Tampil Baik, Ini Statistik Asnawi si “Pengantong Garnacho” Saat Melawan Argentina!

Pada laga melawan Argentina, Asnawi sukses mengirim 16 umpan ke pada para pemain, baik secara pendek maupun panjang

Tampil Baik, Ini Statistik Asnawi si “Pengantong Garnacho” Saat Melawan Argentina! Aksi Asnawi (kanan) saat menjaga pertahanan dari Garnacho (kiri) | Abdul Aziz/Bola.Net

Argentina berhasil unggul 2-0 atas Timnas Indonesia pada laga FIFA Match Day di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (19/6) malam WIB. Kedua gol Argentina dicetak oleh Leandro Paredes pada menit ke-38 dan Cristian Romero pada menit ke-55.

Meski harus kalah dan tak mencetak gol, permainan Timnas Indonesia saat bertemu tim dengan peringkat 1 dunia ini mendapatkan pujian dari seluruh pihak, tak terkecuali pelatih kepala Shin Tae-yong. Sebab, dengan kualitas Argentina yang jauh di atas rata-rata pemain Indonesia, Timnas Garuda mampu memberikan perlawanan, sehingga Argentina hanya berhasil cetak 2 gol di Gelora Bung Karno.

"Memang iya Argentina memiliki permainan yang sangat baik, tetapi secara mental para pemain Timnas Indonesia tidak kalah jauh," kata Shin Tae-yong dilansir situs PSSI, Selasa (20/6).

Selain itu, sorotan juga terjadi pada bek sayap Timnas Garuda, Asnawi Mangkualam Bahar. Pada laga tersebut, Asnawi sering menutup serangan para penyerang Argentina, tak terkecuali penyerang muda Manchester United Alejandro Garnacho.

Bahkan, pada laga tersebut Asnawi melakukan tekel sukses kepada Garnacho yang melakukan dribel menuju gawang yang dijaga oleh Ernando Ari Sutaryadi.

"Bukan sengaja, sih. Memang sebelum pertandingan, netizen ini (menyuruh saya untuk) tekel Messi kan pertamanya, tapi enggak datang, jadi disuruhnya Garnacho. Yaudah, aku lihatin videonya Garnacho, di YouTube kan banyak itu Garnacho," kata Asnawi saat diwawancara Mata Najwa, Selasa (20/6).

"Yaudah, aku lihati cara dia dribel, nah ternyata lebih sering ke luar. Aku lebih senang pemain seperti itu karena lebih mudah diantisipasi. Karena memang yang aku lihat, tipikal Garnacho mau sprint dorong bola, jadi gampang buat di-sleding, jadi lebih mudah diantisipasi, lah," lanjutnya.

Statistik Asnawi saat jumpa Argentina, Senin (19/6) | GoodStats

Pada laga melawan Argentina, Asnawi sukses mengirim 16 umpan ke pada para pemain, baik secara pendek maupun panjang. Tak hanya itu, Asnawi juga sukses mengantarkan dribel ke sisi depan sebanyak 2 kali.

Dalam hal kedisiplinan menjaga pertahanan, Asnawi sukses melakukan 3 tekel, yang di antaranya ditargetkan kepada Garnacho. Pemain andalan klub asal Korea Selatan Jeonnam Dragons ini juga sukses melakukan 6 intersep dan 1 clearance.

Asnawi sendiri berhasil bermain penuh pada laga melawan Argentina kemarin sebagai kapten atau yang paling dipercaya memimpin tim oleh Shin Tae-yong (STY). Namun, STY sendiri menyebut performa baik Asnawi tak lepas dari peran baik dari pemain-pemain lainnya.

"Jadi bukan hanya Asnawi yang bagus dalam pertandingan, tapi karena adanya performa baik juga dari teman-temannya, Asnawi jadi menonjol. Jadi para pemain bekerja keras sampai akhir dan maksimal, layak dipuji," kata Shin Tae-yong dilansir Tempo, Selasa (20/6).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Konten Terkait

Indonesia Bidik Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027, UEA dan Arab Saudi Beri Dukungan

Indonesia akan ikut bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2027. Dari 24 edisi, sudah ada 21 negara yang menjadi tuan rumah turnamen ini.

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X