10 Orang Terkaya di Awal September 2024, Elon Musk Masih Juara

Dengan kekayaan US$252,7 miliar, Elon Musk jadi orang terkaya di dunia per September 2024. Sementara itu, Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya di Indonesia.

10 Orang Terkaya di Awal September 2024, Elon Musk Masih Juara Ilustrasi uang | Custom Trade Academy

Menghimpun data Forbes Real Time Billionaires, Elon Musk masih mempertahankan juaranya sebagai orang terkaya di dunia. Dari data yang diambil pada 6 September 2024, CEO dari Tesla ini memiliki kekayaan sebesar US$252,7 miliar.

Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia per 6 September 2024 | GoodStats
Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia per 6 September 2024 | GoodStats

Elon Musk merupakan pendiri dari 6 perusahaan raksasa dunia, termasuk produsen mobil listrik Tesla, produsen roket luar angkasa SpaceX, hingga startup Boring Company. Musk juga sempat membuat heboh dunia dengan membeli Twitter pada 2022 silam seharga US$44 miliar. Ia memiliki sekitar 74% dari perusahaan yang kini disebut X tersebut. 

Orang terkaya di dunia berikutnya dipegang oleh Jeff Bezos, dengan kekayaan sebesar US$196,4 miliar. Bezos mendirikan Amazon di tahun 1994. Mulanya, Amazon hanyalah sebuah toko buku online yang berada di garasi rumah. Toko buku ini kemudian berkembang pesat hingga akhirnya Bezos pun membangun kantor operasional dan 6 gudang inventori.

Dengan meningkatnya popularitas Amazon, Bezos berinisiatif untuk menjual produk lain selain buku. Hingga saat ini, Amazon telah berkembang menjadi e-commerce terbesar di dunia, membawa banyak kesuksesan bagi Bezos. 

Mark Zuckerberg berada di urutan ketiga orang terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai US$179 miliar di awal September ini. Pada tahun 2004, ia membangun website Facebook untuk pertama kalinya, yang merupakan bentuk penyempurnaan dari Facemash. Facebook menjadi sangat digemari, terutama oleh mahasiswa Harvard kala itu. 

Pada 2006, Facebook akhirnya dibuka untuk umum, membuat penggunaannya semakin melonjak, mencapai 6 juta di awal peluncuran. Hingga saat ini, Facebook masih menjadi salah satu media sosial terpopuler di dunia.

CTO sekaligus pendiri Oracle, Larry Ellison, tercatat memiliki kekayaan sebesar US$176,8 miliar, membuatnya duduk di posisi keempat orang terkaya di dunia. Pada tahun 1977, Ellison mendirikan perusahaan bersama Bob Miner dan Ed Oates yang bernama Software Development Laboratories (SDL). 

Pada 1979, perusahaan tersebut berganti nama menjadi Relational Software Inc dan merisil Oracle, yang merupakan program database relasional komersil. Penggunaan Oracle yang terus melejit membuat Ellison akhirnya mengganti nama perusahaanya menjadi Oracle Corporation pada 1982. Oracle inilah yang menjadi sumber utama kekayaannya.

Peringkat kelima orang terkaya di dunia dipegang oleh Bernard Arnault, dengan kekayaan sebesar US$175 miliar. Arnault terkenal sebagai chairman dari beberapa brand fashion mewah, seperti Christian Dior, LVMH, Sephora, Marc Jacobs, dan lain-lain. 

Orang Terkaya di Indonesia

Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya di Indonesia per 6 September 2024 | GoodStats
Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya di Indonesia per 6 September 2024 | GoodStats

Sementara itu, orang terkaya di Indonesia saat ini dipegang oleh Prajogo Pangestu, dengan kekayaan tercatat sebesar US$73,9 miliar, menjadikannya duduk di peringkat ke-23 dunia.

Kekayaan Prajogo bersumber dari saham-saham perusahaan miliknya, seperti PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), hingga PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN). 

Budi Hartono dan Michael Hartono duduk di peringkat kedua dan ketiga orang terkaya di Indonesia. Keduanya merupakan anak dari pendiri perusahaan Djarum, Oei Wie Gwan. Dengan kekayaan sebesar US$26,7 miliar, R. Budi Hartono berada di urutan ke-71 dunia, sedangkan saudaranya Michael Hartono di posisi ke-75 dunia dengan US$25,6 miliar.

Baca Juga: Inilah Daftar Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Indonesia Masuk 20 Besar Negara dengan Indeks Kriminalitas Tertinggi di Dunia

Negara dengan indeks kriminalitas yang tinggi dihadapkan dengan masalah keamanan serius. Indonesia menempati peringkat ke-20 dalam indeks kriminalitas dunia.

10 Kota dengan Tingkat Kejahatan Terendah di Dunia 2024

Kota-kota di Uni Emirat Arab mendominasi daftar kota dengan tingkat kejahatan terendah di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook