Indonesia Jadi Salah Satu Negara Pemberi Subsidi BBM Terbesar di Dunia

Saat ini, masyarakat tengah menghadapi kenaikan harga BBM non-subsidi. Sebelumnya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan subsidi BBM terbesar di dunia.

Indonesia Jadi Salah Satu Negara Pemberi Subsidi BBM Terbesar di Dunia Ilustrasi BBM di SPBU | ThePowerPlant/Shutterstock

Penerapan kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi dengan Research Octane Number (RON) 92 (Pertamax) oleh PT Pertamina (Persero) telah berlaku terhitung sejak 1 April 2022 lalu. Kenaikan harga Pertamax ini lantas diikuti pula oleh kenaikan harga BBM setara RON 92 merek lainnya seperti Shell, BP-AKR, dan Vivo.

Menurut data dari International Energy Agency (IEA), Arab Saudi menjadi negara dengan pemberi subsidi BBM terbesar yang memiliki nilai mencapai 5,24 miliar dolar AS pada tahun 2020.

Negara pemberi subsidi BBM terbesar di dunia tahun 2020 | Angelia/GoodStats

Venezuela menempati posisi ke-2 negara pemberi subsidi BBM terbesar pada tahun 2020 dengan nilai sebesar 3,83 miliar dolar AS. Sementara itu Aljazair menempati posisi ke-3 dengan total subsidi BBM sebesar 3,74 miliar dolar AS.

Posisi ke-4 dan ke-5 secara berurutan diraih oleh Libya dengan nilai subsidi BBM sebesar 3,01 miliar dolar AS dan Iran dengan nilai 2,87 miliar dolar AS.

Sementara itu, Indonesia termasuk salah satu negara pemberi subsidi BBM terbesar di dunia tepatnya di posisi ke-6 dengan total nilai sebesar 2,44 miliar dolar AS pada tahun 2020. Mesir, Irak, Kazakhstan dan Angola secara berturut-turut menempati posisi ke-7 hingga ke-10 negara pemberi subsidi BBM terbesar.

Adapun secara global nilai subsidi BBM pada tahun 2020 mengalami penurunan dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh karena harga komoditas energi dunia yang memang sedang melemah.

Di sisi lain, anggaran belanja subsidi energi Indonesia pada tahun 2022 diprediksikan akan lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan belanja subsidi energi ini selaras dengan upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, peningkatan konsumsi BBM serta LPG, serta naiknya harga komoditas energi di dunia.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Pekerjaan Bagi Kaum Disabilitas Masih Menjadi Tantangan di Dunia

Data OECD menunjukkan kesenjangan antara masyarakat disabilitas dan non-disabilitas dalam hal pekerjaan tetap signifikan. Apa yang bisa dilakukan pemerintah?

Argentina Hadapi Ketidakstabilan Politik Hingga Inflasi Mencapai 276,2%

Argentina saat ini tengah menghadapi tantangan yang serius dalam mengelola perekonomiannya dengan berbagai indikator ekonomi yang menunjukkan penurunan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X