Silverstone Sirkuit Terpanjang untuk Ajang MotoGP 2022, Bagaimana dengan Mandalika?

Dari total 21 seri balapan MotoGP 2022, setidaknya terdapat enam sirkuit yang memiliki panjang lintasan lebih dari 5 kilometer.

Silverstone Sirkuit Terpanjang untuk Ajang MotoGP 2022, Bagaimana dengan Mandalika? Sirkuit Silverstone | Adam Loader/Shutterstock

Pembukaan kejuaraan dunia MotoGP 2022 tinggal menghitung hari. Setelah sukses lakukan tes pramusim di Sepang dan Mandalika pada awal Februari, kini seluruh tim tengah bersiap menuju balapan seri pertama di Sirkuit Internasional Losail, Qatar pada 6 Maret mendatang.

Gelaran MotoGP musim ini akan mengarungi 21 seri balapan dengan melewati sirkuit-sirkuit ternama di dunia seperti Assen di Belanda, Mugello di Italia, termasuk sirkuit yang akan menjalani debutnya di MotoGP, yakni Mandalika di Indonesia, hingga berakhir di GP Valencia, Spanyol pada 6 November mendatang.

10 sirkuit terpanjang pada gelaran MotoGP 2022 | Ario Priagung/GoodStats

Dari seluruh seri balapan tersebut, setidaknya ada enam sirkuit yang memiliki panjang lintasan di atas 5 kilometer (km), salah satunya adalah Sirkuit Silverstone.

Sirkuit yang terletak di Silverstone, Inggris ini menjadi sirkuit terpanjang pada gelaran MotoGP 2022. Trek pada sirkuit ini memiliki panjang 5,9 km dan lebar 15 meter (m) dengan 10 tikungan ke kanan dan 8 tikungan ke kiri. Pembalap asal Spanyol mendominasi kemenangan di sirkuit ini, seperti Marc Marquez, Maverick Vinales, hingga Alex Rins.

Salah satu sirkuit kondang di kawasan Asia Tenggara, Sepang menjadi sirkuit terpanjang kedua pada gelaran ini. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 5,5 km. Pada musim lalu, situasi pandemi Covid-19 yang belum terkendali di Malaysia membuat seri MotoGP di Sepang digantikan oleh Sirkuit Misano, Italia.

Pada gelaran MotoGP musim ini, sirkuit lain yang memiliki panjang di atas 5 km adalah Circuit of The Americas di Amerika Serikat dengan panjang 5.514 m, Sirkuit Losail di Qatar dengan panjang 5.380 m, Sirkuit Mugello di Italia dengan panjang 5.245 m, dan Sirkuit Aragon di Spanyol dengan panjang 5.078 m.

Sementara itu, sirkuit anyar kebanggaan Indonesia, Mandalika International Street Circuit memiliki panjang lintasan 4.310 m. Angka ini menjadikan Sirkuit Mandalika menduduki peringkat ke-18 sebagai sirkuit terpanjang untuk ajang Moto GP 2022.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Program Studi dengan Mahasiswa Drop Out Terbanyak di Indonesia 2021
Artikel Selanjutnya Meninjau Statistik Kepala Desa di Indonesia 2021
Konten Terkait