Tanaman-tanaman Langka di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Dilansir dari rarest.og, berikut beberapa daftar tumbuhan yang keberadaannya kini dinyatakan langka

Tanaman-tanaman Langka di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Tanaman Hijau. Sumber: Pixabay

Membahas keberagaman hayati di dunia ini memang tidak pernah akan habisnya. Berbagai wilayah negara di dunia dengan iklim yang berbeda-beda tentu memiliki keberagaman hayati yang beberda pula. Hal tersebut sering kali menjadi keunikan tersendiri maupun daya tarik wisatawan. Sama halnya dengan tanaman-tanaman langka yang ada di dunia, mereka tumbuh dan dikenal hingga dilindungi karena keunikannya. Entah dari segi habitat atau evolusi lainnya yang membuat tumbuhan harus beradaptasi, beberapa tumbuhan menjadi langka keberadaannya.

Dilansir dari rarest.og, berikut beberapa daftar tumbuhan yang keberadaannya kini dinyatakan langka.

  1. Middlemist Red

Sumber: Southside Blooms

Tanaman yang berasal dari China ini ditemukan pada tahun 1804 dan dinamai sesuai dengan importir bunganya, yaitu John Middlemist. Tanaman ini sempat banyak dicari oleh orang Eropa, sekitar 200 tahun silam. Tanaman ini juga hanya hidup di dua tempat, yaitu di kebun raya London dan Selandia Baru. Kini, hanya ada dua spesimen yang tersisa di dunia.

  1. Encephalartos Woodii

Sumber: Longwood Gardens

Ditemukan pada tahun 1985 di bagian Afrika Selatan, tanaman ini hanya tersisa satu di kebun raya Afrika Selatan. Karena kelangkaannya, para peneliti hanya tahu sedikit tentang pohon ini. Pohon ini membutuhkan suhu tertentu udah dapat bertahan sekaligus berkembang. Kini, kebun raya Afrika Selatan hanya memiliki varietas jantannya saja, dan untuk menghadapi kepunahan tersebut peneliti harus menemukan cara menciptakan varietas betinanya.

  1. Suicide Palm

Sumber: Flickr

Pohon ini tumbuh di Madagaskar, tempat yang memang terkenal dengan keberagaman hayatinya. Ditemukan pertama kali pada tahun 2005, kini pohon ini hanya sekitar 90 saja yang ditemukan di alam liar. Pohon ini dapat hidup hingga 50 tahun, berbunga, lalu mati. Pohon ini juga menjulang dengan ketinggian yang dapat menacapi 18 meter.

  1. Pitcher Attenborough

Sumber: Tom's Carnivores

Pitcher Attenborough adalah tanaman yang hanya dapat ditemui di puncak Gunung Victoria, Filipina, dan tidak ada di tempat lain. Gunung Victoria yang terbilang sulit dijangkau dan dieksplor membuat keberadaan dari tanaman ini tidak pernah dihitung secara pasti. Tanaman ini diyakini hanya ada beberapa ratus saja dan termasuk ke dalam tanaman eksotik yang berbahaya.

  1. Anggrek Sandal Rothschild

Sumber: Satujam

Diperlukan waktu tumbuh selama 15 tahun, anggrek yang langka dan sudah terancam punah ini harus melakukan perjalanan ke Kalimantan, Indonesia, tepatnya di Gunung Kinabalu. Anggrek ini hanya tumbuh di ketinggian tertentu, sehingga tidak mudah untuk mencarinya.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Dokter Spesialis Paling Langka di Indonesia

Dokter spesialis merupakan dokter dengan keahlian khusus di bidangnya untuk menangani penyakit-penyakit berat.

5 Provinsi dengan Hotel Bintang 5 Terbanyak di Indonesia

Bali merupakan provinsi dengan jumlah hotel mewah terbanyak sepanjang tahun 2023. Hal ini disebabkan Bali memiliki daya tarik bagi para wisatawan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook