Indonesia Jadi Salah Satu Negara dengan Konsumsi Cokelat Terbanyak di Dunia

Jumlah konsumsi cokelat terbanyak di dunia didominasi negara wilayah Eropa Barat dengan Indonesia mencatatkan rekor tertinggi di Asia sepanjang tahun 2021.

Indonesia Jadi Salah Satu Negara dengan Konsumsi Cokelat Terbanyak di Dunia Ilustrasi cokelat | ivan_kislitsin/Shutterstock

Data dari Statista mengungkapkan bahwa rata-rata setiap orang di dunia mengonsumsi 2,3 kilogram (kg) cokelat sepanjang tahun 2021. Sementara itu, rata-rata konsumsi cokelat di Indonesia mencapai 7,3 kg per kapita pada tahun yang sama.

Kudapan yang satu ini sangat populer dan disukai banyak orang di berbagai belahan dunia. Nilai penjualan perusahaan cokelat di seluruh dunia pada tahun 2021 terhitung mencapai 0,98 triliun dolar AS, sebuah angka yang fantastis.

Sementara itu, wilayah Eropa Barat menjadi pangsa pasar terbesar penjualan cokelat di seluruh dunia dengan Belgium menjadi negara terdepan dalam ekspor cokelat maupun produk yang mengandung cokelat.

10 negara dengan konsumsi cokelat terbanyak di dunia tahun 2021 | GoodStats

Berbicara tentang negara dengan konsumsi cokelat terbanyak di dunia, Swiss menduduki peringkat pertama dengan total konsumsi cokelat mencapai 11,6 kg per kapita pada tahun 2021.

Tidak heran lagi apabila Swiss berhasil merajai klasemen, sebab negara ini memang sangat terkenal dengan industri cokelat kualitas terbaik. Adapun merek cokelat terkenal dari Swiss yang mendunia yakni Toblerone dan juga Lindt.

Lithuania menyusul di posisi ke-2 dengan total konsumsi cokelat sebanyak 11,2 kg per kapita dan Amerika Serikat di posisi ke-3 sebanyak 9 kg per kapita konsumsi cokelat.

Beralih ke Australia yang meraih posisi ke-4 dengan raihan sebanyak 7,6 kg per kapita konsumsi cokelat sepanjang tahun 2021. Dilanjutkan dengan Kanada di posisi ke-5 dengan total konsumsi cokelat sebanyak 7,4 kg per kapita.

Di sisi lain, Indonesia menduduki posisi ke-6 negara dengan konsumsi cokelat terbanyak sepanjang tahun 2021. Adapun total konsumsi cokelat masyarakat Indonesia mencapai 7,3 kg per kapita yang mana angka ini tertinggi dibandingkan negara-negara Asia lainnya.

Indonesia memiliki beragam olahan cokelat dalam negeri, salah satunya yang terkenal ialah SilverQueen. Sering salah kaprah sebagai produk asal luar negeri, nyatanya SilverQueen merupakan merek cokelat asli Indonesia yang diproduksi di Garut, Jawa Barat.

Adapun di posisi ke-7 hingga ke-10 secara berurutan diraih oleh Italia, Jerman, Meksiko, dan Jepang.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Harga Mahal, Bawang Merah jadi Penyumbang Utama Inflasi April 2024

Mencapai harga Rp50.060 per kg pada Senin (6/5), bawang merah menjadi penyumbang utama inflasi April 2024 dengan andil sebesar 0,14% (mtm).

Pemerintah Setujui Rencana Produksi Batu Bara 922 Juta Ton Pada 2024

Pemerintah Indonesia telah menyetujui total tonase produksi batu bara sebesar 922,14 juta ton pada 2024 untuk 587 perusahaan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X