Mayoritas Anak Muda Belum Menentukan Pilihan Caleg Pada Pemilu 2024

Berdasarkan hasil survei Goodstats teranyar, kebanyakan anak muda mengaku masih belum mengetahui/mengenal caleg yang bisa dipilih dalam Pemilu 2024

Mayoritas Anak Muda Belum Menentukan Pilihan Caleg Pada Pemilu 2024 Ilustrasi pemungutan suara dalam pemilihan umum | iStock

Tak terasa, Indonesia semakin mendekati pesta demokrasi akbar yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. Pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang, masyarakat Indonesia akan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan Presiden, Wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten/kota, serta anggota DPD.

Yang menarik pada Pemilu kali ini, nasib masa depan bangsa akan ditentukan oleh kaula muda. Ini terlihat dari separuh suara atau 56,45% dari total suara didominasi oleh anak muda. Melihat tingginya angka tersebut, Goodstats baru-baru ini merilis hasil survei bertajuk, “Pemilu 2024 dalam Kacamata Anak Muda”.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan daftar lengkap nama calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2024. Tercatat, ada sebanyak 9.985 caleg DPR RI dan DPD yang berpartisipasi dalam Pemilu. Adapun dari jumlah tersebut, sebanyak 9.917 orang merupakan caleg DPR yang akan memperebutkan 580 kursi.

Akan tetapi, Goodstats menemukan bahwa mayoritas anak muda masih belum menentukan pilihan caleg pada Pemilu 2024. Rinciannya, sebanyak 75% responden belum memiliki pilihan caleg DPR RI, 82% belum punya pilihan caleg DPRD Provinsi, 79% masih belum memutuskan pilihan caleg DPRD Kabupaten/kota, dan 83% mengaku belum memiliki pilihan caleg DPD.

“Sebanyak 41,5% anak muda mengaku bahwa mereka tidak mengenal/mengetahui siapa saja caleg yang bisa dipilih. Sementara, 35,5% responden merasa tidak yakin dengan kualitas dan rekam jejak dari masing-masing caleg,” tulis Goodstats dalam laporannya.

Sebagai pihak yang memiliki peran penting menjadi wakil rakyat, maka seleksi pemilihan caleg harus dipersiapkan dengan matang dan tak boleh asal pilih. Untuk menyeleksi para caleg, masyarakat ternyata memiliki sejumlah penilaian mengenai karakter yang harus dimiliki oleh para caleg.

 Karakter yang dimaksud adalah sikap jujur, yang dipilih oleh sebagian besar (86%) responden dalam menentukan pilihan caleg ideal. Selain jujur, sebanyak 79,4% responden juga menilai bahwa anggota legislatif harus memiliki karakter yang cerdas.

“(Di sisi lain) korup menjadi karakter paling banyak dipilih anak muda untuk dihindari dengan proporsi mencapai 88%. Selanjutnya, sebanyak 77% juga mewaspadai caleg yang memiliki karakter glamour,” papar Goodstats.

Sebagai informasi, survei tersebut dilakukan terhadap sebanyak 850 responden dengan mayoritas (50,7%) berusia 18-24 tahun pada periode 11-21 Desember 2023. Adapun, sebagian besar responden berasal dari Pulau Jawa dengan persentase mencapai 64,8%.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria

Tidak hanya wanita, skincare dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk laki-laki. Bahkan penggunaan skincare justru lebih dibutuhkan oleh laki-laki.

Makin Banyak Orang Pakai Mobil Listrik Saat Mudik Lebaran, Ini Buktinya!

Berdasarkan laporan PLN, jumlah transaksi mobil listrik di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) naik lima kali lipat saat mudik Lebaran 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X