Tingkat Popularitas dan Kesukaan Anak Muda terhadap Tokoh Politik Indonesia

Jumlah generasi muda Indonesia yang akan menjadi pemilih dalam Pemilu 2024 diprediksi hampir 60 persen. Tokoh publik manakah yang berhasil merebut hati mereka?

Tingkat Popularitas dan Kesukaan Anak Muda terhadap Tokoh Politik Indonesia Presiden Joko Widodo | rima mariana oentoe/Shutterstock

Mayoritas pemilih dalam Pemilu tahun 2024 akan didominasi oleh generasi Z dan milenial dengan rentang usia 17 hingga 39 tahun. Proporsinya diproyeksikan akan mendekati angka 60 persen.

Tentunya dengan demografi pemilih yang didominasi generasi muda, akan ada sejumlah perbedaan dalam hal referensi, perspektif, serta ekspektasi calon pemimpin Indonesia di masa depan.

Survei yang dilakukan oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada 8 hingga 13 Agustus 2022 mengungkapkan tingkat popularitas serta kesukaan generasi muda terhadap 14 tokoh publik yang saat ini berkecimpung di ranah politik Indonesia.

Tingkat popularitas dan kesukaan generasi muda terhadap tokoh politik di Indonesia tahun 2022 | GoodStats

Hasilnya, Prabowo Subianto merupakan tokoh yang berhasil memperoleh popularitas tertinggi dengan raihan sebesar 96,9 persen responden. Adapun tingkat kesukaan generasi muda terhadap Prabowo Subianto berada di angka 81,1 persen.

Anies Baswedan menempati posisi ke-2 dengan tingkat popularitas sebesar 91 persen pada tahun 2022. Gubernur DKI Jakarta yang sebentar lagi akan purna tugas ini memiliki tingkat kesukaan sebesar 85,6 persen di kalangan generasi Z dan milenial Indonesia.

Adapun posisi ke-3 diraih oleh Ridwan Kamil dengan perolehan tingkat popularitas sebesar 85,4 persen responden. Ridwan Kamil merupakan salah satu dari 14 tokoh diujikan dalam survei yang memiliki persentase kesukaan lebih tinggi dibandingkan popularitasnya. Tingkat kesukaan generasi muda terhadap Ridwan Kamil pun mencapai 92,2 persen.

Posisi ke-4 dan ke-5 diraih oleh Sandiaga Uno serta Ganjar Pranowo dengan tingkat popularitas sebesar 84,4 persen dan 72,7 persen. Adapun Sandiaga Uno mencatatkan tingkat kesukaan sebesar 88,4 persen dan Ganjar Pranowo sebesar 89,9 persen.

Secara berurutan di posisi ke-6 hingga terakhir tokoh politik paling populer di Indonesia diraih oleh Puan Maharani, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, Andika Perkasa, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, dan Salim Segaf Al-Jufri.

Sementara itu bila berbicara mengenai tingkat kesukaan generasi muda terhadap tokoh politik Indonesia, persentase tertinggi diraih oleh Ridwan Kamil dengan tingkat kesukaan sebesar 92,2 persen. Diikuti oleh Ganjar Pranowo (89,9 persen), Sandiaga Uno (88,4 persen), Andika Perkasa (88,3 persen), Anies Baswedan (85,6 persen), serta Khofifah Indar Parawansa (82,7 persen).

 

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Survei Intage: Orang Indonesia Rata-Rata Habiskan Rp1,41 Juta Sebulan buat Si "Anabul"

Intage Group lakukan survei untuk menangkap pola pasar dan tren kepemilikan hewan peliharaan di 4 negara, termasuk Indonesia pada 2023 lalu.

Platform Belanja Online yang Paling Disukai Masyarakat saat Ramadan

Fenomena belanja online selama Ramadan tidak hanya menjadi sebuah tren, tetapi juga mencerminkan keberagaman dan keunikan preferensi konsumen di era digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X