GoodStats
Pencarian
Masuk

10 Suku dengan Populasi Terbanyak di Indonesia, Jawa dan Sunda Mendominasi

Data BPS dalam Sensus Penduduk Tahun 2010 menyebut, Indonesia memiliki 1.340 Suku bangsa. Suku Jawa menjadi Suku dengan populasi terbanyak di Indonesia.

10 Suku dengan Populasi Terbanyak di Indonesia, Jawa dan Sunda Mendominasi ilustrasi keragaman Suku di Indonesia I Mohammadridwan/Shutterstock

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang luas dan terdiri dari berbagai macam Suku bangsa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Secara harfiah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa.

Jika melihat jumlahnya, data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Penduduk (SP) Tahun 2010 Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau Suku bangsa. Lebih tepatnya, Indonesia memiliki 1.340 Suku bangsa di Tanah Air.

Berdasarkan data tersebut, terdapat beberapa Suku yang memiliki jumlah populasi terbanyak di Indonesia. Lalu siapa saja mereka?

10 suku bangsa dengan populasi terbanyak di Indonesia 2022 I GoodStats

1. Suku Jawa

Suku Jawa I Hendropranyoto/Shutterstock

Suku Jawa menjadi Suku Bangsa dengan populasi paling banyak di Indonesia. Menurut data SP 2010 BPS jumlah populasi Suku Jawa di Indonesia mencapai 95.217.022 jiwa. Angka ini mewakili 40,22 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Umumnya, kelompok Suku Jawa banyak bermukim di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan D.I Yogyakarta. Selain itu, Suku ini juga tersebar di beberapa wilayah, seperti Jakarta, Banten, Lampung dan Sumatra. Bahkan ada beberapa masyarakat Suku Jawa yang bermigrasi ke luar negeri, yakni Suriname dan Malaysia.

2. Suku Sunda

Suku Sunda bermain kecapi I dani daniar/Shutterstock

Suku Sunda menjadi peringkat kedua sebagai Suku dengan populasi terbanyak di Indonesia, yakni mencapai 36.701.670 jiwa atau setara dengan 15 persen dari total penduduk Indonesia. Suku Sunda banyak mendiami beberapa wilayah di Indonesia, yakni Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

Suku Sunda memiliki banyak warisan budaya yang masih dilestarikan hingga sekarang. Contohnya adalah alat musik kecapi, kesenian sisingaan, wayang golek, tarian khas, dan masih banyak lagi.

3. Suku Batak

Tari Tor Tor Sipitu Cawan khas Suku Batak I Maulana Image/Shutterstock

Peringkat tiga besar Suku dengan populasi terbanyak di Indonesia selanjutnya berasal dari Sumatra Utara, yakni Suku Batak. Jumlah populasi Suku Batak dalam data SP 2010 BPS mencapai 8.466.969 jiwa atau 3,58 persen dari total penduduk.

Menurut sejarah, Suku Batak diperkirakan datang pada 3.000 tahun lalu. Peradaban Batak dimulai melalui proses perjalanan sejarah panjang sebagai ras suku Proto Melayu (Melayu Tua).

4. Suku asal Sulawesi

Potret masyarakat Suku Toraja I Greta Gabaglio/Shutterstock

Suku dengan populasi terbesar keempat di Indonesia adalah Suku asal Sulawesi dengan jumlah 7.634.262 jiwa atau 3,22 persen dari total penduduk.

Suku asal Sulawesi terdiri dari beberapa Suku , yakni Suku Bugis, Suku Mandar, Suku Toraja, Suku Makassar, Suku Buton, Suku Minahasa, Suku Talaud, dan Suku Balaesang.

5. Suku Madura

Musik Tradisional Suku Madura I INDONESIAPIX/Shutterstock

Kemudian di peringkat lima besar terdapat Suku Madura dengan jumlah populasi mencapai 7.179.356 jiwa atau setara dengan 3,03 persen total penduduk Indonesia. Suku bangsa ini berasal dari Pulau Madura dan sekitarnya yang berada di wilayah Jawa Timur. Pulau Madura memiliki empat kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Suku Madura dikenal dengan kelezatan olahan sate yang sudah mendunia. Selain itu, Suku Madura juga terkenal dengan penduduknya yang memiliki ragam bahasa yang unik. Hampir serupa dengan Jawa, hanya saja kosa kata menjadi tergantung dengan siapa yang diajak bicara. Masyarakat Madura memiliki dialek kedaerahan sendiri, layaknya Mandarin.

6. Suku Betawi

Tradisi Palang Pintu khas Suku Betawi I Greg PW/Shutterstock

Suku Betawi menjadi Suku bangsa dengan populasi terbanyak nomor enam di Indonesia dengan jumlah sebanyak 6.807.968 jiwa atau setara dengan 2,88 persen dari total penduduk Indonesia.

Suku Betawi merupakan percampuran dari beberapa Suku yang dulunya datang ke wilayah Batavia pada masa penjajahan Belanda. Suku Betawi mewarisi berbagai ragam warisan kesenian budaya. Mulai dari alat musik tanjidor, bela diri silat beksi, tarian, ondel-ondel, dan masih banyak lagi.

7. Suku Minangkabau

Pakaian Adat khas Suku Minangkabau I KiwiGraphy Studio/Shutterstock

Suku Minangkabau asal Sumatra Barat satu ini menjadi Suku bangsa dengan populasi terbanyak di Indonesia yakni mencapai 6.462.713 jiwa atau setara 2,73 persen dari total penduduk di Indonesia.

Suku ini dikenal dengan kelezatan cita rasa setiap masakannya. Kuliner Suku Minangkabau sangat kaya dengan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah. Selain itu, masakan khas Minangkabau jarang menggunakan penyedap rasa.

8. Suku Bugis

Tarian khas Suku Bugis I Ali. Fahmi/Shutterstock

Peringkat kedelapan Suku dengan populasi terbanyak di Indonesia diisi oleh Suku Bugis dengan jumlah 6.359.700 jiwa atau setara dengan 2,69 persen dari total penduduk di Indonesia. Tidak hanya bermukim di tempat asal Sulawesi Selatan, kini populasi Suku Bugis telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Hal yang paling menarik dari Suku Bugis adalah tata cara dalam pernikahan. Suku Bugis memiliki tata cara pernikahan melalui 12 tahapan, yakni mulai dari tahap perkenalan antar keluarga, ijab kabul, ritual ketuk pintu, hingga kunjungan antar mempelai dalam hal meminta restu kepada keluarga.

9. Suku Melayu

Bepanggak, Upacara Pernikahan Adat khas Suku Melayu I Munif Rifai/Shutterstock

Suku Melayu menjadi peringkat kesembilan sebagai Suku dengan populasi terbanyak di Indonesia. Jumlahnya mencapai 5.365.399 jiwa atau setara dengan 2,27 persen dari total penduduk Indonesia berdasarkan SP 2010 BPS.

Bangsa Melayu berasal dari kelompok austronesia, yakni kelompok manusia yang berasal dari Yunan di China lalu kemudian berhijrah dalam bentuk beberapa gelombang pergerakan manusia yang akhirnya menduduki wilayah Asia Tenggara.

10. Suku asal Sumatra Selatan

Pakaian Pernikahan khas Palembang Suku asal Sumatra Selatan I Misbachul Munir/Shutterstock

Suku dengan populasi terbanyak di Indonesia dalam peringkat sepuluh besar adalah Suku asal Sumatra Selatan, yakni mencapai 5.199.581 jiwa atau setara dengan 2,16 persen total penduduk Indonesia.

Sumatra Selatan memiliki ragam Suku bangsa yang cukup beragam, yakni Suku Melayu Palembang, Suku Melayu Komering, Suku Melayu Semendo, Suku Melayu Empat Lawang, Suku Melayu Musi, Suku Melayu Banyuasin, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Tionghoa, Suku Minangkabau, dan masih banyak lagi.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 163.370 Warga India Melepaskan Kewarganegaraannya pada Tahun 2021
Artikel Selanjutnya Sebaran Bidang Studi Berdasarkan Jumlah Mahasiswa di Indonesia, Bidang Pendidikan Terbanyak!
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook