10 Provinsi dengan Angka Depresi Tertinggi

Jawa Barat menjadi provinsi paling depresi di Indonesia, dengan angka prevalensinya mencapai 3,3% di tahun 2023.

10 Provinsi dengan Angka Depresi Tertinggi Ilustrasi Anak Muda Mengalami Depresi | Freepik/jcomp

Depresi kerap kali menjadi momok di tengah masyarakat Indonesia, dipandang sebagai suatu aib yang harus segera dibasmi. Tidak sedikit masyarakat tanah air yang masing memandang sebelah mata terhadap fenomena depresi ini dan menyangkut pautkannya dengan kelainan jiwa. Padahal sejatinya, depresi merupakan hal wajar yang dapat dialami oleh siapa pun, mulai dari anak-anak bahkan hingga lansia.

Melansir laman Alodokterdepresi adalah gangguan suasana hati (mood) yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan kehilangan minat terhadap hal-hal yang disukai. Saat ini, banyak anak muda Indonesia yang sering melakukan self-diagnosis, menganggap diri depresi ketika sedang mager atau malas melakukan apa-apa. Padahal, seseorang dinyatakan mengalami depresi jika sudah 2 minggu merasa sedih, putus harapan, hingga tidak berharga.

Kementerian Kesehatan melalui surveinya yang bertajuk Survei Kesehatan Indonesia (SKI) menyebutkan bahwa prevalensi depresi Indonesia berada di angka 1,4% di tahun 2023. Angka tersebut menggambarkan tingkat depresi setiap 100 penduduk usia 15 tahun ke atas. Artinya, terdapat sekitar 1,4 dari 100 penduduk Indonesia berusia di atas 15 tahun mengalami depresi.

"Prevalensi depresi di Indonesia paling banyak pada anak muda berusia 15-24 tahun dan lansia," ungkap Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kemenkes RI Syarifah Liza Munira, dalam konferensi pers Hasil Survei Kesehatan Indonesia 2023 (12/6/2024), mengutip Detik.

Lebih lanjut, Jawa Barat merupakan provinsi paling depresi di Indonesia, dengan angka prevalensinya mencapai 3,3%. 

Jawa Barat menjadi provinsi paling depresi di Indonesia, dengan angka prevalensinya mencapai 3,3%. 
Jawa Barat menjadi provinsi paling depresi di Indonesia, dengan angka prevalensinya mencapai 3,3% | GoodStats

Kalimantan Timur berada di urutan kedua dengan 2,2%, disusul Banten (1,7%), Sulawesi Selatan (1,7%), DKI Jakarta (1,5%), DI Yogyakarta (1,5%), Sulawesi Tengah (1,5), Sulawesi Utara (1,4%), NTB (1,3%), dan Sumatera Utara (1,2%).

Depresi bukan sembarang penyakit main-main. Satu dari tujuh orang di dunia mengalami depresi. World Health Organization menyebutkan bahwa depresi lebih sering dialami wanita (5,1%) ketimbang pria (3,6%). Gangguan depresi ini bahkan menyebabkan 16 juta kasus bunuh diri dan 4 juta penyakit jantung.

Di Indonesia, 61% penduduk berusia 15-24 tahun yang mengalami depresi pernah berpikiran untuk melakukan bunuh diri.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Populasi Hiu Paus di Indonesia Capai 472 Ekor

Populasi hiu paus di Indonesia mencapai 472 ekor, tersebar di 5 lokasi berbeda, mulai dari Gorontalo hingga Papua Barat.

H-3 Ditutup, Simak Instansi dengan Jumlah Pelamar CPNS 2024 Paling Sepi

Sekretariat Jenderal MPR dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo menjadi instansi dengan jumlah pendaftar CPNS terendah per 2 September 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook