10 Negara dengan Kemahiran Bahasa Inggris yang Tinggi, Salah Satunya Berasal dari Asia

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang diketahui secara umum di seluruh dunia. Beriku daftar negara dengan kemahiran bahasa Inggris tertinggi.

10 Negara dengan Kemahiran Bahasa Inggris yang Tinggi, Salah Satunya Berasal dari Asia Ilustrasi Mengobrol. Sumber: Freepik.

Secara umum sudah diketahui bahwa Bahsa Inggris merupakan bahasa yang digunakan secara internasional bagi sebagian negara untuk berkomunikasi, terutama untuk orang asing yang datang ke negara tersebut. Beberapa pekerjaan bahkan mayoritas perusahaan sudah mewajibkan pegawainya untuk memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, sehingga Bahasa Inggris kini merupakan bahasa yang bisa dibilang umum digunakan.

Beberapa negara memiliki tingkat kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Tentu saja karena warga di negara tersebut mendapatkan pendidikan yang bagus dan cukup dalam mempelajari Bahasa Inggris. Dalam laporan yang dirilis oleh lembaga pendidikan internasional, Education First (EF), mengenai hasil penelitian EF English Proficiency Index tahun 2023, ada beberapa negara dengan skor rata-rata tertinggi dalam kemahiran berbahasa Inggris. Skor tersebut dibagi ke dalam lima golongan, yaitu sangat tinggi (600-800 poin), tinggi (550-599 poin), medium (500-550 poin), rendah (400-499 poin), dan sangat rendah (<450 poin).

Berikut daftar sepuluh negara dengan kemahiran Bahasa Inggris dengan poin sangat tinggi.

Peringkat Negara dengan Kemahiran Berbahasa Inggris. Sumber: EF EPI 2023.
  1. Belanda

Negara ini memiliki tingkat kemahiran Bahasa Inggris nomor satu di dunia di antara seluruh non-English speaking country. Berdasarkan hasil dalam laporan, skor rata-rata dari negara ini adalah 647.

  1. Singapura

Sebagai negara maju di kawasan Asia Tenggara, tentu Singapura memiliki kualitas pendidikan tinggi. Hasil dari laporan mengatakan bahwa Singapura mendapatkan poin sebesar 631, dan menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan kemahiran berbahasa Inggris yang tinggi.

  1. Austria

Di negara ini, bahasa ibu yang digunakan adalah bahasa Belanda. Namun, warga Austria juga dikenal dengan kemahiran bahasa Inggrisnya yang tinggi. Austria meraih poin skor sebesar 616 dan menduduki peringkat ketiga.

  1. Denmark

Tahun 2022 lalu, Denmark menduduki posisi kelima sebagai negara yang mari berbahasa Inggris. Di tahun 2023 ini, Denmark menduduki peringkat keempat dengan skor poin sebesar 615.

  1. Norwegia

Di Norwegia, mayoritas masyarakatnya lancar berbicara bahasa Inggris. Fakta menarik yang dimiliki oleh negara ini adalah warganya kerap kali melatih kemampuan berbahasa Inggris mereka dengan berbicara dengan orang asing. Norwegia memiliki skor poin sebesar 614, hanya berbeda satu poin dengan peringkat di atasnya.

  1. Swedia

Masyarakat Swedia dikenal fasih berbahasa Inggris. Data dari tahun 2011 hingga sekarang, negara ini selalu medaptakan peringkat yang cukup tinggi dalam kemahiran berbasa inggris. Tahun 2023, Swedia mendapatkan skor poin sebesar 609.

  1. Belgia

Negara yang memiliki tiga bahasa nasional ini menduduki peringkat ketujuh sebagai negara dengan kemahiran berbahasa Inggris yang tinggi. Tiga bahasa nasional tersebut adalah Belanda, Prancis, dan Jerman. Namun, masyarakatnya Belgia juga dikenal fasih berbahasa Inggris. Belgia mendapatkan skor sebesar 608 poin.

  1. Portugal

Dengan bahasa resminya yaitu bahasa Portugis, Portugal menduduki peringkat kedelapan sebagai negara dengan kemahiran berbahasa Inggris yang tinggi. Ini menunjukkan bahwa masyarakat Portugal memiliki pendidikan bahasa Inggris yang cukup, dengan skor yang didapatkan tahun ini sebesar 607 poin.

  1. Afrika Selatan

Negara yang dikenal dengan keanekaragaman hayatinya ini menempati posisi kesembilan sebagai negara yang mahir berbahasa Inggris. Afrika selatan mendapatkan skor sebesar 605 poin, hanya berbeda dua poin dengan satu peringkat di atasnya.

  1. Jerman

Jerman mulai menggunakan bahasa Inggris di berbagai sektor, mulai dari pengadilan, pembelajaran di ruang kelas, hingga pembahasan politik sehingga bahasa Inggris sudah umum di negara ini. Jerman menduduki peringkat kesepuluh dengan skor sebesar 604 poin.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X