10 Situs Paling Sering Dikunjungi Warganet Indonesia Sepanjang 2022, Google Masih Jauh Unggul

Google memiliki rerata pengunjung bulanan sebanyak 2,2 miliar pengunjung atau jauh mendominasi di atas peringkat kedua, YouTube.

10 Situs Paling Sering Dikunjungi Warganet Indonesia Sepanjang 2022, Google Masih Jauh Unggul Ilustrasi pencarian situs | JMiks/Shutterstock

Google masih menjadi situs dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia sepanjang 2022. Hal tersebut diungkapkan oleh DataReportal dalam laporannya bertajuk "Digital 2023: Indonesia" yang dirilis pada Kamis (9/2).

Dalam salah satu bagian laporannya, DataReportal turut membahas mengenai situs yang paling banyak dikunjungi oleh warganet Indonesia sepanjang periode Desember 2021-November 2022. Dalam bahasan tersebut, DataReportal melansir laporan miliki Similarweb, perusahaan analitik web yang turut memberi laporan mengenai perkembangan web di Indonesia.

Google memiliki rerata pengunjung bulanan sebanyak 2,2 miliar pengunjung atau jauh mendominasi di atas peringkat kedua, YouTube yang memiliki rerata pengunjung sebanyak 833 juta. Dalam laporan ini, DataReportal juga turut memberikan ulasan mengenai ragam tren internet Indonesia sepanjang 2022.

"Ada 212,9 juta pengguna internet di Indonesia pada Januari 2023. Tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 77 persen dari total populasi pada awal tahun 2023. Analisis Kepios menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia meningkat sebesar 10 juta antara tahun 2022 dan 2023," tulis Founder Kepios, Simon Kemp dilansir DataReportal (9/2).

Selain mengungkapkan rerata jumlah kunjungan bulanan, Similarweb turut membeberkan angka rerata pengunjung unik, rerata waktu per kunjungan, hingga halaman per kunjungan. Situs mana saja yang masuk ke dalam deretan 10 web paling sering dikunjungi warganet Indonesia sepanjang 2022?

10 situs yang paling banyak diakses warganet Indonesia sepanjang 2022 | GoodStats

1. Google.com (2,2 miliar)

Kantor pusat Google di California, Amerika Serikat | achinthamb/Shutterstock

Situs mesin pencari asal Amerika Serikat, Google berada di posisi puncak dalam daftar urutan situs paling banyak dikunjungi di Indonesia sepanjang 2022 dengan total rerata pengunjung bulanan sebanyak 2,2 miliar dan 119 juta di antaranya adalah pengunjung unik. Selain itu, Google memiliki rerata waktu per kunjungan sebanyak 9 menit 42 detik dan 8,5 halaman per kunjungan.

2. Youtube.com (833 juta)

Ilustrasi pengguna membuka situs YouTube | NiP STUDIO/Shutterstock

Anak perusahaan Google yang telah berdiri sejak 2006 silam, YouTube menjadi situs paling populer di Indonesia sepanjang 2022. YouTube memiliki rerata total pengunjung bulanan sebanyak 833 juta dan 70,6 juta di antaranya adalah pengunjung unik. Menariknya, YouTube menjadi situs yang paling lama dikunjungi oleh rerata pengunjungnya, yakni 21 menit 30 detik dengan total 11,6 rerata halaman per kunjungan.

3. Facebook.com (487 juta)

Ilustrasi pengguna membuka aplikasi Facebook | Jirapoing Manustrong/Shutterstock

Di posisi ketiga terdapat media sosial Facebook yang kini bernama Meta dengan rerata kunjungan bulanan sebanyak 487 juta kali. Dari angka tersebut, 60,7 juta di antaranya merupakan pengunjung unik atau aktif. Facebook memiliki rerata waktu kunjungan sebanyak 8 menit 24 detik dan mendapatkan 7,8 halaman per kunjungannya.

4. Instagram.com (215 juta)

Ilustrasi pengguna membuka aplikasi Instagram | wichayada suwanachun/Shutterstock

Media sosial yang kini juga dikelola oleh Meta, Instagram berada di posisi empat dengan total kunjungan bulanan sebanyak 215 juta dan 36,2 juta di antaranya merupakan pengunjung unik. Instagram memiliki angka halaman per kunjungan cukup besar, yakni 11,6 halaman dan memiliki rerata waktu kunjungan selama 7 menit 45 detik.

5. Twitter.com (192 juta)

Logo Twitter dengan latar pemiliknya, Elon Musk | Rokas Tenys/Shutterstock

Media sosial yang kini dikelola oleh pengusaha terkemuka, Elon Musk turut masuk ke dalam posisi lima besar dengan total kunjungan bulanan sebanyak 192 juta kali dan 29,7 juta di antaranya merupakan pengunjung unik. Sayangnya, secara rerata waktu per kunjungan Twitter mendapatkan angka yang rendah yakni hanya 3 menit 20 detik saja.

6. Whatsapp.com (191 juta)

Ilustrasi pengguna membuka aplikasi dan situs Whatsapp | Antonio Salaverry/Shutterstock

Aplikasi pengiriman pesan terpopuler saat ini, Whatsapp berada di posisi keenam dalam angka kunjungan situs per bulannya. Whatsapp memiliki angka rerata kunjungan per bulan sebanyak 191 juta kali dan 32 juta di antaranya merupakan pengunjung aktif. Dalam rerata waktu kunjungan, Whatsapp memiliki angka yang tinggi, yakni di angka 11 menit 57 detik.

7. Shopee.co.id (165 juta)


Ilustrasi aplikasi dan situs Shopee | Sergei Elagin/Shutterstock

Situs belanja online yang bermarkas di Singapura, Shopee berada di posisi tujuh sekaligus menjadi situs belanja online yang paling banyak dikunjungi warganet Indonesia sepanjang 2022. Shopee memiliki rerata kunjungan bulanan sebanyak 165 juta dan 45,1 juta di antaranya merupakan pengunjung unik. Secara rerata waktu kunjungan, Shopee mendapatkan angka sebsar 5 menit 42 detik.

8. Detik.com (157 juta)

Tampilan situs Detik | Jarretera/Shutterstock

Detik menjadi situs berita terpopuler atau yang paling banyak dikunjungi warganet Indonesia sepanjang 2022 dengan angka rerata 157 juta pengunjung. Anak perusahaan dari Trans Media ini memiliki pengunjung aktif sebanyak 31 juta dan rerata pengunjung menghabiskan waktu sebanyak 6 menit 2 detik dalam berkunjung ke situs detik.com.

9. Kompas.com (157 juta)

Tampilan situs Kompas | Sharaf Maksumov/Shutterstock

Kompas menjadi situs berita kedua yang paling banyak dikunjungi warganet Indonesia sekaligus berada di peringkat delapan secara umum dengan total kunjungan bulanan sebanyak 157 juta. Dari angka tersebut, Kompas memiliki jumlah pengunjung aktif lebih banyak dari Detik yakni di angka 40,1 juta pengunjnug. Namun, Kompas memiliki rerata waktu kunjungan lebih sedikit dari Detik yakni 5 menit 35 detik saja.

10. Hotstar.com (149 juta)

Tampilan situs Hotstar | Sharaf Maksumov/Shutterstock

Layanan video yang dikelola oleh Disney Star, Hotstar berada di posisi kesepuluh dengan angka kunjungan rerata sebanyak 149 juta dan 41,3 juta di antaranya merupakan pengunjung aktif. Rerata waktu kunjungan situs tersebut mendekati YouTube dengan waktu sebanyak 18 menit 8 detik.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Kota Paling Toleran di Indonesia, Kota Bekasi Tempati Posisi Runner Up

Setara Institute mengeluarkan Laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2023 di awal Tahun 2024. Dari 94 Kota, Kota Bekasi meraih 3 posisi terbesar.

Ketimpangan Gender Indonesia Makin Tipis, Kesetaraan di Depan Mata

Apakah kesetaraan gender di Indonesia dapat dicapai dalam waktu dekat?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X