10 Negara dengan Tingkat Operasi Plastik Tertinggi

Korea Selatan menjadi negara dengan tingkat operasi plastik tertinggi di dunia, mencerminkan kuatnya budaya K-beauty akhir-akhir ini.

10 Negara dengan Tingkat Operasi Plastik Tertinggi Ilustrasi Operasi Plastik | Foto: Freepik

Setiap negara memiliki standar kecantikan yang berbeda yang dipengaruhi oleh budaya, tradisi, dan media. Di beberapa negara, standar kecantikan ini menekankan fitur-fitur tertentu seperti kulit putih, hidung mancung, atau tubuh ramping, sementara di negara lain, mungkin menonjolkan aspek-aspek yang berbeda seperti kulit yang sehat, proporsi tubuh tertentu, atau bahkan keunikan individual. 

Perbedaan dalam persepsi kecantikan ini mempengaruhi bagaimana masyarakat menilai penampilan fisik, yang pada gilirannya mempengaruhi pilihan individu terkait penampilan mereka.

Popularitas operasi plastik juga berhubungan erat dengan standar kecantikan yang berlaku di setiap negara. Di Korea Selatan, misalnya, operasi kelopak mata ganda sangat populer karena banyak orang menganggapnya sebagai simbol kecantikan dan status sosial.

Sementara itu, di Brazil, operasi pembesaran payudara dan pembentukan tubuh sering dilakukan untuk mencapai tampilan yang ideal sesuai dengan standar kecantikan lokal. Begitu pula di Amerika Serikat, operasi seperti liposuction dan facelift cukup populer karena banyak yang menginginkan penampilan yang lebih muda dan ramping. 

Perbedaan dalam popularitas jenis operasi plastik di setiap negara ini mencerminkan variasi dalam standar kecantikan dan harapan sosial yang ada. Akibat dari perbedaan standar kecantikan dan popularitas kecantikan ini adalah adanya variasi tingkat operasi plastik di setiap negara.

Negara dengan Tingkat Operasi Plastik Tertinggi di Dunia | GoodStats

Tingkat operasi plastik di berbagai negara menunjukkan tren yang menarik terkait budaya, ekonomi, dan persepsi kecantikan. Majalah CEOWORLD menunjukkan bahwa Korea Selatan menempati posisi teratas dengan 8,9 operasi per 1.000 orang

Hal ini mencerminkan budaya K-beauty yang sangat menghargai penampilan fisik yang sempurna. Klinik-klinik di Seoul tidak hanya melayani penduduk lokal tetapi juga menarik pasien dari seluruh dunia yang mencari hasil yang serupa dengan bintang K-Pop dan drama Korea.

Sementara itu, di Argentina dan Brazil, kecantikan sering dikaitkan dengan tubuh yang proporsional dan atletis. Budaya yang menghargai estetika tubuh ini mendorong tingginya angka operasi plastik, dengan Argentina mencatat 8,81 operasi per 1.000 orang dan Brazil 7,62.

Para ahli bedah plastik di negara-negara ini terkenal karena keahliannya dalam prosedur yang meningkatkan bentuk tubuh, seperti liposuction dan augmentasi payudara.

Kolombia berada di posisi keempat dengan 7,26 operasi per 1.000 orang. Negara ini dikenal sebagai destinasi populer untuk operasi plastik, menawarkan prosedur berkualitas tinggi dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan negara-negara lain, yang menarik banyak pasien internasional.

Di Yunani, standar kecantikan yang kuat tetap ada meskipun ada tantangan ekonomi. Dengan 6,33 operasi per 1.000 orang, banyak warga Yunani yang tetap memilih untuk menjalani operasi plastik guna mencapai penampilan yang mereka idamkan. Hal ini mencerminkan pentingnya estetika dalam budaya mereka.

Amerika Serikat, dengan pengaruh besar dari budaya selebriti dan akses luas ke teknologi medis terbaru, mencatat 5,91 operasi per 1.000 orang. Popularitas prosedur kosmetik di AS didorong oleh keinginan untuk mengikuti tren kecantikan yang sering kali ditampilkan oleh media dan figur publik.

Jerman mengikuti dengan 5,72 operasi per 1.000 orang. Meskipun terkenal dengan pendekatan hidup yang pragmatis, ada peningkatan minat terhadap operasi plastik di negara ini, terutama di kalangan individu yang menginginkan perubahan penampilan yang lebih halus dan alami.

Turki dan Meksiko, dengan angka masing-masing 5,48 dan 5,31 operasi per 1.000 orang, menunjukkan bahwa biaya yang lebih rendah dan layanan medis berkualitas tinggi dapat menarik banyak pasien, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kedua negara ini telah menjadi pusat penting bagi wisata medis, terutama dalam bidang operasi plastik.

Terakhir, Italia memiliki 4,79 operasi per 1.000 orang, yang mencerminkan minat yang stabil terhadap prosedur kecantikan di kalangan penduduknya. Budaya Italia yang menghargai estetika dan penampilan fisik turut berperan dalam tingginya angka operasi plastik di negara tersebut.

Setiap negara menunjukkan bagaimana budaya, ekonomi, dan persepsi kecantikan memainkan peran penting dalam tingginya permintaan akan operasi plastik. Kombinasi dari faktor-faktor ini menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan industri kosmetik di berbagai belahan dunia.

Penulis: Brilliant Ayang Iswenda
Editor: Editor

Konten Terkait

Daftar Peristiwa yang Buruk Bagi Iklim, Aktivitas Manusia Mendominasi

Perubahan pola konsumsi, penggunaan energi terbarukan, dan upaya konservasi lingkungan harus menjadi prioritas utama guna mengatasi tantangan perubahan iklim.

Kisah Viral Helen Young, Korban Penipuan 'Polisi' di China

Kisah Helen yang viral, diancam polisi palsu dengan ekstradisi ke sel penjara di Tiongkok, terpaksa menghabiskan seluruh tabungan hidupnya sebesar £29.000.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook