempat bermukim para satwa liar berbahaya seperti Crocodylus Niloticus yang merupakan reptil terbesar kedua di dunia.

2. Sungai Amazon

Sungai terpanjang kedua di dunia adalah Sungai Amazon, Amerika Selatan dengan panjang 6.575 kilometer. Aliran sungai ini melintasi 7 negara, yakni Brazil, Peru, Bolivia, Colombia, Ecuador, Venezuela, dan Guyana.

Menengok sejarahnya, Sungai Amazon diberi nama oleh seorang tentara Spanyol bernama Francisco de Orellana pada tahun 1541. Sungai ini mengalir dari pegunungan Andes di Amerika Selatan bagian Timur, lalu mengalir melalui hutan Amazon, hutan hujan terbesar di dunia. Meskipun masuk dalam peringkat 2 sungai terpanjang, Sungai Amazon menjadi sungai terbesar di dunia dengan lebar 190 kilometer, dan mengalirkan 209.000 meter kubik air ke Samudra Atlantik per detik.

Keadaan iklim dari sungai dan hutan Amazon menjadi rumah bagi para satwa liar dan berbahaya, seperti ikan piranha, anakonda, arapaima, hingga belut listrik.

3. Sungai Yangtze

Di peringkat 3 terdapat sungai Yangtze, China menjadi sungai terpanjang di dunia dengan panjang 6.300 kilometer. Sungai ini memiliki peran besar dalam menghidupi masyarakat China dengan menyediakan sumber daya air transportasi, karena sungai Yangtze hanya mengalir di satu negara saja.

Sungai Yangtze dikenal memiliki Bendungan Tiga Ngarai yang merupakan bendungan hidroelektrik paling besar di dunia. Bendungan tersebut digunakan sebagai pembangkit listrik, pelayaran, akuakultur, irigasi, hingga objek wisata. Tidak heran, daerah ini merupakan wilayah paling makmur dan memiliki penduduk paling banyak di China.

4. Sungai Mississipi

Peringkat 4 sungai terbesar di dunia diisi oleh Sungai Mississipi, Amerika Serikat dengan panjang 5.970 kilometer. Sungai Mississipi memiliki hulu di Danau Itasca dan berakhir di teluk Meksiko. Berdasarkan sejarahnya, nama "Mississipi" berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti "Bapak Air". Aliran panjangnya melewati 31 negara bagian di Amerika Serikat dan dua provinsi di Kanada.

Sungai Mississipi menjadi kawasan yang cukup berbahaya, derasnya aliran sungai menjadi alasan warga untuk tetap waspada melakukan aktivitas sehari-hari di sekitar area sungai Tidak hanya itu, sungai ini juga menjadi habitat sejumlah hewan liar seperti Aligator Amerika atau Alligator Mississippiensis, yang merupakan salah satu spesies terbesar dari keluarga buaya.

5. Sungai Yenisei

Sungai Yenisei, Rusia masuk dalam peringkat lima besar sebagai sungai terpanjang di dunia dengan memiliki panjang 5.539 kilometer. Sungai ini juga merupakan sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik. Meski berhulu di Mongolia, sebagian besar aliran sungai ini berada di Rusia.

Cuaca dingin di Rusia menjadikan sebagian wilayah aliran sungai ini membeku dan akan mencair pada musim semi pada sekitar bulan Mei. Sekitar setengah dari air sungai Yenisei berasal dari salju, kurang lebih sepertiga dari air hujan, dan sisanya berasal dari endapan air tanah.

Sungai ini melintasi wilayah yang luas dengan lanskap yang sangat bervariasi. Para masyarakat dan adat istiadat kuno juga infrastruktur perekonomian yang sangat besar ditemukan.

6. Sungai Yellow

Sungai Yellow atau sungai kuning di China menjadi salah satu sungai agung kebanggaan China. Sungai kuning memiliki panjang 5.464 kilometer ini mengalir dari pegunungan di provinsi Qinghai China barat ke timur menuju Laut Bohai.

Sesuai dengan namanya, sungai ini memiliki warna kuning keruh karena mengandung sedimen tinggi. Sungai ini dikenal sebagai tempat kelahiran peradaban China kuno, dan menjadi wilayah yang paling makmur. Sayangnya, sungai ini sering meluap dan menyebabkan banjir besar hingga menewaskan lebih dari satu juga orang.

7. Sungai Ob Irtysh

Sungai Ob Irtysh atau disebut juga Sungai Ob merupakan sungai terpanjang di Rusia, Siberia Barat dengan memiliki panjang 5.410 kilometer. Sungai ob menyatu dengan Sungai Irtysh dari Kazakhstan menjadi Orb Irtysh. Cekungan ob membentang di sebagian besar Siberia Barat, meliputi semi-gurun, padang rumput, hutan, dan daratan.

Sungai ini beku sepanjang hampir setengah tahun karena faktor iklim di wilayah tersebut.

8. Rio de la Plata

Sungai Río de la Plata atau Sungai Plate sejatinya hanya memilki panjang 290 kilometer, tetapi sungai ini terbentuk dari gabungan Sungai Uruguay dan Sungai Parana sehingga total panjang alirannya kini mencapai 4.880 kilometer.

Tak hanya itu, Sungai Plate juga resmi menjadi sungai terluas di dunia dengan lebar 220 kilometer.

9. Sungai Kongo

Masuk di peringkat 9 terdapat Sungai Kongo memiliki panjang 4.700 kilometer. Keunikan yang dimiliki dari sungai kongo berbentuk lengkungan dan merupakan satu-satunya sungai di dunia yang melintasi jalur khatulistiwa. Beberapa bagian dari Sungai Kongo juga disebut sebagai sungai terdalam di dunia hingga mencapai lebih dari 700 kaki.

Hal itu dibuktikan dari hasil penelitian para ilmuan yang menemukan banyak ikan-ikan yang mati di sungai ini dalam kondisi pucat dan buta, karena minimnya gelembung udara di dalam air.

10. Sungai Amur

Di peringkat terakhir terdapat sungai Amur, dengan panjang 4.444 kilometer. Alirannya berada pada sepanjang perbatasan antara Cina Timur Laut dengan Rusia.

Beberapa orang meyakini, kata "Amur" adalah kata yang berasal dari istilah untuk "air". Fakta menarik lainnya, sungai ini merupakan simbol geopolitik penting dan juga merupakan hubungan antara bangsa China dengan Rusia.

Safaris Africana menyebut, tidak ada ukuran pasti dalam perhitungan sungai terpanjang di dunia. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah penetapan lokasi sumber dan muara sungai.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Bruno Fernandes, Sang Raja Assist Liga Champions 21/22
Artikel Selanjutnya Perkembangan dan Tantangan Startup di Indonesia Sepanjang 2021
Konten Terkait