Terima Kasih Garuda Muda, Indonesia Raih Juara Piala AFF U-19 2024!

Indonesia catat rekor tidak terkalahkan sepanjang Piala AFF U-19 2024. Piala ini merupakan piala juara yang kedua kalinya bagi Tim Merah Putih.

Terima Kasih Garuda Muda, Indonesia Raih Juara Piala AFF U-19 2024! Tim Nasional Indonesia U-19 Saat Menerima Piala Tanda Juara Kejuaraan ASEAN U-19 2024 di Surabaya | ANTARA/Sigid Kurniawan

Indonesia pada akhirnya menyabet gelar juara pada ASEAN U-19 Boys Championship 2024. Gelar ini menjadi gelar juara kedua yang diraih oleh Garuda Muda, setelah memperoleh juara untuk pertama kalinya di tahun 2013 silam.

Raihan gelar juara ini dipastikan setelah Indonesia berhasil mengalahkan Thailand pada babak final dengan skor 1-0, pada Senin (29/7) malam.

"Terima kasih untuk seluruh pemain, pelatih, dan ofisial yang sudah berjuang. Terima kasih juga untuk seluruh suporter yang selalu setia mendukung Garuda Muda berjuang untuk Merah Putih," kata Ketua PSSI Erick Thohir melalui media sosialnya.

Kejuaraan Remaja U-19 ASEAN atau yang dahulu dikenal sebagai Piala AFF U-19 digelar kembali pada 2024 ini. Kejuaraan ini diadakan pada 17 hingga 29 Juli 2024 di Kota Surabaya, Jawa Timur, dengan dua stadion pertandingan yaitu Stadion Gelora Bung Tomo dan Stadion Gelora 10 November.

Pertandingan pada kejuaraan ini berjumlah 14 pertandingan, dengan 12 tim peserta yang merupakan negara-negara ASEAN, ditambah 1 tim sub-konfederasi yaitu Australia.

Indonesia Sapu Bersih Kemenangan untuk Semua Pertandingan

Hasil pertandingan babak gugur pada Kejuaraan ASEAN U-19 2024 | GoodStats

Indonesia memiliki catatan mulus dalam gelaran kali ini. Dari seluruh lima pertandingan, Indonesia sukses menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan sempurna, dengan rincian tiga kemenangan di babak penyisihan, serta dua kemenangan di babak gugur.

Di babak penyisihan, Indonesia berada di Grup A bersama Filipina, Kamboja, serta Timor Leste. Indonesia berhasil menghasilkan masing-masing tiga poin dengan skor masing-masing 6-0, 0-2, dan 6-2. Pada babak grup, Indonesia sukses menjebol gawang lawan sebanyak 14 kali.

Pada babak semifinal, Indonesia berhadapan dengan juara Grup C yaitu Malaysia, yang pada babak grup memasukkan sebanyak 17 gol ke gawang lawan. Hasilnya, Indonesia dapat memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 usai Alfharezzi Buffon mencetak gol pada menit ke-78.

Hal tersebut membawa Garuda Muda ke babak final dan berhadapan langsung dengan Thailand, yang notabene telah lima kali menyabet gelar juara. Hal tersebut tidak menyurutkan performa Indonesia yang tetap mampu unggul dengan skor 0-1 melalui gol dari Jens Raven di menit ke-17.

Itu berarti, Indonesia sukses mengambil gelar juara pertama pada Piala AFF U-19 2024, sementara Thailand menjadi peraih juara kedua. Australia masuk peringkat ketiga setelah mengalahkan Malaysia pada perebutan tempat ketiga melalui babak adu penalti.

Bersiap Hadapi Target Sesungguhnya: Piala Asia!

Setelah memenangkan pertandingan final, Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19 Indra Sjafri menyebut bahwa timnya tidak perlu terlalu menaikkan euforia. Pasalnya, tim ini memiliki target lainnya yaitu di jenjang Piala Asia U-20 2025. Babak kualifikasi ajang tersebut akan diadakan di akhir September 2024.

"Puji syukur, Terima kasih banyak kepada semua pemain, para staf. Untuk saya, terima kasih untuk PSSI yang mendukung tim ini dengan luar biasa. Ini gelar keempat saya. Ini target sasaran. Target PSSI adalah kualifikasi Piala Asia agar kita bisa ikut Piala Asia untuk lolos Piala Dunia," kata Indra Sjafri dalam Republika.

Sementara itu, pemain Jens Raven tampak emosional setelah pertandingan berakhir. Dalam sebuah sesi wawancara, ia menegaskan bahwa sisi emosionalnya memuncak karena ini adalah gelaran pertamanya membela Timnas U-19.

"Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saat ini. Untuk pelatih dan rekan setim saya, kalian luar biasa. Terima kasih untuk dukungan semua fans," kata Jens Raven dalam Bola.

Baca juga: Proyek Naturalisasi Timnas Makin Gencar, Ada "Harga" yang Harus Dibayar?

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Jelang Perempat Final, Cek Top Scorer Sementara Euro 2024!

Performa mengejutkan Georgia hingga peluang Jerman kuasai top scorer. Semua terbalut dalam rangkaian 24 tim yang bertanding di 42 pertandingan Euro 2024.

Update Ranking FIFA ASEAN, Indonesia Tetap Bertahan, Thailand Tembus 100 Besar

Meskipun lolos ke putaran ketiga, Indonesia tetap di peringkat 134 dengan 1.108,99 poin, sementara Thailand berhasil masuk 100 besar dengan 1.218,56 poin.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook