10 Negara dengan Miliarder Terbanyak di Dunia

China menjadi negara dengan miliarder terbanyak di dunia, totalnya mencapai 814 orang. Di sisi lain, New York menjadi kota dengan miliarder terbanyak saat ini.

10 Negara dengan Miliarder Terbanyak di Dunia Ilustrasi Miliarder Dunia | Freepik

Miliarder adalah orang-orang dengan kekayaan bersih paling tidak satu miliar unit mata uang tertentu, Dolar Amerika Serikat, Euro, dan Poundsterling biasanya digunakan sebagai acuan. Banyaknya miliarder di suatu negara sejatinya tidak menentukan tingkat kekayaan negara yang bersangkutan. Meski begitu, semakin banyak miliarder di suatu negara, maka tentu semakin baik pula kondisi ekonomi di negara tersebut. Kesempatan yang tersedia untuk mencari uang lebih tinggi.

Menghimpun Hurun Global Rich LIst 2024, negara dengan jumlah miliarder terbanyak dipegang oleh China, dengan total 814 miliarder. Meski masih berada di posisi teratas, jumlah miliarder di negara tersebut turun 155 orang dari tahun 2023. 

Amerika Serikat berada di posisi kedua dengan total 800 miliarder, bertambah 109 dibanding tahun 2023. Jumlah miliarder dari Amerika Serikat dan China mencapai setengah dari total miliarder dunia, yakni sebanyak 3.279 di 2024.

China menjadi negara dengan miliarder terbanyak, totalnya mencapai 814.
Jumlah miliarder China dan AS mencapai separuh miliarder dunia | GoodStats

Negara-negara Eropa mendominasi daftar sepuluh negara dengan miliarder terbanyak di dunia dengan total enam negara. 

Indonesia sendiri berada di peringkat ke-13 global dengan 47 miliarder, bertambah 12 dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini membuat Indonesia bertengger di urutan kedua ASEAN setelah Thailand dengan 49 miliarder.

Kota dengan Miliarder Terbanyak

New York menjadi kota dengan miliarder terbanyak di dunia.
New York menjadi kota dengan miliarder terbanyak di dunia | GoodStats

Sementara itu, kota dengan miliarder terbanyak di dunia dipegang oleh New York. The Big Apple tersebut merupakan rumah bagi 119 miliarder dan 340.000 penduduk dengan aset lebih dari US$1 juta.

London, Inggris berada di urutan kedua dengan 97 miliarder, bertambah tiga orang terhadap tahun 2023. Mumbai, India menyusul tipis di posisi ketiga dengan 92 miliarder. 

Di peringkat keempat ada Beijing yang pada tahun 2023 dinobatkan sebagai kota dengan miliarder terbanyak. Jumlah miliarder di kota tersebut menurun tiga orang menjadi 91 miliarder di 2024.

Dari kawasan Asia Tenggara, Bangkok memimpin di posisi ke-11 dengan total 49 miliarder, naik dua orang dibanding tahun lalu. Urutan kedua Asia Tenggara dipegang oleh Jakarta dengan 37 miliarder, bertambah satu orang dari tahun 2023.

Orang Terkaya di Indonesia

Melansir Forbes Real-time Billionaires, Prajogo Pangestu masih menjadi orang terkaya di Indonesia, dengan kekayaan bersih mencapai US$66,4 miliar per Juli 2024. Hal ini menempatkan pendiri Barito Pacific tersebut sebagai orang terkaya ke-23 di dunia.

Adapun posisi kedua dipegang oleh Low Tuck Kwong dengan kekayaan bersih sebesar US$25,2 miliar. Secara global, presiden direktur dari PT Bayan Resources Tbk tersebut berada di urutan ke-75.

Di peringkat ketiga terdapat R. Budi Hartono dengan kekayaan sebesar US$25 miliar, membuatnya turut duduk di urutan ke-77 dunia. Saudaranya, Michael Hartono, menyusul dengan kekayaan US$24 miliar. Keduanya merupakan anak dari pendiri perusahaan rokok kretek Djarum, Oei Wie Gwan.

Menurut daftar 5 besar adalah pendiri Indorama Corporation, Sri Prakash Lohia, dengan kekayaan mencapai US$8 miliar. 

Baca Juga: 8 Orang Paling Kaya di Indonesia

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Orang Terkaya di Awal September 2024, Elon Musk Masih Juara

Dengan kekayaan US$252,7 miliar, Elon Musk jadi orang terkaya di dunia per September 2024. Sementara itu, Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya di Indonesia.

Indonesia Masuk Daftar Negara dengan Harga Air Minum Termurah di Dunia

Air minum dalam kemasan kini semakin digemari masyarakat luas. Indonesia memiliki banyak sumber mata air, sehingga harga air kemasannya relatif terjangkau.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook