10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia 2022

Sejumlah negara di dunia memiliki biaya hidup yang tergolong amat terjangkau yakni di bawah 1.000 dolar AS per bulan, salah satunya Indonesia.

10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia 2022 Ilustrasi menghitung biaya hidup | Yavdat/Shutterstock

Sejumlah negara di dunia memiliki biaya hidup yang tergolong amat terjangkau dibandingkan negara-negara lainnya. Situs Wealthy Gorilla melakukan pemeringkatan negara-negara dengan biaya hidup termurah di dunia pada tahun 2022.

Negara-negara yang masuk dalam daftar ini memiliki total biaya hidup per bulan di bawah 1.000 dolar AS atau kurang lebih Rp15 juta rupiah. Adapun daftar negara dengan biaya hidup termurah dirangkum berdasarkan akomodasi dan biaya hidup per bulan untuk 1 orang yang tinggal sendiri.

Berikut merupakan 10 negara dengan biaya hidup termurah di dunia pada tahun 2022. Mulai dari negara-negara bagian Timur hingga wilayah Amerika Tengah.

10 negara dengan biaya hidup termurah di dunia tahun 2022 | Fauziah Rizqi/GoodStats

1. Indonesia

The Senggigi Beach - Indonesia Travel
Senggigi, Lombok, Indonesia | Indonesia Travel

Indonesia berhasil menempati peringkat pertama negara dengan biaya hidup termurah di dunia pada tahun 2022. Adapun menurut situs Wealthy Gorilla, estimasi biaya hidup untuk 1 orang per bulan di Indonesia ialah sebesar 340 dolar AS atau setara dengan Rp5,27 juta.

Walaupun didapuk sebagai negara dengan biaya hidup termurah, di beberapa daerah seperti Bali dan Jakarta memiliki biaya hidup yang lebih tinggi. Di sisi lain, seperti wilayah Senggigi di Lombok menawarkan akomodasi dan biaya hidup paling sedikit Rp5,27 juta per bulan untuk 1 orang.

Biaya apartemen studio 1 kamar kurang lebih menghabiskan biaya sebesar 142 dolar AS atau kurang lebih setara Rp2,2 juta per bulan. Sementara itu untuk biaya hotel per malam diperkirakan sebesar 12 dolar AS atau berkisar Rp187 ribu (1 dolar AS = Rp15.653,40).

Di samping itu, beberapa minuman seperti bir, kopi, dan air kelapa juga dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Untuk biaya yang dihabiskan sekali makan pun berkisar 1,77 dolar AS atau kurang lebih setara Rp27 ribu.

2. Bolivia

La Paz | History, Elevation, Population, & Facts | Britannica
La Paz, Bolivia | Britannica

Posisi ke-2 diraih oleh Bolivia dengan kisaran biaya hidup sebesar 431 dolar AS atau setara Rp6,68 juta per bulan. Bolivia merupakan negara landlocked yang terletak di sebelah barat wilayah Amerika Selatan dengan populasi sekitar 11,05 juta orang.

Harga apartemen studio 1 kamar di La Paz, wilayah termurah di Bolivia berkisar antara 145 dolar AS per bulan dan untuk penginapan Airbnb 1 malam berkisar 23 dolar AS. Sementara itu untuk biaya sekali makan menghabiskan sekitar 2 dolar AS.

3. Nepal

24 Hours in Pokhara | kimkim
Pokhara, Nepal | KimKim

Nepal menduduki posisi ke-3 dengan raihan biaya hidup sebesar 450 dolar AS atau Rp6,97 per bulan.

Apartemen studio 1 kamar di kota termurah Nepal, Pokhara akan dikenakan biaya sekitar 164 dolar AS. Sementara itu, untuk biaya penginapan Airbnb 1 malam berkisar 23 dolar AS. Biaya makan di Nepal diperkirakan sekitar 2,08 dolar AS untuk 1 kali makan.

4. Vietnam

Nha Trang Vietnam 2022 - What is worth experiencing there?
Nah Trang, Vietnam | Vinpearl

Beralih ke Vietnam di posisi ke-4 dengan total biaya hidup berkisar 500 dolar AS atau sekitar Rp7,75 juta per bulan.

Ketika memilih tempat tinggal termurah di Vietnam tepatnya di Nah Trang, biaya yang akan dihabiskan untuk apartemen 1 kamar ialah sekitar 259 dolar AS. Kemudian untuk biaya penginapan Airbnb per malam berkisar 24 dolar AS.

5. Argentina

The Full Digital Nomad Guide to Salta - The Digital Nomad World
Salta, Argentina | Digital Nomad World

Posisi ke-5 diraih oleh Argentina dengan rata-rata biaya hidup berkisar 542 dolar AS atau sekitar Rp8,40 juta per bulan.

Apartemen 1 kamar di wilayah Salta, Argentina dapat diperoleh dengan merogoh biaya sebesar 100 dolar AS per bulan atau sebesar 27 dolar AS per malam. Untuk biaya makan perkiraan menghabiskan biaya sebesar 1,70 dolar AS.

6. Peru

Arequipa, Peru., an enchanting land of volcanoes
Areuipa, Peru | Peru Travel

Posisi ke-6 diraih oleh Peru dengan biaya hidup per bulan berkisar 543 dolar AS atau setara Rp8,41 juta.

Biaya apartemen 1 kamar di wilayah Arequipa kurang lebih menghabiskan biaya 198 dolar AS per bulan atau 24 dolar AS per malam untuk penginapan Airbnb. Sementara itu, untuk biaya makan diperkirakan menghabiskan 2,94 dolar AS untuk sekali makan.

7. Meksiko

Querétaro: Third 'Most Beautiful City in Mexico 2022' - The Queretaro Post
Queretaro, Meksiko | Mexico Daily Post

Meksiko menempati posisi ke-7 dengan raihan rata-rata biaya hidup per bulan sebesar 587 dolar AS atau setara Rp9,09 juta.

Rata-rata biaya apartemen studio 1 kamar di wilayah Queretaro, Meksiko ialah sebesar 256 dolar AS per bulan, atau 24 dolar AS untuk penginapan Airbnb per malam. Adapun pengeluaran untuk biaya sekali makan berkisar 3,10 dolar AS.

8. Malaysia

Kota Kinabalu City - Top Destinations & Places to Visit in Sabah, Malaysia  - Amazing Borneo Tours
Kota Kinabalu, Malaysia | Amazing Borneo Tours

Berikutnya, Malaysia berada di posisi ke-8 dengan biaya hidup sebesar 588 dolar AS atau setara Rp9,11 juta per bulan.

Apartemen 1 kamar di daerah termurah seperti Kota Kinabalu menghabiskan biaya sekitar 209 dolar AS per bulan. Untuk penginapan Airbnb menghabiskan biaya sekitar 35 dolar AS per malam dan biaya sekali makan di Malaysia kurang lebih ialah sebesar 1,69 dolar AS.

9. Thailand

6 Things to do in Udon Thani cultural and natural tourism Unseen
Udon Thani, Thailand | Thailand Travel Informations

Posisi ke-9 diraih oleh Thailand dengan rata-rata biaya hidup sebesar 679 dolar AS atau setara Rp10,52 juta per bulan.

Biaya apartemen studio 1 kamar di kota Udon Thani, Thailand berkisar 199 dolar AS per bulan atau 40 dolar AS per malam untuk sebuah penginapan Airbnb.

10. Kamboja

10 Best Things To Do In Sihanoukville On Your Next Holiday
Sihanoukville, Kamboja | Travel Triangle

Terakhir dalam daftar, Kamboja menempati posisi ke-10 negara dengan biaya hidup termurah di dunia pada tahun 2022. Adapun kisaran biaya hidup di Kamboja per bulan ialah sebesar 812 dolar AS atau setara Rp12,59 juta.

Biaya apartemen studio 1 kamar di kota termurah Kamboja yakni Sihanoukville ialah sekitar 246 dolar AS per bulan. Sementara itu, untuk penginapan Airbnb menghabiskan biaya sekitar 32 dolar AS per malam.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Melihat Status Kepemilikan Rumah dan Akses Sanitasi di Indonesia
Artikel Selanjutnya Statistik Korban Terorisme Global
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook