10 Negara dengan Megabiodiversitas Terbesar di Dunia

Negara megabiodiversitas merupakan istilah yang menggambarkan kekayaan hayati suatu negara dalam jumlah melimpah dengan minimal 5.000 spesies tumbuhan endemis.

10 Negara dengan Megabiodiversitas Terbesar di Dunia Ilustrasi keanekaragaman hayati di laut | silvae/Shutterstock

Negara megabiodiversitas menjadi sebuah istilah yang menggambarkan kekayaan hayati suatu negara dalam jumlah melimpah. Megabiodiversitas sendiri merupakan gabungan dari kata mega yang berarti besar, bio yang berarti organisme atau biota, dan diversitas yang berarti aneka atau ragam.

Berdasarkan data dari Mongabay.com, Brasil menjadi negara dengan megabiodiversitas terbesar di dunia. Adapun skor indeks yang diraih oleh Brasil sebesar 0,772.

Sementara itu, Indonesia berhasil menempati posisi ke-2 negara dengan megabiodiversitas terbesar di dunia. Skor indeks megabiodiversitas yang diraih oleh Indonesia mencapai 0,614.

Kolombia menyusul di posisi ke-3 dengan total skor sebesar 0,567 dan China bersaing tipis di posisi ke-4 dengan skor sebesar 0,543. Beralih kembali ke Benua Amerika, Peru berhasil meraih posisi ke-5 dengan skor sebesar 0,509.

Secara berurutan di posisi ke-6 hingga ke-10 terdiri dari Meksiko (0,508), Ausralia (0,468), Ekuador (0,444), India (0,442), dan Amerika Serikat (0,406).

Jika ditotal, terdapat 17 negara di dunia yang dikategorikan sebagai negara megabiodiversitas dan Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam 10 besar negara dengan megabiodiversitas terbesar di dunia.

Wulansih Dwi Astuti selaku Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkapkan bahwa Indonesia disebut negara megabiodiversitas oleh karena tingginya tingkat keanekaragaman hayati yang dimiliki.

Hal ini disebabkan karena Indonesia terletak di daerah tropis dengan posisi geografis tepat di garis khatulistiwa dan posisi geologisnya yang merupakan pertemuan lempeng tektonik sehingga menghasilkan banyak mineral.

Oleh karena kondisi tersebut, Indonesia dapat menghasilkan variasi genetik yang sangat melimpah. Baik dari tumbuhan, hewan, serta mikroorganisme.

Lebih lanjut, Wulansih berujar bahwa suatu negara dikatakan sebagai megabiodiversitas apabila memenuhi kriteria memiliki minimal 5.000 spesies tumbuhan endemis dan memiliki marine ecosystems pada wilayahnya.

Megabiodiversitas yang dimiliki Indonesia menjadi aset jangka panjang yang perlu terus dipelajari, dikaji, serta diteliti lebih lanjut oleh berbagai pihak baik pemerintah, instusi atau lembaga, hingga masyarakat guna menyejahterakan bangsa di masa yang akan datang.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Negara dengan Gaji Dokter Tertinggi, Hati-Hati Iri!

Di era persaingan kerja yang ketat, 10 negara maju ini unggul dengan menawarkan gaji dokter tertinggi di dunia. Temukan negara mana yang memimpin!

Indonesia Menjadi Destinasi Wisata Halal No. 1 di Dunia

Indonesia termasuk destinasi wisata ramah Muslim nomor 1 di dunia, mengalahkan Saudi Arabia, Turki, hingga UAE.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook